Meningitis – Penyebab

Penyebab meningitis adalah hampir selalu oleh infeksi bakteri atau virus yang dimulai di tempat lain dalam tubuh, seperti di telinga, sinus, atau saluran pernapasan bagian atas. Penyebab lain meningitis yang jarang terjadi meliputi infeksi jamur, gangguan autoimun, dan obat-obatan.

doktersehat-parkinson-otak-brain-penyakit-meningitis

Meningitis bakteri
Meningitis bakteri adalah infeksi pada meninges yang disebabkan oleh berbagai jenis bakteri yang sangat serius yang memerlukan perawatan medis segera. Jika tidak ditangani dengan cepat, dapat menyebabkan kematian dalam waktu jam – atau menyebabkan kerusakan permanen otak dan bagian lain dari tubuh.

Meningitis bakteri disebabkan oleh salah satu dari beberapa bakteri. Bakteri yang paling umum menyebabkan meningitis pada anak-anak dan orang dewasa adalah Neisseria meningitidis (dengan penyakitnya disebut “meningococcus” karena bentuk bakterinya seperti kokus/bulat-bulat), Streptococcus pneumoniae (disebut juga “pneumococcus“) dan pada pasien yang lebih tua dengan penurunan kekebalan, Listeria monocytogenes. Haemophilus influenzae tipe b (Hib) adalah penyebab umum dari meningitis pada bayi dan anak-anak sampai vaksin Hib diperkenalkan untuk bayi. Vaksin juga tersedia untuk meningitidis Neisseria dan Streptococcus pneumoniae. Mereka dianjurkan untuk semua anak-anak dan orang dewasa yang berisiko.

Bakteri dapat menyebar dari orang ke orang melalui batuk dan bersin. Jika di sekitar Anda ada seseorang yang memiliki meningitis bakteri, hubungi dokter untuk meminta langkah-langkah apa yang perlu Anda ambil untuk menghindari infeksi.

Dalam banyak kasus, meningitis bakteri berkembang ketika bakteri masuk ke dalam aliran darah dari sinus, telinga, atau bagian lain dari saluran pernapasan bagian atas. Bakteri kemudian perjalanan melalui aliran darah ke otak.

Meningitis viral/meningitis virus
Meningitis virus adalah infeksi pada meninges yang disebabkan oleh virus, lebih sering terjadi daripada meningitis bakteri dan umumnya, tapi tidak selalu tidak berlanjut menjadi berat. Hal ini dapat dipicu oleh sejumlah virus, termasuk beberapa virus yang dapat menyebabkan diare.

Baca Juga:  Kanker Lambung - Pengobatan dan Pencegahan

Orang dengan meningitis viral jauh lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki kerusakan otak permanen setelah infeksi sembuh. Sebagian besar pasien akan sembuh sepenuhnya.

Meningitis jamur
Meningitis jamur jauh lebih jarang daripada dua bentuk meningitis sebelumnya. Meningitis terkait jamur ini meningitis terjadi pada orang sehat. Namun, seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh terganggu, seperti orang dengan AIDS – lebih mungkin untuk menjadi terinfeksi dengan bentuk meningitis.