Penyebab Penyakit Tidak Menular Dan Pencegahan

DokterSehat.Com – Penyakit tidak menular adalah jenis penyakit yang tidak menular seperti cacat fisik, gangguan mental, kanker, penyakit degeneratif, penyakit gangguan metabolisme, dan kelainan-kelainan organ tubuh lain penyakit jantung, pembuluh darah, penyakit tekanan darah tinggi, penyakit kencing manis, berat badan lebih, osteoporosis, kanker usus, depresi dan kecemasan.

19

Pengetahuan tentang penyakit tidak menular memang sangat perlu diketahui dan dipahami, hal ini dapat berguna untuk meminimalisir anda terkena penyakit tidak menular tersebut.

Penyakit Tidak Menular (PTM) tidak dikarenakan adanya proses infeksi. Bahkan sebagian penelitian menyebutkan bahwa orang yang mulai terkena Penyakit Tidak Menular ini tidak merasakan adanya gejala. Sehingga banyak orang yang baru menyadarinya ketika Penyakit Tidak Menular (PTM) tersebut sudah dalam keadaan parah.

Memang tidak sedikit orang yang mengetahui dengan baik mengenai Penyakit Tidak Menular (PTM) ini tetapi masih banyak juga yang belum paham dan mengerti apa saja faktor yang mempengaruhi resiko terjadinya Penyakit Tidak Menular, bahkan juga terjadinya komplikasi yang disebabkan oleh Penyakit Tidak Menular tersebut.

Apa saja jenis-jenis penyakit tidak menular tersebut? Saya yakin anda sudah sangat familiar dengan jenis-jenis Penyakit Tidak Menular ini seperti penyakit stroke, jantung koroner, serta juga penyakit diabetes mellitus.

Mengenai Penyakit tidak menular ini sebagian orang menganggap dikarenakan oleh faktor keturunan, penyakit karena sudah tua, atau bahkan penyakitnya orang kaya. Padahal Penyakit Tidak Menular disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat yang bahkan sudah berlangsung cukup lama.

Dalam hal ini cukup jelas bahwa dalam mencegah penyakit tidak menular satu-satunya cara adalah berprilaku pola hidup sehat seperti memakan makanan dan minuman yang sehat (makan sayur dan buah-buahan), tidak merokok, serta berolah raga.

Baca Juga:  Bahaya Yang Mengintai Wanita Perokok

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penyebab atau faktor-faktor yang dapat menimbulkan Penyakit Tidak Menular tersebut yaitu melakukan diet yang salah, kurang berolahraga, meminum-minuman beralkohol, merokok, penyakit kegemukan, hyperglikemia, tekanan darah tinggi, kelebihan kolesterol, serta bahkan sakit yang ditimbulkan akibat cidera dan juga kecelakaan.