Penyebab Mata Sembab

DokterSehat.Com – Salah satu masalah yang sering dialami perempuan pada bagian matanya adalah kantung mata. Kantung mata, atau yang dikenal dengan mata sembab (puffines), memang sangat mengganggu penampilan. Biasanya hal ini disebabkan karena kita terlalu lelah dan kurang waktu istirahat, ujar Noor Jumaatun, ahli perawatan kulit dari Malaysia, saat peluncuran produk krim mata di Jakarta beberapa waktu lalu.



Berikut ini penyebab mata samba :

  • Menangis
    Menangis dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan mata menjadi sembab karena pengumpulan cairan air mata yang terlalu banyak pada kelopak mata bagian bawah sebelah dalam. Cairan air mata memang mengandung garam yang berpotensi menyebabkan mata menjadi sembab karena sifat garam yang menyerap air dalam tubuh.
  • Asinan
    Terlalu banyak dan sering mengkonsumsi makanan asinan juga dapat menjadi pemicu terjadinya mata sembab. Tingginya kadar garam dalam makanan asinan akan menyebabkan penyerapan cairan tubuh dan mengumpulkannya pada kantung mata bagian bawah.
  • Gangguan peredaran darah
    Gangguan peredaran darah pada pembuluh darah sekitar daerah mata juga bisa menyebabkan mata sembab. Aliran peredaran darah yang tidak tersirkulasi sempurna akan menyebabkan pasokan oksigen terganggu atau berkurang, sehingga pernapasan kulit sekitar mata menjadi terganggu.
  • Obat tetes mata
    Kandungan obat tetes mata yang mengandung steroid juga dapat menyebabkan mata menjadi bengkak. Kandungan steroid dalam obat mata bisa memberikan tekanan kuat pada bola mata, dan membuat mata menjadi tegang. Mata yang tegang ini mengakibatkan tekanan pada pembuluh darah di kulit sekitar mata menjadi meningkat sehingga membuat mata terlihat sembab dan bengkak.
  • Kelelahan mata
    Terlalu banyak menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer dalam keadaan kurangnya pencahayaan dan tingginya konsentrasi otak dan mata akan menyebabkan kelelahan mata karena mata terlalu bekerja keras atau berakomodasi maksimum. Apabila dibiarkan maka lama kelamaan juga dapat menyebabkan mata menjadi sembab dan bengkak.
  • Kurang istirahat dan gangguan penyakit
    Kurangnya istirahat juga dapat menjadi pemicu teradinya mata sembab, namun biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah melakukan istirahat terbaik yaitu tidur. Gangguan penyakit kronis yang sudah semakin parah terutama gangguan kesehatan pada organ hati dan jantung juga dapat memicu terjadinya mata sembab.
Baca Juga:  Dokter Julie Dewi Barliana

Demikianlah beberapa penyebab mata sembab yang mungkin dialami. Segera lakukan tindakan penanganan karena bagaimanapun juga mata merupakan pusat perhatian penampilan wajah. Mata yang tidak terlihat menarik secara tidak langsung akan berpengaruh juga terhadap penampilan secara keseluruhan.