Penyebab Perut Buncit Dan Cara Mengatasinya

Dokter Sehat – Memiliki perut buncit tentu membuat seseorang tidak percaya diri, sebab baik pria maupun wanita yang memiliki perut yang buncit akan sangat tidak nyaman dan mengurangi percaya diri seseorang. Perut buncit diakibatkan lemak yang menumpuk pada bagian perut, sehingga pada bagian tersebut cenderung akan lebih membesar.



Faktor penyebab perut buncit :

1. Pola makan tidak
Dengan mengkonsumsi makan tidak teratur hal tersebut dapat menagkibatkan penumpukan lemak pada bagian perut atau lingkar pinggang.

2. Faktor usia
Faktor usia juga dapat mempengaruhi terjadinya perut buncit, sebab seseorang yang usianya bertambah maka otot-otot pada bagian tubuhnya semakin berkurang dan hal tersebutlah yang membuat bagian perut tidak terjaga lagi bentuknya.

3. Faktor keturunan
Perut buncit juga dapat terjadi karena faktor keturunan, ketika seorang ayah atau ibu memiliki perut buncit bukan tidak mungkin keturunannya memilki perut buncit pula. Hal tersebut dikarenakan hormon yang diturunkannya.

Cara mengatasi perut buncit :

1. Push up
Push up adalah suatu jenis senam kekuatan yang berfungsi untuk menguatkan otot bisep maupun trisep, posisi awal tidur tengkurap dengan tangan di sisi kanan kiri badan. Kemudian badan didorong ke atas dengan kekuatan tangan, posisi kaki dan badan tetap lurus atau tegap. Setelah itu, badan diturunkan dengan tetap menjaga kondisi badan dan kaki tetap lurus. Badan turun tanpa menyentuh lantai, naik lagi dan dilakukan secara berulang. Dengan melakukan push up lemak yang ada di perut anda bisa lebih cepat terbakar, harus rutin melakukannya minimal 15 s/d 20 menit setiap harinya.

2. Tidur teratur
Usahakan jangan tidur terlalu larut malam, biasakan untuk tidur secara normal dan bangun pagi-pagi sesuai dengan kebiasaan anda setiap waktu. Tidur yang ideal bagi manusia adalah antara 6 sampai 8 jam sehingga kita cukup istirahat.

Baca Juga:  Gangguan Obsesif Kompulsif

3. Kurangi garam
Tahukah anda bahwa terlalu banyak mengkonsumsi garam akan menambah ekstra sodium terhadap cairan tubuh yang memperlambat mekanisme sehingga mendorong air keluar dari sel? Dan jika hal ini terjadi, maka perut akan terasa penuh dan menggelembung. Makanan yang banyak mengandung garam dan gula dapat menambah asupan gizi dan kadar lemak tinggi.

4. Hindari alkohol dan perbanyak makan-makanan berserat
Jangan mengkonsumsi alkohol dan perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung serat yang tinggi yang terdapat pada sayur mayur dan buah-buahan, apa bila kita makan dengan menggunakan serat maka pencernaan yang anda punya akan lancar tentunya.