Penyebab Penyakit Liver, Bisa Dihindari dan Tidak

DokterSehat.Com – Penyakit liver atau hati merupakan penyakit yang tentunya harus ditangani dengan baik jika ciri-ciri atau gejala sakit liver muncul.



Penyebab penyakit liver sangat beragam, dari yang dapat dicegah kehadirannya hingga yang memang sudah menurun dan tidak dapat dicegah. Salah satu penyebab yang dapat dicegah adalah yang berasal dari infeksi virus dan parasit lainnya. Infeksi dari virus ini pun beragam. Selengkapnya tentang penyebab liver, akan kami sajikan dalam artikel ini secara terperinci.

Berikut penyebab penyakit liver, bisa dicegah dan tidak :

  1. Infeksi virus dan parasit lainnya
    Parasit dan virus dapat menginfeksi hati manusia. Layaknya infeksi pada organ tubuh lainnya, infeksi di hati pun dapat menyebabkan peradangan dan dapat menghambat kinerja dari fungsi hati. Virus ini dapat menyebar melalui aliran darah, air mani, dan cairan lainnya. Oleh karena itu, penularan dari penyakit ini terbilang sangat mudah. Bahkan, penularan ini bisa terjadi melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi atau lewat kontak dekat dengan penderita secara langsung. Sedangkan virus dan parasit yang umum dijumpai adalah virus hepatitis, di antaranya :
  • Hepatitis A
  • Hepatitis B
  • Hepatitis C
  1. Kelainan sistem kekebalan tubuh pada manusia
    Penyakit liver juga bisa disebabkan oleh kelainan pada sistem kekebalan tubuh atau autoimun. Banyak sekali penyakit autoimun yang bisa menyebabkan penyakit pada organ hati, beberapa di antaranya adalah : Sirosis hati, hepatitis autoimun, dan yang lainnya.
  1. Faktor genetik atau riwayat keluarga
    Dalam beberapa kasus penyakit liver, ditemukan bahwa faktor genetik merupakan salah satu penyebab dari penyakit hati ini. Hal ini bisa berjalan ketika sebuah gen abnormal dari seorang ibu atau ayah diwariskan kepada anak sehingga menyebabkan bangunan zat yang abnormal juga pada organ hati. Dalam kasus lanjut, penyakit liver karena faktor genetika ini akan menyebabkan kerusakan hati. Beberapa jenis umum dari penyakit hati yang diturunkan adalah : Hemokromatosis, penyakit Wilson, oksalosis, dan hiperoxaluria. Karena penyakit ini merupakan penyakit bawaan, maka kemungkinan dicegah memang sangat kecil. Namun upaya penyembuhan akan difokuskan pada kontrol rutin ke dokter agar dapat diketahui jelas mengidap penyakit hati atau tidak dan menjalani pola hidup sehat agar terjaga kesehatannya, khususnya organ hati.
  1. Penyakit kanker dan tumor
    Penyebab penyakit liver juga bisa berasal dari tumor dan kanker. Bisa jadi merupakan perkembangan dari kanker pada organ dalam lainnya atau kanker dari organ hati itu sendiri. Beberapa kanker yang mungkin akan menyerang hati di kemudian hari adalah ; Kanker saluran empedu, liver adenoma, dan kanker hati, serta penyakit lainnya.
  1. Penyebab lain dari penyakit hati yang dapat di cegah
    Penyebab penyakit liver terakhir ini dapat dicegah. Sebab secara umum disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan. Sehingga menjadikan kerusakan hati yang parah. Sementara itu, sebab lainnya adalah pola hidup yang tidak sehat dengan konsumsi makanan berlemak yang terlalu berlebih. Jika diteruskan, lemak dapat terakumulasi dalam hati dan menyebabkan penyakit liver.