Mengapa Kita Lebih Mudah Lapar di Malam Hari?

doktersehat-diet-tidak-makan

DokterSehat.Com– Jika dicermati, kita cenderung lebih mudah lapar di malam hari sehingga akan lebih mudah tergoda untuk mengonsumsi camilan. Masalahnya, jika kita melayani rasa lapar ini, maka akan lebih rentan untuk terkena kenaikan berat badan.

Pakar kesehatan ternyata sudah menemukan penyebab mengapa kita cenderung lebih mudah merasa lapar di malam hari. Dalam sebuah penelitian nang dilakukan pada 2013 silam dan dipublikasikan hasilnya dalam jurnal Obesity, disebutkan bahwa kita memang cenderung lebih mudah untuk lapar di malam hari.

Bahkan, kita lebih tertarik untuk mengonsumsi makanan tidak sehat layaknya makanan manis, makanan kaya lemak, makanan asin, makanan yang dibaluri dengan tepung, dan makanan cepat saji. Sementara itu, keinginan untuk menonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran justru menurun drastis di malam hari.

Menurut pakar diet dan nutrisi bernama Jezek Arriaga, terdapat beberapa alasan yang menyebabkan kita lebih mudah lapar atau tertarik mengonsumsi makanan tidak sehat di malam hari.

Salah satunya adalah rasa bosan atau tidak adanya kesibukan sebagaimana saat kita aktif melakukan berbagai hal di siang hari. Selain itu, jika kita tidak mengonsumsi makanan yang bernutrisi cukup di siang hari, khususnya berupa lemak atau protein, maka tubuh pun akan cenderung menagih makanan yang manis, kaya lemak, atau karbohidrat di malam hari.

Berbagai kondisi tersebut membuat tubuh akan mengalami lonjakan hormon insulin. Ini malah akan meningkatkan hasrat untuk mengonsumsi makanan di malam hari.

Hal lain yang membuat kita mudah lapar di malam hari adalah diet yang tidak sehat. Jika kita menerapkan diet ketat di siang hari, tubuh tidak akan mendapatkan energi yang cukup dan akhirnya menagih kita untuk mendapatkan makanan sebagai sumber energi di malam hari.

Oleh karena itu, ada baiknya kita selalu menjaga pola makan yang sehat dengan kadar gizi seimbang. Ini menjadi solusi agar tidak mudah lapar atau ngemil di malam hari.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik