Penyebab Munculnya Lingkaran Hitam Pada Mata

DokterSehat.Com – Bagi kaum hawa, lingkaran hitam pada mata atau yang kerap disebut sebagai mata panda adalah sebuah hal yang sangat tidak diinginkan. Bagaimana tidak, dengan adanya mata panda, maka kita pun akan tidak percaya diri untuk menemui banyak orang karena tampilan wajah yang tidak cantik sama sekali. Memang, banyak produk kecantikan yang bisa dipakai untuk menutupi lingkaran hitam pada mata. Namun, ada baiknya kita mengetahui penyebab lingkaran hitam pada mata agar kita bisa menghindari hal ini di lain waktu.

dotersehat-kulit-wajah-pori-mengecil-deodoran-untuk-wajah-berminyak

Penyebab utama lingkaran hitam pada mata tentu saja adalah kondisi tubuh yang kelelahan. Jika kita kurang tidur setelah melakukan banyak sekali kegiatan yang melelahkan, maka di sekitar mata pun akan tumbuh lingkaran hitam. Selain lingkaran hitam ini, mata pun cenderung akan membengkak dan terlihat tidak segar. Selain itu, kondisi tubuh yang sedang kekurangan cairan karena sedikit minum atau karena terkena penyakit diare akan membuat tubuh mengalami dehidrasi dan membuat lingkaran hitam pada mata.

Tubuh yang mengalami gangguan kesehatan juga bisa menyebabkan lingkaran hitam pada amta. Penderita anemia atau gangguan ginjal akan membuat mata lebih sembab dan terlihat selalu lelah. Selain itu, jika anda melakukan diet yang kurang tepat, maka tubuh pun akan kekurangan banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sebagai contoh, jika tubuh kekurangan kandungan zat besi maka anda pun bisa mengalami anemia dan berpengaruh pada tampilan mata anda.

Jika anda melakukan kebiasaan yang buruk layaknya hobi merokok dan kebiasaan menenggak alkohol, maka anda juga bisa mendapatkan masalah lingkaran hitam pada mata. Alkohol dan rokok memiliki banyak sekali zat yang sangat buruk bagi tubuh. Rokok yang kaya tar tentu akan membuat kulit mengalami kekurangan oksigen sehingga tampilan wajah pun akan menjadi jauh lebih kusam. Hal yang sama terjadi jika kita mengkonsumsi alkohol, maka hati kita pun lambat laun akan rusak dan menyebabkan kulit pada area mata menjadi lebih hitam dan longgar.