Penyebab Munculnya Bercak Putih Pada Lidah

DokterSehat.Com – Masalah pada mulut tidaklah hanya tentang pada gigi, gusi, atau bahkan bibir. Area lidah juga bisa mengalami beberapa masalah kesehatan. Sebagai contoh, lidah juga bisa terkena sariawan sehingga akan merasa sangat hambar saat mengecap makanan. Namun, pernahkah anda merasakan gangguan pada lidah yang cukup aneh dimana lidah akan terlihat memiliki warna keputihan. Warna lidah bahkan seakan-akan terbungkus oleh bercak keputihan yang tentu akan membuat kita menjadi khawatir. Apakah bercak berwarna putih pada lidah ini berbahaya bagi kesehatan?

doktersehat-kanker-tenggorokan

Pakar kesehatan menyebutkan jika lidah yang berwarna putih ini menunjukkan adanya masalah kesehatan yang tidak boleh kita sepelekan. Memang, dalam beberapa kasus, munculnya bercak putih pada lidah ini hanyalah disebabkan oleh adanya penumpukan bakteri atau sel yang mati dalam jumlah yang sangat banyak sehingga menimbulkan warna putih yang menutupi lidah. Untuk penyebab ini, kita bisa dengan mudah menyikatnya dengan sikat gigi secara perlahan setelah menyikat gigi. Kadangkala, warna putih pada lidah ini juga bisa dihilangkan saat kita berkumur dengan air, apalagi dengan obat kumur.

Sayangnya, lidah yang mengalami bercak-bercak putih kerap kali disebabkan oleh adanya infeksi jamur. Tak hanya menyerang anak kecil, orang dewasa juga bisa terkena infeksi jamur pada lidah yang ditandai dengan munculnya bercak putih pada lidah, mulut yang terasa kering, bau mulut yang menyengat, hingga bibir pecah-pecah. Jika hal ini terjadi, ada baiknya kita berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Penyebab lain dari bercak putih pada lidah yang harus diwaspadai adalah adanya kemungkinan gangguan pada saluran pencernaan. Pakar kesehatan menyebutkan jika ada kemungkinan munculnya warna putih pada lidah karena adanya masalah pada pergerakan usus saat mencerna makanan. Jika hal ini terjadi, ada baiknya kita memeriksakan kondisi ini ke dokter agar bisa segera ditangani dengan baik.