Penyebab Muntah Pada Bayi Dan Cara Mengatasinya

Dokter Sehat – Pada umumnya setiap bayi dan anak pasti pernah mengalami muntah yang terkadang membuat orang tua menjadi cemas, muntah adalah pengeluaran isi lambung secara paksa melalui mulut akibat adanya kontraksi otot-otot perut yang kuat. Tapi sesungguhnya muntah adalah hal yang cukup normal dan tidak perlu dikhawatirkan bila terjadi selama satu hari lamanya.

12

Muntah menjadi hal yang mengkhawatirkan dan perlu diwaspadai apabila bayi sering muntah dan muntah  yang terjadi berulang kali dalam jangka waktu lebih dari dua hari, hal ini dikarenakan adanya bahaya dehidrasi yang dapat diderita bayi apabila tubuhnya secara terus menerus kekurangan cairan.

Muntah pada bayi terutama disebabkan oleh sedang dikembangkan dari sistem pencernaan, postur bayi adalah satu lagi faktor utama yang menyebabkan muntah atau mual. Dalam badan bayi, ada katup di berbagai tempat dari jalur pencernaan. Katup ini berada di bawah dikembangkan dan terutama hadir untuk mencegah aliran balik dari isi ke organ sebelumnya saluran pencernaan. Karena katup berada dalam tahap yang belum berkembang, mereka memungkinkan isi perut untuk melakukan perjalanan kembali ke mulut bayi, sehingga menyebabkan muntah.

Pengobatan terbaik untuk menghindari muntah pada bayi bersendawa, ini adalah metode dimana bayi yang lembut menepuk punggung, dari atas ke bawah, sehingga semua susu yang dikonsumsi turun di perut dan tidak ada yang tersisa di foodpipe tersebut. Dalam kasus muntah pada bayi, pengobatan terbaik adalah dengan membuat mereka minum air matang. Hal ini akan mencegah infeksi yang menyebabkan muntah.