Penyebab Nyeri Pada Jari-Jari Tangan

DokterSehat.com – Umumnya nyeri sendi jari-jari tangan diakibatkan oleh penyakit rematik. Meski demikian, tidak semua nyeri sendi jari-jari dan pergelangan tangan selalu akibat penyakit rematik.



Rematik merupakan peradangan bagian dalam kapsul sendi karena adnya antibodi abnormal yang justru menyerang bagian tubuh sendiri, yakni kapsul sendi. Penyakit rematik memang kerap menyerang sendi-sendi jari-jari dan pergelangan tangan. Biasanya penyakit ini menyerang lebih dari tiga sendi dan mengenai kedua tangan secara simetris pada waktu yang bersamaan. Jarang sekali penyakit ini mengakibatkan nyeri pada satu sendi saja.

Selain rematik ada beberapa penyakit lain yang lebih sering mengakibatkan nyeri sendi di daerah tangan ketimbang penyakit rematik, yakni penyakit trigger finger, carpal tunnel syndrome, dan penyakit de Quervain. Ketiga penyakit ini lebih sering dialmi wanita ketimbang pria.

Penyakit trigger finger disebabkan oleh terjepitnya otot jari-jari di daerah telapak tangan. Gejala yang biasa dialami adalah nyeri pada pangkal jari tangan, terutama saat menggenggam. Jari seperti “tersangkut” ketika dilipat dan nyeri saat diluruskan kembali.

Penyakit De Quervain muncul karena terjepitnya otot ibu jari tangan. Nyeri terasa di daerah pergelangan tangan di sebelah atas pangkal ibu jari. Rasa nyeri muncul saat tangan digunakan untuk menggenggam atau mengangkat sesuatu, seperti gayung untuk mandi.

Sementara Carpal tunnel syndrome (CTS) disebabkan oleh terjepitnya saraf medianus di daerah pergelangan tangan. Gejala CTS yang lebih menonjol dibanding rasa nyeri adalah rasa tebal dan kesemutan pada ibu jari, telunjuk, jari tengah dan manis; jari kelingking tidak mengalami gejala semacam itu.

Ketiga penyakit tersebut lebih sering menyebabkan nyeri sandi jari-jari dan pergelangan tangan ketimbang rematik dan asam urat.

Baca Juga:  5 Penawar Alergi Udang