informasi kesehatan


Penyebab Mata Merah

Penyebab Mata Merah

            

Definisi Mata Merah

DokterSehat.com – Mata merah, atau conjunctivitis, adalah kemerahan dan peradangan dari selaput-selaput (conjuctiva) yang menutupi putih-putih dari mata-mata dan selaput-selaput pada bagian dalam dari kelopak-kelopak mata. Membran-membran atau selaput-selaput ini bereaksi pada suatu batasan yang luas dari bakteri-bakteri, virus-virus, agen-agen yang memprovokasi alergi, pengganggu-pengganggu (irritants), dan agen-agen racun, begitu juga pada penyakit yang mendasarinya dalam tubuh. Bentuk-bentuk virus dan bakteri dari conjunctivitis adalah umum pada masa kanak-kanak, namun mereka dapat terjadi pada orang-orang dari segala umur. Secara keseluruhan bagaimanapun, ada banyak penyebab-penyebab mata merah. Ini dapat digolongkan sebagai yang infeksius atau tidak infeksius.

Infeksi-Infeksi Penyebab Mata Merah, Gejala-Gejala Mata Merah Yang Infeksius, Dan Cara Merawat Mereka

Mata Merah Yang Disebabkan Virus

Penyebab yang memimpin dari suatu mata merah yang meradang adalah infeksi virus. Sejumlah virus-virus yang berbeda dapat menjadi bertanggung jawab atas infeksi. Gejala-gejala mata merah yang disebabkan virus biasanya dihubungkan lebih banyak dengan suatu pengeluaran cairan yang tidak berwarna hijau atau kuning. Seringkali, gejala-gejala virus seperti influensa, seperti hidung yang mampat dan hidung yang ingusan, juga hadir. Kelopak-kelopak mata mungkin juga bengkak. Adakalanya melihat pada sinar-sinar yang terang adalah menyakitkan. Ketika mata merah yang disebabkan virus mungkin tidak memerlukan suatu antibiotik, mereka yang terpengaruh harus menemui seorang dokter, karena adakalanya bentuk mata merah ini dapat berkaitan dengan infeksi kornea (bagian jernih dari depan bolamata). Infeksi ini harus dideteksi dan dirawat secara benar. Mata merah yang disebabkan oleh virus adalah sangat menular. Mata merah yang disebabkan virus biasanya hilang dalam tujuh sampai sepuluh hari setelah munculnya gejala-gejala.

Mata Merah Yang Disebabkan Bakteri

Bakteri yang paling umum menyebabkan mata merah yang infeksius adalah staphylococci, pneumococci, dan streptococci. Gejala-gejala mata merah yang disebabkan bakteri termasuk:

* sakit/nyeri mata,
* bengkak,
* kemerahan, dan
* suatu jumlah kotoran yang sedang sampai besar, biasanya berwarna kuning atau kehijauan.

Kotoran umumnya berakumulasi setelah tidur. Anak-anak yang terpengaruh mungkin terbangun paling tidak senang bahwa mata mereka lengket tertutup, memerlukan suatu handuk yang hangat untuk mengangkat kotorannya. Mata merah yang disebabkan bakteri dirawat dengan berulangkali penggunaan handuk-handuk hangat pada mata-mata (coba terapkan ini pada satu mata anak anda setiap waktu selama suatu video yang ia senangi) dan memerlukan obat-obat tetes antibiotik atau obat salep yang diresepkan oleh dokter.

Hati-hati untuk tidak menggunakan obat yang diresepkan untuk orang lain, atau dari suatu infeksi lama, karena mungkin ini tidak memadai untuk infeksi anda yang sekarang atau mungkin telah tercemar dari infeksi-infeksi lain dengan secara kebetulan menyentuhkan botol obat pada area-area yang terinfeksi. Suatu metode yang aman, efektif, dan kurang menakutkan untuk anak anda, untuk meneteskan obat tetes kedalam mata-mata melibatkan meminta anak anda untuk berbaring, dengan instruksi-instruksi untuk hanya “menutup mata-mata anda”, dan menempatkan jumlah-jumlah tetesan yang direkomendasikan pada pojok bagian dalam dari mata, dekat jembatan hidung, dan biarkan mereka membuat suatu “danau” kecil disana. Ketika anak anda bersantai dan membuka mata-mata, obat tetes akan mengalir dengan lembut kedalam selaput-selaput lendir yang terinfeksi tanpa keperluan untuk “memaksa buka” mata-matanya.

Ketika anda merasa bahwa anda atau anak anda mungkin mempunyai mata merah yang disebabkan bakteri, adalah sangat penting untuk menemui dokter anda segera untuk beberapa sebab-sebab. Pertama, jika penyebabnya adalah suatu infeksi bakteri, suatu antibiotik akan diperlukan untuk membantu sistim imun yang melawan infeksi untuk membasmi infeksi ini. Kedua, jika anda mengalami gejala-gejala lain seperti hidung yang ingusan, batuk, sakit telinga, dan seterusnya, ada suatu kesempatan yang baik bahwa gejala-gejala ini disebabkan oleh bakter-bakteri yang sama, dan suatu antibiotik oral mungkin sangat baik diperlukan untuk merawat infeksi ini bersama dengan obat-obat tetes antibiotik atau obat salep untuk mata. Akhirnya, dokter anda akan ingin meniadakan kemungkinan bahwa infeksi telah menyebar ke area-area dimana gejala-gejalanya mungkin masih belum nampak.

Mata Merah Chlamydia

Mata merah yang disebabkan oleh infeksi dengan chlamydia adalah suatu bentuk yang tidak umum dari mata merah yang disebabkan bakteri di Amerika, namun adalah sangat umum di Afrika dan negara-negara Timur Tengah. Ia dapat menyebabkan mata merah pada dewasa-dewasa. Ia adalah penyebab mata merah pada remaja-raemaja dan dewasa-dewasa yang dapat ditularkan secara seksual. Mata merah Chlamydia secara khas dirawat dengan tetracycline (kecuali pada anak-anak dibawah umur 8 tahun, karena kemungkinan pelunturan warna gigi) atau erythromycin.

Kondisi-Kondisi noninfeksius Yang Menyebabkan Mata Merah, Gejala-Gejala Mata Merah Noninfeksius, Dan Cara Merawat Mereka

Mata Merah Karena Alergi

Gejala-gejala dan tanda-tanda mata merah karena alergi biasanya disertai oleh gatal yang hebat, keluar airmata, dan pembengkakan selaput-selaput mata. Penyebab-penyebab yang sering termasuk serbuk sari musiman, dander hewan, dan debu. Ia seringkali musiman dan disertai oleh gejala-gejala alergi khusus lain seperti bersin, hidung yang gatal, atau tenggorokan yang gatal. Handuk dingin dan lembab dipakaikan pada mata dan obat tetes mata decongestant over-the-counter dapat menyediakan keringanan/pembebasan. Dokter anda dapat meresepkan obat-obat yang lebih kuat jika obat-obat ini tidak memadai.

Mata Merah Karena Kimia

Mata merah karena kimia dapat berakibat ketika segala senyawa yang mengiritasi masuk ke mata-mata.

Pengganggu-pengganggu (irritants) yang menyerang yang umum adalah:

* pembersih-pembersih rumah tangga,
* spray-spray dari segala macam,
* asap,
* kabut campur asap, dan
* bahn-bahan pengotor industri.

Penyakit-Penyakit Yang Mendasarinya

Mata merah yang gigih (conjunctivitis) mungkin suatu tanda dari suatu penyakit yang mendasarinya dalam tubuh. Paling sering ini adalah penyakit-penyakit rheumatic, seperti rheumatoid arthritis dan systemic lupus erythematosus. Conjunctivitis juga terlihat pada penyakit Kawasaki (suatu penyakit yang jarang yang dihubungkan dengan demam pada bayi-bayi dan anak-anak yang muda) dan penyakit-penyakit peradangan usus tertentu seperti radang borok usus besar (ulcerative colitis) dan penyakit Crohn.

Subconjuctival hemorrhage

Kemerahan yang terang dari putih-putih mata dapat juga terjadi ketika pembuluh-pembuluh darah yang kecil sekali yang menutupi putih-putihnya mata pecah dari trauma atau perubahan-perubahan tekanan dalam kepala (contohnya, setelah tertawa atau muntah yang kuat, ketika menyelam dibawah air, atau bahkan membengkok dengan kepala dibawah). Kondisi ini disebut subconjunctival hemorrhage, dan ketika itu dapat nampak mengesankan, ia umumnya adalah tidak berbahaya. Ia menyebabkan suatu area lokal dari bagian putih mata (sclera) menjadi memerah dengan hebat. Ia tidak secara khas melibatkan bagian berwarna dari mata (iris) dan tidak mepengaruhi penglihatan.

Mencegah Penyebaran Mata Merah

Bentuk-bentuk mata merah yang infeksius (menular) adalah sangat menular dan disebarkan melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Jika anda atau anak anda mempunyai mata merah yang infeksius, hindari menyentuh area-area mata dan cuci tangan-tangan anda seringkali, terutama setelah memakai obat-obat pada area mata. Jangan pernah berbagi handuk-handuk atau saputangan-saputangan, dan buang tissue-tissue setelah setiap penggunaan.

sumber

pf button both Penyebab Mata Merah


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

96 Responses to “Penyebab Mata Merah”

  1. jiji says:

    Selamat malam dokter
    dok, mata saya merah kurang lebih sudah 5 hari dan awalnya teman saya mengalami sakit mata kemudian besoknya mata saya mulai berair dan belekan lalu saya disarakan teman saya yg sakit mata tadi memakai obat tetes yang dia pakai kurang lebih 3 hari teman saya sudah sembuh namun sepertinya mata saya makin merah memakai obat tetes itu dok dan ada gumpalan seperti darah namun rasa sakit dan belekannya sudah tidak ada lagi dok. kemudian saya pergi ke dokter spesialis mata dan katanya mata saya infeksi saya di beri obat tetes 2 buah dan 1 buah obat oral dok. sekarang sekitar sudah 2 hari memakai obat dari dokter mata saya masih merah dan ada gumpalan dok tapi sudah agak berkurang namun jika dilihat sekilas tidak ada perubahan dok. apakah mata saya bisa sembuh dalam waktu cepat dok? apa yang harus saya lakukan dok. soalnya ga enak dipandang dok. mohon solusinya dok:)

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Bila Sudah diperiksakan, maka Lakukan terapi sesuai anjuran,Dan kontrol sesuai jadwal. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • adin says:

      Mba jiji bagaimana kondisi mata sekarang? Dan kalo boleh tau apa saja obat yg diberikan oleh dokter?

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

      • Dr. Vanny bernadus says:

        @adin, kondisi tubuh setiap orang berbeda2, Dan tidak semua bisa disamakan, untuk anda bila mengalami gangguan pada mata, sebaiknya diperiksakan ke dokter terlebih dulu untuk diketahui apa penyebabnya, Karena penyebab bakteri, virus, Jamur Kebanyakan ialah mata merah, namu terapinya berbeda2. Jangan menganggap remeh masalah pada mata. Itu,ah sebabnya kami disini tidak meresepkan obat apapun untuk menghindari pemberian obat2an Yg bebas Dari para pasien Yg berkonsultasi disini, Dan Hal Ini bisa merugikan pasien itu sendiri bila tidak sembuh Karena terapi Yg tidak tepat dnegan kondisi penyakitnya. Trims

        Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. pagi dokter,
    Dok, saya bingung karena sudah 5 hari mata saya merah. Awalnya saya pakai minyak angin ke tangan setelah itu tangan saya menggaruk bagian bawah kelopak mata sebelah kanan . Setelahnya mata terasa pedih dan sulit dibuka dan akhirnya keluar air mata. Tanpa ada tindakan saya langsung tidur karena saat itu sudah jadwalnya saya tidur. Kemudian saat bangun pagi mata saya sebelah kanan memerah, lebih kecil dari sebelah kiri, dan terasa lengket.
    Untuk 2 hari pertama hannya saya kompres dengan handuk hangat. Karena tidak ada perubahan maka saya membeli obat tetes diapotik. dan pada hari keempat ada famili menyarankan untuk memakai salep mata yang dia punya, memang ada perubahan dok namun kenapa masih merah. Apa yang terjadi pada mata saya? Saya takut dok, dan sebenarnya saya takut memakai obat-obat kimia. Mohon bantuannya dok?
    Terimakasih dok

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Sebaiknya diperiksakan dulu ke dokter mata Dan jangan memakai obat sembarangan. Karena semua obat Ada manfaat ya sendiri Dan berbeda2. Tidak semua obat mata boleh dipakai untuk mata merah. Kebanyakan gangguan mata ialah mata merah, namun penyebabnya Ada bermacam2. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. intan rahayu says:

    Dok,sudah 2 hari ini mata kornea mata saya memerah kadang juga kuning atau tidak jernih.itu gejala apa ya dok?bagaimana cara mengobatinya?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Untuk mata perlu dilukan pemeriksaan terlebih dulu dengan alat khusus, sebaiknya periksakan langsung ke dokter spesialis mata. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. desi imanuni says:

    Dok. Saya mau bertanya. Saya memiliki kluhan d bag mata kanan. Mncul benjolan bening berwrna kemerahan. Kalau kena debu akan membesar dan kalu d depan laptop lama lama akan panas mtanya. Knpa ya dok?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. Topan says:

    Permisi dok , numpang tanya

    saya juga mengalami mata merah tapi udah 1 minggu tetap merah

    anehnya malah berganti” kadang di sebelah kiri / kanan atau dua duanya , merahnya hanya di bawah mata bola yg hitam
    gejalanya tidak gatal” / keluar air mata / dll cman kalo bangun tidur kadang agak pedes aja, setelah itu hilang sendiri

    ini kenapa ya ???
    belum sempat periksa ke dokter
    tolong dijawab dok ke email saya

    makasih banyak ^^ sukses selalu

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. Malam dok,mau tanya,saya punya keluhan disebelah mata kanan,disekitar bawah mata saya nyeri dan sakit seakan memar,itu kenapa ya dok?
    terima kasih :)

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Ada riwayat terbentur? Bila tidak, kemungkinan ialah infeksi. Sebaiknya segera periksakan ke dokter. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. Subconjuctival hemorrhage « Allo, how are you? - [...] khas melibatkan bagian berwarna dari mata (iris) dan tidak mepengaruhi penglihatan. Read more: http://doktersehat.com/2010/05/17/penyebab-mata-merah/#ixzz1H2zx3kUa …
  2. Insto Moist Atasi Mata Merah | -zatu.co.cc- - [...] (doktersehat.com) [...]
  3. Mata merah adalah penyakit jangkitan virus | Wannura Terapi - [...] Rujukan http://doktersehat.com/penyebab-mata-merah/#ixzz2Gq4CTVAM [...]
  4. Penyebab Mata Merah | bisnisman.com - […] sumber¬†:¬†http://doktersehat.com […]