Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan

DokterSehat.Com – Menjalani kehamilan bagi ibu hamil bisa menjadi hal yang sangat berbeda bagi kehidupannya mengingat terdapat banyak sekali perubahan fisik dan hormon. Uniknya, setelah proses persalinan berlangsung, terdapat banyak hormon yang kembali menjadi normal seperti sebelum saat hamil. Namun, beberapa jenis hormon justru tetap mengalami perubahan yang drastis hingga tiga atau enam bulan setelah proses persalinan berlangsung sehingga menyebabkan gangguan kesehatan layaknya kerontokan rambut yang berlangsung setelah melahirkan. Apakah hal ini cukup berbahaya?

doktersehat-rambut-rontok-daun-jambu-biji

Dalam dunia medis, kondisi ini disebut sebagai telogen effluvium, sebuah kondisi dimana wanita yang baru saja melahirkan mengalami kerontokan yang sangat hebat. Penyebab dari kondisi ini sendiri ditengarai adalah dikarenakan kelahiran yang melalui proses operasi atau kondisi stress yang berlebihan dari wanita. Hal ini sebenarnya adalah hal yang wajar dan bisa menghilang seiring waktu. Namun, ada baiknya kita tidak menyepelekan hal ini mengingat jika kondisi fisik dan mental ibu hamil tetap dalam kondisi yang buruk setelah melahirkan, maka telogen effluvium pun bisa terjadi dengan sangat parah sehingga bisa memicu penipisan rambut.

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika rambut yang rontok ini dibiarkan, maka rambut yang baru akan memiliki massa jenis yang berbeda dari rambut ibu saat mengandung atau sebelum masa kehamilan dimana rambut baru akan cenderung lebih tipis. Selain itu, proses pertumbuhan kembali rambut pun cenderung sangat lama, bahkan hingga mencapai satu tahun. Beberapa wanita bahkan mengaku harus memakai produk penyubur rambut untuk mengembalikan kondisi rambutnya seperti semula.

Penyubur rambut alamiah yang bisa dipakai oleh ibu yang mengalami kerontokan hebat adalah dengan banyak-banyak mengkonsumsi air putih, sayuran, dan buah-buahan. Selain itu, cobalah untuk mengkonsumsi vitamin yang akan menutrisi rambut dan kulit kepala sehingga tidak akan mudah rontok kembali. Ibu juga sebaiknya menghindari proses perawatan rambut yang bisa membuat rambut stress layaknya hair dryer atau catokan karena bisa membuat kerontokan berlangsung dengan lebih parah.