Penyebab Rambut Rontok Pada Anak

DokterSehat.Com – Jangan salah, masalah kerontokan rambut ternyata tidak hanya menyerang manusia dewasa. Anak-anak juga bisa mengalami masalah kerontokan rambut, meskipun rasionya cukup kecil, yakni 3 persen saja. Satu hal yang pasti, sebelum menimbulkan masalah penurunan kepercayaan diri, kerontokan rambut pada anak-anak sebaiknya tidak dianggap sebagai hal yang sepele dan harus segera diobati. Namun, sebelumnya, kita tentu harus mengetahui terlebih dahulu apa sajakah penyebab dari masalah kerontokan pada anak-anak ini.

shutterstock_284585363 copy

Pakar kesehatan menyebutkan jika ada beberapa penyebab kerontokan rambut pada anak, salah satunya adalah tinea capitis atau adanya infeksi jamur pada kulit kepala anak yang membuat kulit kepala mengalami kurap dan kulit bersisik. Masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan shampoo anti jamur dan obat-obatan yang bisa didapatkan dari dokter. Selain itu, kerontokan rambut pada anak juga bisa disebabkan oleh alopecia areaata atau sebuah kondisi dimana folikel rambut pada anak mengalami kerusakan dan memicu kerontokan. Masalah ini juga bisa diatasi dengan obat-obatan yang didapatkan dari pemeriksaan medis pada dokter.

Meskipun terlihat konyol, namuan dalam kenyataannya masih banyak anak yang menderita kekurangan gizi sehingga memiliki kemungkinan mendapatkan masalah kerontokan rambut. Biasanya, anak kekurangan nutrisi biotin dan zinc sehingga rambut pun kurang ternutrisi dengan baik dan menyebabkan masalah kerontokan. Uniknya, jika anak mengkonsumsi vitamin A secara berlebihan juga bisa menyebabkan masalah kerontokan pada rambut.

Anak-anak yang mengalami banyak tekanan dan masalah psikis layaknya terkena cedera parah atau menghadapi fakta dimana orang tuanya meninggal ternyata juga bisa menyebabkan rambut rontok. Stress bisa membuat pertumbuhan rambut menjadi masalah kesehatan yang parah. Selain itu, jika anak suka mencabuti atau menarik rambut saat depresi, maka Ia pun akan mudah mengalami kerontokan. Selain pemeriksaan ke dokter, anak juga bisa dihadapkan pada bimbingan konseling khusus yang bisa mengatasi masalah stress ini agar masalah kerontokan rambutnya bisa diatasi.