Penyebab Penyakit Ambeyen Pada Orang Dewasa

DokterSehat.Com – Ambeyen atau wasir memang tidak banyak orang tahu penyebab dan gejala-gejala ambeyen. Ambeyen dalam bahasa iggris disebut hemoroid. Hemoroid adalah pelebaran pada pembuluh balik (vena) atau pembengkakan submukosa pada bagian-bagian rektrum dan anus yang mengandung pleksus vena, arteri kecil dan jaringan areola yang melebar.



Penyebab

Penyakit ambeyen memang kadang sulit untuk dikenali apa penyebabnya, namun beberapa aktivitas manusia seperti Buang air besar yang buru-buru ditengarai menjadi penyebab penyakit ambeyen. Peningkatan tekanan dalam pembuluh darah akibat BAB yang buru-buru dapat menyebabkan wasir membengkak.

Berikut ini beberapa penyebab penyakit ambeyen yang perlu anda ketahui :

  • Mengejan saat buang air besar
    Mengejan adalah proses dimana anda ingin mengeluarkan sesuatu dengan dorongan kuat. Istilah mengejan sendiri sering digunakan untuk menggambarkan proses ibu ingin melahirkan. Mengejan kalau dalam istilah jawa dinamakan ngeden. Terlalu ngotot ngeden ternyata dapat menyebabkan ambeyen karena tekanan pada pembuluh darah meningkat dan memicu bengkaknya wasir. Usahakan untuk tidak mengejan dengan kuat saat buang air besar plus jangan buru-buru.
  • Duduk dalam jangka waktu yang lama
    Jika anda tipe orang yang suka duduk dalam jangka waktu yang lama, perhatikan kesehatan wasir anda. Kelamaan duduk ditengarai merupakan penyebab penyakit ambeyen yang paling umum ditemukan di Indonesia. Bila anda bekerja dengan duduk yang lama, usahakan untuk mengimbanginya dengan sedikit jalan-jalan dan olahraga yang teratur untuk melatih otot dan melancarkan darah.
  • Menderita diare kronis atau sembelit
    Diare kronis atau sembelit sering dikaitkan dengan ambeyen. Hal ini karena pada saat diare kronis terjadi peningkatan tekanan pada pembuluh darah terutama pada area pantat. Bila anda mengalami diare kronis usahakan untuk segera memperoleh pertolongan dari dokter agar tidak menjalar menjadi ambeyen.
  • Kegemukan atau obesitas
    Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa obesitas atau kegemukan dapat memicu ambeyen. Obesitas merupakan salah satu faktor penyebab peningkatan tekanan darah. Obesitas sendiri merupakan penyakit yang banyak diderita oleh orang Indonesia karena gaya hidup yang kurang sehat dan kurang olahraga.
  • Kehamilan
    Kehamilan adalah sebuah anugerah yang sangat berarti bagi calon ibu, namun sayangnya kadangkala seorang ibu hamil bisa mengalami ambeyen saat masa kehamilan. Hal ini dikarenakan saat hamil seseorang akan mengalami peningkatan tekanan pada pembuluh darah yang berada di panggul. Peningkatan pembuluh darah tersebut yang menjadi penyebab penyakit ambeyen. Ambeyen pada ibu hamil biasanya akan sembuh setelah melahirkan.
  • Sering mengangkat beban berat
    Ambeyen biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki aktivitas mengangkat barang-barang yang berat. Beban yang diangkat tersebut menyebabkan ketegangan otot baik dipangkal paha maupun panggul yang lama kelamaan memicu pembesaran pembuluh darah diarea tersebut. Bila usia anda sudah tidak muda lagi, usahakan untuk menggunakan alat bantu saat harus mengangkat beban yang berat untuk menghindari penyakit ambeyen.
  • Faktor genetik
    Ambeyen dikenal dengan penyakit yang menurun atau diwariskan. Apabila anda memiliki keluarga dengan riwayat penyakit ambeyen, anda harus menjaga kesehatan tubuh anda dan menghindari beberapa kebiasaan yang menjadi penyebab penyakit ambeyen seperti BAB yang buru-buru dan duduk dalam jangka waktu yang lama.
  • Faktor usia
    Tidak dipungkiri jika bertambah usia membuat daya tahan tubuh anda menurun. Saat usia makin bertambah, jaringan penopang tubuh makin lemah. Inilah sebabnya pada usia 45 tahun kebanyakan pasein mengalami penyakit ambeyen. Usahakan untuk tidak melakukan hal yang diluar kemampuan anda jika telah menginjak usia tersebut, karena mengangkat beban yang berat dapat memicu penyakit ambeyen.