Penyebab Masalah Keburuan Pada Pria

DokterSehat.Com – Masalah kesuburan merupakan suatu hal yang sangat mengganggu bahkan bisa mengancam keutuhan suatu rumah tangga. Salah satu pasangan mengalami masalah kesuburan atau infertilitas, keinginan untuk cepat hamil juga akan ikut tertunda hingga masalah kesuburan pria atau pun wanita teratasi dengan baik. Tapi, sebelum anda terkena masalah kesuburan, baiknya anda menghindari 7 kebiasaan buruk berikut yang menjadi penyebab infertilitas pria :

19

  • Berat badan yang berlebihan
    Seseorang yang memiliki berat badan berlebihan akan mempunyai banyak masalah terkait dengan kesehatan, tak terkecuali masalah kesuburan. Hal tersebut dipengaruhi oleh prubahan hormon yang menyebabkan adanya masalah kesuburan pria.
  • Radiasi ponsel
    Tanpa sadar, saat mengantongi ponsel di saku celana, radiasi dari ponsel juga akan mengenai organ reproduksi. Sehingga kebiasaan ini lama kelamaan akan menurunkan kualitas sperma.
  • Terlalu sering mandi dengan air panas
    Mandi dengan air panas saat badan sedang lelah memang membuat tubuh menjadi lebih rileks. Tapi jika air panas mengenai testis, produksi sperma menjadi tidak baik.
  • Celana yang terlalu ketat
    Untuk menghasilkan sel sperma yang berkualitas oke, testis membutuhkan sirkulasi udara yang cukup. Menggunakan celana ketat akan membuat daerah sekitar testis menjadi panas, akibatnya sel sperma yang dihasilkan memiliki kualitas yang tak terlalu baik.
  • Suntik steroid
    Suntik ini dilakukan oleh sebagian banyak pria agar tubuh mereka menjadi kekar dengan cara yang instan. Tanpa mereka sadari dan duga suntik steroid bisa memicu terjadinya masalah kesuburan pria.
  • Mengkonsumsi rokok
    Rokok adalah musuh terbesar bagi kesehatan. Karena tidak hanya masalah kesuburan saja yang ikut merasakan dampak rokok. Banyak organ vital yang nantinya akan rusak akibat paparan kandungan zat berbahaya pada rokok, termasuk organ reproduksi pria.
  • Mengkonsumsi obat-obatan terlarang
    Kandungan zat kimia yang terdapat pada obat-obatan terlarang seperti ganja, narkoba dan lain sebagainya menyebabkan penurunan jumlah dan kualitas sperma. Padahal, untuk dapat membuahi sel telur, hanya ada satu sperma yang memiliki kualitas terbaik dari berjuta-juta sperma yang dilepaskan pada saat ejakulasi. Belum tentu juga sekali ejakulasi terdapat satu sel sperma yang mampu membuahi sel telur.