Penyebab Mata Merah

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Definisi Mata Merah

DokterSehat.com – Mata merah, atau conjunctivitis, adalah kemerahan dan peradangan dari selaput-selaput (conjuctiva) yang menutupi putih-putih dari mata-mata dan selaput-selaput pada bagian dalam dari kelopak-kelopak mata. Membran-membran atau selaput-selaput ini bereaksi pada suatu batasan yang luas dari bakteri-bakteri, virus-virus, agen-agen yang memprovokasi alergi, pengganggu-pengganggu (irritants), dan agen-agen racun, begitu juga pada penyakit yang mendasarinya dalam tubuh. Bentuk-bentuk virus dan bakteri dari conjunctivitis adalah umum pada masa kanak-kanak, namun mereka dapat terjadi pada orang-orang dari segala umur. Secara keseluruhan bagaimanapun, ada banyak penyebab-penyebab mata merah. Ini dapat digolongkan sebagai yang infeksius atau tidak infeksius.

Infeksi-Infeksi Penyebab Mata Merah, Gejala-Gejala Mata Merah Yang Infeksius, Dan Cara Merawat Mereka

Mata Merah Yang Disebabkan Virus

Penyebab yang memimpin dari suatu mata merah yang meradang adalah infeksi virus. Sejumlah virus-virus yang berbeda dapat menjadi bertanggung jawab atas infeksi. Gejala-gejala mata merah yang disebabkan virus biasanya dihubungkan lebih banyak dengan suatu pengeluaran cairan yang tidak berwarna hijau atau kuning. Seringkali, gejala-gejala virus seperti influensa, seperti hidung yang mampat dan hidung yang ingusan, juga hadir. Kelopak-kelopak mata mungkin juga bengkak. Adakalanya melihat pada sinar-sinar yang terang adalah menyakitkan. Ketika mata merah yang disebabkan virus mungkin tidak memerlukan suatu antibiotik, mereka yang terpengaruh harus menemui seorang dokter, karena adakalanya bentuk mata merah ini dapat berkaitan dengan infeksi kornea (bagian jernih dari depan bolamata). Infeksi ini harus dideteksi dan dirawat secara benar. Mata merah yang disebabkan oleh virus adalah sangat menular. Mata merah yang disebabkan virus biasanya hilang dalam tujuh sampai sepuluh hari setelah munculnya gejala-gejala.

Mata Merah Yang Disebabkan Bakteri

Bakteri yang paling umum menyebabkan mata merah yang infeksius adalah staphylococci, pneumococci, dan streptococci. Gejala-gejala mata merah yang disebabkan bakteri termasuk:

* sakit/nyeri mata,
* bengkak,
* kemerahan, dan
* suatu jumlah kotoran yang sedang sampai besar, biasanya berwarna kuning atau kehijauan.

Kotoran umumnya berakumulasi setelah tidur. Anak-anak yang terpengaruh mungkin terbangun paling tidak senang bahwa mata mereka lengket tertutup, memerlukan suatu handuk yang hangat untuk mengangkat kotorannya. Mata merah yang disebabkan bakteri dirawat dengan berulangkali penggunaan handuk-handuk hangat pada mata-mata (coba terapkan ini pada satu mata anak anda setiap waktu selama suatu video yang ia senangi) dan memerlukan obat-obat tetes antibiotik atau obat salep yang diresepkan oleh dokter.

Hati-hati untuk tidak menggunakan obat yang diresepkan untuk orang lain, atau dari suatu infeksi lama, karena mungkin ini tidak memadai untuk infeksi anda yang sekarang atau mungkin telah tercemar dari infeksi-infeksi lain dengan secara kebetulan menyentuhkan botol obat pada area-area yang terinfeksi. Suatu metode yang aman, efektif, dan kurang menakutkan untuk anak anda, untuk meneteskan obat tetes kedalam mata-mata melibatkan meminta anak anda untuk berbaring, dengan instruksi-instruksi untuk hanya “menutup mata-mata anda”, dan menempatkan jumlah-jumlah tetesan yang direkomendasikan pada pojok bagian dalam dari mata, dekat jembatan hidung, dan biarkan mereka membuat suatu “danau” kecil disana. Ketika anak anda bersantai dan membuka mata-mata, obat tetes akan mengalir dengan lembut kedalam selaput-selaput lendir yang terinfeksi tanpa keperluan untuk “memaksa buka” mata-matanya.

Ketika anda merasa bahwa anda atau anak anda mungkin mempunyai mata merah yang disebabkan bakteri, adalah sangat penting untuk menemui dokter anda segera untuk beberapa sebab-sebab. Pertama, jika penyebabnya adalah suatu infeksi bakteri, suatu antibiotik akan diperlukan untuk membantu sistim imun yang melawan infeksi untuk membasmi infeksi ini. Kedua, jika anda mengalami gejala-gejala lain seperti hidung yang ingusan, batuk, sakit telinga, dan seterusnya, ada suatu kesempatan yang baik bahwa gejala-gejala ini disebabkan oleh bakter-bakteri yang sama, dan suatu antibiotik oral mungkin sangat baik diperlukan untuk merawat infeksi ini bersama dengan obat-obat tetes antibiotik atau obat salep untuk mata. Akhirnya, dokter anda akan ingin meniadakan kemungkinan bahwa infeksi telah menyebar ke area-area dimana gejala-gejalanya mungkin masih belum nampak.

Baca Juga:  Menjaga Kestabilan Berat badan

Mata Merah Chlamydia

Mata merah yang disebabkan oleh infeksi dengan chlamydia adalah suatu bentuk yang tidak umum dari mata merah yang disebabkan bakteri di Amerika, namun adalah sangat umum di Afrika dan negara-negara Timur Tengah. Ia dapat menyebabkan mata merah pada dewasa-dewasa. Ia adalah penyebab mata merah pada remaja-raemaja dan dewasa-dewasa yang dapat ditularkan secara seksual. Mata merah Chlamydia secara khas dirawat dengan tetracycline (kecuali pada anak-anak dibawah umur 8 tahun, karena kemungkinan pelunturan warna gigi) atau erythromycin.

Kondisi-Kondisi noninfeksius Yang Menyebabkan Mata Merah, Gejala-Gejala Mata Merah Noninfeksius, Dan Cara Merawat Mereka

Mata Merah Karena Alergi

Gejala-gejala dan tanda-tanda mata merah karena alergi biasanya disertai oleh gatal yang hebat, keluar airmata, dan pembengkakan selaput-selaput mata. Penyebab-penyebab yang sering termasuk serbuk sari musiman, dander hewan, dan debu. Ia seringkali musiman dan disertai oleh gejala-gejala alergi khusus lain seperti bersin, hidung yang gatal, atau tenggorokan yang gatal. Handuk dingin dan lembab dipakaikan pada mata dan obat tetes mata decongestant over-the-counter dapat menyediakan keringanan/pembebasan. Dokter anda dapat meresepkan obat-obat yang lebih kuat jika obat-obat ini tidak memadai.

Mata Merah Karena Kimia

Mata merah karena kimia dapat berakibat ketika segala senyawa yang mengiritasi masuk ke mata-mata.

Pengganggu-pengganggu (irritants) yang menyerang yang umum adalah:

* pembersih-pembersih rumah tangga,
* spray-spray dari segala macam,
* asap,
* kabut campur asap, dan
* bahn-bahan pengotor industri.

Penyakit-Penyakit Yang Mendasarinya

Mata merah yang gigih (conjunctivitis) mungkin suatu tanda dari suatu penyakit yang mendasarinya dalam tubuh. Paling sering ini adalah penyakit-penyakit rheumatic, seperti rheumatoid arthritis dan systemic lupus erythematosus. Conjunctivitis juga terlihat pada penyakit Kawasaki (suatu penyakit yang jarang yang dihubungkan dengan demam pada bayi-bayi dan anak-anak yang muda) dan penyakit-penyakit peradangan usus tertentu seperti radang borok usus besar (ulcerative colitis) dan penyakit Crohn.

Subconjuctival hemorrhage

Kemerahan yang terang dari putih-putih mata dapat juga terjadi ketika pembuluh-pembuluh darah yang kecil sekali yang menutupi putih-putihnya mata pecah dari trauma atau perubahan-perubahan tekanan dalam kepala (contohnya, setelah tertawa atau muntah yang kuat, ketika menyelam dibawah air, atau bahkan membengkok dengan kepala dibawah). Kondisi ini disebut subconjunctival hemorrhage, dan ketika itu dapat nampak mengesankan, ia umumnya adalah tidak berbahaya. Ia menyebabkan suatu area lokal dari bagian putih mata (sclera) menjadi memerah dengan hebat. Ia tidak secara khas melibatkan bagian berwarna dari mata (iris) dan tidak mepengaruhi penglihatan.

Mencegah Penyebaran Mata Merah

Bentuk-bentuk mata merah yang infeksius (menular) adalah sangat menular dan disebarkan melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Jika anda atau anak anda mempunyai mata merah yang infeksius, hindari menyentuh area-area mata dan cuci tangan-tangan anda seringkali, terutama setelah memakai obat-obat pada area mata. Jangan pernah berbagi handuk-handuk atau saputangan-saputangan, dan buang tissue-tissue setelah setiap penggunaan.

sumber

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. Shuk

    Nak Tanya, mata saya sudah lama merah tetapi tidak menyakitkan, tak gatal dan tak juga berair. Apa masalahnya dan apa rawatan atau pencegahan yang dicadangkan untuk saya lakukan?

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat malam,
      boleh saya bertanya : usia bapak berapa? perkerjaanya apa pak? sudah berapa lama keluhan ini dirasakan? apakah ada gangguan penglihatan?
      mohon konfirmasinya agar saya dapat memberikan solusi yang lebih tepat
      terimakasih

  2. Nanie Kuraesyin

    Dok.
    Sy mau tanya : mata sy sebelah kiri merah sekali, tp ga sakit, dan ga gatel pula, tiba2 aja merah nya dari jam 9 td pagi, umur sy 60 th.
    Apa yah Dok. Obat nya? U. Sementara sy mau beli di Apotik dulu, trima ksh

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat malam ibu,
      mohon maaf sekali ibu, disini kami para dokter tidak dapat memberikan resep obat tanpa pemeriksaan langsung sehingga bila ibu benar-benar terganggu silahkan lakukan pemeriksaan ke dokter yang terdekat agar terapi yang didapatkan lebih adekuat. mata merah sendiri masih banyak penyebabnya sehingga mohon maaf sekali, saya tidak bisa menegakkan diagnosis hanya dengan gejala yang ibu sampaikan. terimakasih

      semoga lekas sembuh
      salam

  3. Nurul Hasanah

    Assalamualaikum.
    Mau tanya dok, mata kiri saya rasanya perih.emerah sebagian.
    sebelumnya mata saya ada selaput putih dibagian bawah mata lalu saya diberi obat salep oleh dokter. Tp hampir seminggu belum sembuh. Tp sekarang malah jadi memerah sebagian dan perih. Apa solusinya dok ?

    1. dr. Eko B

      Selamat Pagi Nurul Hasanah
      Dari keluhan yang anda berikan, kemungkinan anda terkena conjuctivitis
      apakah ada kotoran mata/ lendir? apa warnanya?

      silakan kontrol kembali ke dokter yang memeriksa anda untuk diberikan obat yang sesuai
      Terima kasih

  4. Nirwansyah

    Assalamualaikum.
    Mau tanya dok, saya nirwan usia saya 23 tahun, mata saya memerah dok, ini sehabis saya melakukan ngurah suara ko mata saya apa karna saya tengkurup jadi aliran darah ga jalan ya .. ? ini mata saya ga gatal, ga juga perih cuma kaya ada darah ya di mata solusinya apa dok, biar normal lagi mata saya,,,, terima kasih

    1. dr. Eko B

      Selamat malam Nirwansyah
      Maaf, yang anda maksud ngurah suara itu kegiatan seperti apa?

      Bila ada perdarahan pada mata sebaiknya segera periksa ke Dokter atau Dokter Spesialis Mata terdekat
      Terima kasih

  5. Viana

    Selamat siang Dok…

    Saya memiliki seorang balita yang berusia 3,5 tahun.Sudah kurang lebih 4 hari belakangan ini,matanya yg sebelah kiri berwarna merah,tetapi tidak berair juga tidak keluar belek Dok,hanya berwarna merah saja,itupun hanya disebelah kiri.Tapi,setiap saya tanya apakah matanya terasa sakit,anak saya selalu menjawab tidak sakit.Tetapi,saya coba bawa ke bidan,bidan tsb bilang anak saya sakit mata,lalu anak saya diberi obat minum juga salep Gentamicin 0,3.
    Tapi sudah 3 hari obat jg salep tsb diminum dan dipakai,tidak ada perubahan Dok.
    Mohon bantuan jg solusinya Dok.
    Terima kasih

    1. dr. Eko B

      Selamat malam Viana
      Dari keluhan yang anda kemukakan, kemungkinana ada penyebab lain yang menyebabkan mata anak ibu merah, misalnya alergi
      apakah anak ibu banyak terpapar debu?
      apakah mata merah terjadi setiap waktu? atau ada pemicu nya?

      silakan periksakan ke Dokter terdekat untuk pemeriksaan langsung dan obat yang tepat
      terima kasih

  6. Eka

    Dok saya mau tanya mata saya yang sebelah kanan tiba tiba merah, pertama ndak ada rasa sakit,perih atau keluar kotoran. Tapi lama kelamaan kok terasa gatal dan kadang terasa panas rasanya seperti ada kotoran yang masuk dimata. sudah saya obati tapi belum juga sembuh. Kira kira itu kenapa ya, umur saya 23th

    1. dr. Eko B

      Selamat malam Eka
      Dari keluhan yang anda kemukakan , dapat disebabakna karena dry eye syndrome ataupun karena blepharitis (infeksi seperti ketombe pada kulit kelopak mata disekitar bulu mata)
      Silakan periksa ke Dokter Umum atau Dokter Spesialis Mata terdekat
      Terima kasih

  7. Wicy Wicy

    Pagi dok. saya mo tanya, mata saya yg sebelah kiri merah.. sudah dari jumat kemaren merahnya keliatan . Awalnya ga semerah ini hanya seperti bintik kecil gitu.. lama” menjalar ksemua bagian yg putih. Seperti urat mata saya kelihatan dan berwarna merah. Mata saya ga sakit, melihatpun masih normal, cuman berair dan kemarin dulu sempat mengecil yg sebelah tapi sekarang ukuran ya udh kembali normal hanya saja tetap merah dan berair. waktu awal” merah sempat terasa gatal dan seperti ada yg ngeganjel juga , saya kadang ga sadar langsung kucek mata saya. Akhir” ini gatalnya berkurang . Kalau bangun pagi kadang d samping mata ada kotoran, mungkin dari cairan mata yg kering. Saya hanya pakai obat tetes mata selama ini. Tapi tidak ada perubahan. Umur saya 18 . Kira” ini masuk gejala apa yaa dok. Apa berbahaya. Tolong solusinya. Terimakasih

    1. dr. Eko B

      Selamat siang Wicy
      keluha yang anda alami dadpat disebabakan karena infeksi bakteri pada mata yang disebut conjunctivitis bacterial
      bila tidak kunjung sembuh sebaiknya periksa ke dokter terdekat karena diperlukan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut
      terima kasih

  8. Lusia supranti

    Selamat malam dok,saya mau tanya anak saya umur 6th awalnya matanya merah sebelah kiri tapi tidak mengeluh sakit,bersamaan dgn mata merah jg muncul bisul di hidung dan tangan selang waktu 2 minggu bisulnya sembuh tpi mata merahnya tetap dan mlh melebar dan terasa sangat gatal karena semakin merah saya bawa berobat ke dr umum di berilah tetes mata chlorampenicol stelah pemakaian 2 hri tdk ada perbaikan justru semakin merah dan pedih bahkan yg sebelah kanan ikut merah setelah itu saya bawa berobat ke dr spesialis mata dijelaskan bahwa mata mengalami infeksi dan di beri 2 macam tetes mata c.tobroson dan c.protagentA stelah pemakaian 3 hari sembuh tpi selang 2 hari kambuh lagi akhirnya saya ulang lgi pemakaian obat tpi lgi2 kambuh pemakaian obat krnglbih sdh 10 hri pokoknya masing2 hbis 1 strip. Saya bingung ini dok kira2 sakit apa ya anak saya dan langkah apa yg hrus saya tempuh? Apa dari cirinya ada kemungkinan alergi? Trimakasih,mohon penjelasannya

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi ibu,
      infeksi pada mata bisa disebabkan berbagai macam hal : infeksi bakteri, alergi maupun virus. apakah ada keluar kotoran mata? warnanya apa? cair atau kental/lengket??
      mohon konfirmasinya.
      terimakasih

  9. Intan Puspita

    Selamat siang dok saya Intan usia 29thn..saya punya anak usia 6thn yg seringkali matanya tiba2 merah pd saat bangun tdr.sdh saya periksakan kedkter mata 2x dan hasilnya sama kalau anak saya alergi oleh debu,sinar matahari,dll.diksh salep jg sm dkter matanya.setelah dr dkter mata memang mata anak saya sembuh tapi makin kesini suka merah lg tiba2 dan itu terjadi pd saat bangun tdr.matanya lengket dan kotorannya berwarna hijau..saya suka kompres dengan air dingin dan saya ksh salep,setelah itu membaik tp nanti ketika dia bangun tidur lg,matanya kembali merah.gimana ya dok cara mengobati dan merawatnya krna mata anak saya merah baru2 ini.sebelumnya tdk pernah merah sperti ini.mohon balasannya dok..

    Trm ksh

    1. dr. Eko B

      Selamat siang Intan
      bila didapatkan kotoran mata berwaran hijau berarti terjadi infeksi oleh bakteri, sebaiknya anak anda control kembali ke Dokter yang merawat untuk diperiksa dan diberikan obat mata yang tepat
      sebaiknya anak randa tidak mengucek mata dan rajin mencuci tangan untuk mencegah penularan
      maaf kami tidak dapat memeberikan obat secara online
      Terima kasih

  10. Faris Rifqi

    Dok saya mw tanya ? Mata saya sehabis bangun tidur suka merah sebelah dok entah kiri atau kanan , merahnya pun tidak sepenuhnya dok seperti garis tapi agak besar dikit trs kalau siang suka gatal dok , mohon di jawab y dok mksh

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi,
      apakah ada kotoran mata yang keluar? warna apa? apakah kental atau encer? apakah ada batuk pilek sebelumnya? apakah anda memiliki riwayat alergi? apakah ada keluhan pandangan menjadi kabur?
      mohon konfirmasinya
      terimakasih

  11. Dr. Yulia Evita

    selamat pagi,
    apakah ada kotoran mata yang keluar? warna apa? apakah kental atau encer? apakah ada batuk pilek sebelumnya? apakah anda memiliki riwayat alergi? apakah ada keluhan pandangan menjadi kabur?
    mohon konfirmasinya
    terimakasih

  12. Pingback: Penyakit Gatal Merah – Kumpulan Asuhan Keperawatan

  13. weliya

    Selmt mlm dok
    Adk saya sktar umur 8 thn terkena pnyakt mata merah stelah bgun tdr pagy saya skeluarga syok dgn keadaan adk saya it padahl se mlm mata.a msh baik” saja
    Cra mengobti.a bgmn dok? Krna dy sudah 2 mggu tdk msk skolah. Tkt trtingal pelajaran dan apakah ada hub.a dgn btuk” yg adk saya alami? Dan menular tdk untk yg lain soal.a saya jg puya adk bru brumur 4 bulan

    Thks u/ respon.Y

    1. Dokter Eko B

      Selamat siang Weliya
      Apakah mata merah yang dialami ada kotoran mata kekuningan (belek) nya?
      bila ya, dapat disebabkan karena conjunctivitis bacterial
      tetapi bila tidak, perlu diperiksa apakah ada alergi
      kelainan mata merah tidak berhubungan dengan batuk yang dialami

      sejak kapan adik anda mengalami batuk? apakah disertai demam tinggi?
      bila lebih dari 2 minggu perlu diperiksa apakah ada gejala TBC

      silakan periksa ke DOkter terdekat
      maaf kami tidak meresepkan obat secara online
      terima kasih
      Sebaiknya periksa ke Dokter

  14. Pingback: Penyakit Hidung Merah – Kumpulan Asuhan Keperawatan

  15. Annisa Rhadit

    Dok,saya mau tanya…
    Anak saya umur 11 bulan mata yang sebelah kanannya merah,tapi merahnya tidak penuh hanya setengah. Tidak gatal ataupun bengkak Dok…
    Itu gejala apa ya Dok,apa itu bisa sembuh dengan sendirinya….
    Terima kasih..

  16. asya

    selamat siang dok

    dokter, mata saya kadang tiba2 merah sebelah kiri dan terasa sedikit gatal, terus stelah beberapa jam sembuh dengan sendirinya.. Ituh kenapa yahh dok dan kira2 bahaya atau tidak ?

  17. Nandyasophia

    Slmt malam dok, saya ingin bertanya. Sblmnya umur saya 15thn. Mata saya setiap bangun tidur itu suka merah, tapi merahnya hanya sebagian saja. Ga gatal,ataupun mengeluarkan cairan. Dan akhir2 ini mata saya yg sebelah kanan itu suka tiba2 merah, tapi haya setengah saja tidak semuanya. Dan juga gapernah gatal/ mengeluarkan kotoran. Juga ga ngaruh kepandangan saya. Saat sudah di beri obat tetes mata, mata saya lgsun merah bgt. Tapi setelah beberapa lama, balik putih lagi. Tapi tanpa obat tetes mata pun setelah beberapa jam/ 1harian,mata saya kmbali normal. Itu kenapa ya dok? Mohon jawabannya dok. Trimakasih

Leave a Comment

Isi Angka Dibawah Untuk Menghindari Spam *