informasi kesehatan


Penyebab Pusing Ketika Berdiri

Penyebab Pusing Ketika Berdiri

            
DokterSehat.com – Mungkin anda sering mengalami hal ini, Hati-gati penyakit seperti ini jangan dianggap remeh dan kenali penyebabnya. Terkadang seseorang suka merasa pusing atau seperti berputar-putar ketika bangun dari posisi duduk atau berbaring. Hal ini berhubungan dengan adanya perubahan tekanan darah. Kenapa bisa terjadi seperti itu? Well, kita bahas secara blak-blakan…
Ketika seseorang harus berdiri setelah duduk atau berbaring, akan terjadi penurunan tekanan darah atau disebut dengan hipotensi ortostatik (hipotensi postural). Kondisi ini bisa menyebabkan rasa pusing yang ringan hingga kondisi yang parah seperti pingsan.
Situasi tersebut akan sangat berbahaya terutama jika terjadi pada orang yang memiliki gangguan keseimbangan seperti orang yang sudah tua, karena bisa menyebabkan patah tulang atau cedera otak.
Seperti dikutip dari Livestrong,nilai tekanan darah seseorang dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu:
1. Aliran darah yang dihasilkan oleh jantung, yaitu semakin tinggi aliran darah maka semakin tinggi pula nilai tekanan darahnya.
2. Adanya hambatan atau perlawanan di dalam pembuluh darah. Hambatan ini dapat dianggap sebagai kekuatan yang mendorong kembali menuju jantung, semakin tinggi hambatan yang ada maka semakin tinggi nilai tekanan darah seseorang.
Hipotensi ortostatik lebih sering terjadi sebagai kasus ringan yang berlangsung beberapa detik setelah seseorang berdiri. Namun jika kondisi ini berlangsung lama atau hingga membuat orang pingsan meskipun sesaat, bisa jadi hal ini merupakan tanda-tanda adanya masalah yang lebih serius.
Ketika seseorang berdiri, gaya gravitasi akan menyebabkan darah berkumpul di kaki. Hal ini akan menurunkan tekanan darah karena hanya sedikit sirkulasi darah yang kembali ke jantung untuk memompa. Biasanya sel-sel khusus (baroreceptors) di samping jantung dan arteri leher akan menurunkan tekanan darah dan menetralkan jantung dengan cara berdegup lebih kencang untuk memompa darah lebih banyak dan menstabilkan tekanan darah.
Selain itu, sel-sel ini juga menyebabkan pembuluh darah menyempit yang dapat meningkatkan resistensi (hambatan) terhadap aliran darah dan meningkatkan tekanan darah.
Hipotensi ortostatik terjadi ketika ada sesuatu yang mengganggu proses alami dari tubuh untuk menetralkan tekanan darah. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, termasuk:
Dehidrasi
Kondisi tubuh yang demam, muntah, tidak mengonsumsi cairan yang cukup, diare dan olahraga berat bisa menyebabkan dehidrasi. Bila seseorang mengalami dehidrasi, maka tubuh akan kehilangan banyak air dan juga natrium dibandingkan yang masuk sehingga menyebabkan kelemahan, pusing dan kelelahan.
Gangguan pada jantung
Beberapa kondisi jantung bisa mengakibatkan tekanan darah rendah, misalnya denyut jantung sangat rendah (bradycardia), masalah katup jantung, serangan jantung dan gagal jantung. Kondisi ini membuat sirkulasi darah di dalam tubuh terganggu.
Diabetes
PenyakitDiabetes yang tidak diobati atau tidak terkontrol dengan baik bisa menyebabkan dehidrasi akibat sering buang air kecil. Selain itu, diabetes juga bisa merusak saraf yang berfungsi mengirim sinyal dan membantu pengaturan tekanan darah.
Gangguan sistem saraf
Beberapa penyakit yang mengganggu sistem saraf seperti Parkinson, multiple system atrophy (Shy-Drager syndrome) dan amyloidosis (pengendapan protein amyloid di salah satu organ seperti jantung yang menyebabkan jantung tidak berfungsi). Kondisi-kondisi ini bisa mengganggu sistem regulasi tekanan darah normal di dalam tubuh.
Sumber : detik
pf button both Penyebab Pusing Ketika Berdiri


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

5 Responses to “Penyebab Pusing Ketika Berdiri”

  1. Sehat untuk Semua says:

    Bagaimana untuk mencegah hipertensi ortostatik?

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 0

  2. andy says:

    saya sering merasa sakit kepala saat saya mau bangun dari duduk atau tidur,saya ingin sekali berhenti seperti itu …..

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 8 Thumb down 0

  3. elis says:

    @Sehat untuk Semua – cara mengatasinya bagaimana?

    Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 0

  4. Tya says:

    Selamat siang dokter sehat.
    Sya Tya, 21 th. Saat ini kepala saya terasa pusing, berat. Kalau berdiri/bangun mata gelap.
    Pusingnwa tidak hanya kalau berdi, dlm posisi tiduran pun kepala tera pusing.
    Badan juga terasa pegal dan ngilu. Klau kena air langsung kedinginan, terutama pada tangan dan kaki.
    Semalem badan sempat panas.
    Saya tidak tahan dengan pusingnya, bdan jd lemes. Kepala belakang terasa sakit dan berat. Tensi 90/60
    Yg ingin sya tnyakan
    1. Pusingnya disebabkan karena apa dok?
    2. Bagaimana cara mengatasinya?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. Dian says:

    mau tanya. Kira2 kenapa ya, kalo pagi kepala suka pusing + nyaris blackout kaya org yg ga sarapan lagi upacara. Tp saya sadar cuma muyeng2 gitu. Kira2 knp ya?? :/

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0