Penyebab Penyakit Flek Paru-Paru

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang sangat dikhawatirkan oleh orang tua jika mengenai anaknya yang masih kecil adalah penyakit flek paru-paru. Catatan kesehatan di Indonesia memang menunjukkan jika penyakit ini cenderung lebih sering menyerang balita dan anak-anak. Agar orang tua bisa memberikan pencegahan munculnya penyakit ini pada buah hatinya, orang tua tentu harus mengetahui berbagai penyebab penyakit flek paru-paru seperti sebagai berikut.

doktersehat-paru-paru-Asbestosis-Fibrosis-paru-kanker-pneumonia

Penyebab utama dari penyakit flek paru-paru yang kerap kali disepelekan oleh sebagian besar orang tua adalah adanya kelembaban udara yang berlebihan di dalam rumah. Sebagai contoh, ada beberapa rumah yang tidak memiliki ventilasi yang cukup atau bahkan memiliki kecenderungan untuk tidak membuka pintu atau jendela lebar-lebar karena tidak ingin sang buah hati keluar terlalu jauh dari rumah. Hal ini ternyata bisa menyebabkan rumah memiliki kelembaban berlebihand an memicu flek paru-paru. Bukalah lebar-lebar pintu dan jendela, khususnya saat pagi yang banyak memiliki udara segar. Jika anda memiliki taman kecil atau setidaknya halaman yang bisa diakses langsung oleh pintu atau jendela, maka hal ini akan jauh lebih baik sehingga anda dan keluarga akan mendapatkan udara yang jauh lebih bersih dan ruangan yang tidak terlalu lembab.

Penyebab berikutnya dari penyakit flek paru-paru adalah adanya infeksi pada organ paru-paru. Seringkali bakteri atau virus yang menjadi penyebab utama infeksi ini. Yang mengerikan adalah, jika tidak diberi penanganan medis yang benar, infeksi ini bisa berlanjut menjadi penyakit yang lebih berbahaya. Biasanya, penderita flek paru-paru yang disebabkan oleh infeksi ini akan merasa sakit atau tidak nyaman saat bernafas.

Penyebab berikutnya dari flek paru-paru adalah adanya penyakit TBC, sebuah penyakit menular yang sangat berbahaya. Jika tidak ditangani dengan benar, maka penyakit TBC atau flek paru-paru bisa berimbas sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Karena alasan inilah jika anak sudah mendapatkan gangguan pada saluran pernafasannya, segeralah memeriksakan kondisinya ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang terbaik agar tidak mudah terkena penyakit flek paru-paru.