Penyebab Penyakit Jantung

Dokter Sehat – Penyakit jantung masih menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar masyarakat, terkadang banyak masyarakat yang tidak menyadari adanya penyakit tersebut di dalam tubuhnya. Sebelum mengobati ada baiknya Anda mencegah penyakit ini, simaklah penyebab utama terjadinya serangan jantung di bawah ini.



Berikut ini faktor penyebab penyakit jantung :

1. Faktor usia dan jenis kelamin
Seorang wanita di bawah usia 50 tahun memiliki resiko lebih rendah dibandingkan dengan pria. Tetapi setelah mengalami menopause, resiko seorang wanita bertambah karena penurunan dari hormon estrogen yang bersifat melindungi. Jadi salah satu penyebab penyakit jantung adalah faktor usia dan kelamin.

2. Faktor keturunan dari keluarga
Jika terdapat riwayat gangguan jantung dalam keluarga baik dari keluarga wanita atau keluarga pria, keturunan mereka lebih cenderung mengembangkan masalah yang serupa yaitu penyakit jantung.

3. Gaya hidup
Gaya hidup yang tidak teratur seperti merokok, minum alkohol, tidak melakukan diet, dan tidur tidak teratur akan meningkatkan peluang serangan jantung.

4. Faktor penyakit diabetes
Para penderita penyakit diabetes dapat mengalami penyakit jantung akibat komplikasi, para penderita diabetes harus memperhatikan kesehatan karena bisa berdampak sebagai penyebab penyakit jantung.

5. Faktor tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi yang berlangsung lama salah satu penyebab sakit jantung, tekanan darah tinggi dapat melukai dinding arteri dan memungkinkan kolesterol LDL memasuki saluran arteri dan meningkatkan penimbunan plak. Jadi Hipertensi menjadi salah satu penyebab penyakit jantung.

6. Faktor kegemukan
Kelebihan berat badan meningkatkan tekanan darah tinggi dan ketidaknormalan jumlah lemak, mengobati obesitas adalah cara utama untuk menghindari diabetes. Diabetes kemudian akan meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

Baca Juga:  Optimalkan Otak Janin Selama Kehamilan

7. Stress
stres dapat menyebabkan penyempitan arteri dan menurunkan aliran darah, penyempitan dapat terlihat pada arteri yang terkena penyakit ringan. Stres berat dapat menyebabkan pecahnya dinding arteri yang memicu serangan jantung. Mengindari stress adalah cara yang ampuh menghindari penyebab penyakit jantung.