Penyebab Nyeri Ulu Hati

DokterSehat.Com – Sakit ulu hati adalah masalah yang umum dijumpai dimasyarakat. Tapi, jika sering mengalami nyeri di ulu hati sebaiknya hati-hati, karena bisa jadi itu tanda dari radang kandung empedu. Nyeri perut di ulu hati tidak selalu berasal dari lambung atau maag, karena bisa juga berasal dari bagian tubuh lain seperti pankreas, kandung empedu, liver, usus 12 jari bahkan bisa berhubungan dengan serangan jantung.



Data yang ada menunjukan sekitar 20 persen pasien dengan kelurahna nyeri ulu hati atau nyeri perut disebabkan oleh adanya gangguan pada kandung empedu baik akibat batu atau peradangan itu sendiri, dan sekitar 80 persen beruur diatas 40 tahun serta tidak ada yang berumur dibawah 30 tahun. Untuk mengetahui penyebab dari rasa nyeri ulu hati tersebut, perlu dilakukan USG abdomen sehingga bisa diketahui apakah ada peradangan baik akut maupun kronis di kandung tersebut. Serta bisa juga mengidentifikasikan adanya batu pada kandunngan empedu.

Penyebab nyeri ulu hati :

  1. Despepsia
    Yaitu pengeluaran asam lambung yang berlebih, pertahanan dinding lambung lemah, gangguan saluran pencernaan dan stres psikologis. Gejala yang dirasakan adalah mual, perut terasa sebah. Faktor terbanyak dari dispepsia adalah faktor psikologis dan konflik batin, dispepsia ini juga kerap kali dialami oleh mereka yang masih berusia muda.
  1. Gerd
    Singkatan dari Gastroesophageal Reflux Disease atau yang lebih dikenal dengan nama penyakit Refluks Gastroesofagus, penyakit ini terjadi ketika asam lambung naik sampai ke bagian mulut hingga mulut terasa pahit. Gejala yang akan dialami adalah nyeri di ulu hati, dada terasa sakit, dada seperti dicengkeram oleh sesuatu.