Penyebab dan Ciri-Ciri Wanita yang Berpotensi Alami Kemandulan

kalkulator-hamil-doktersehat

DokterSehat.Com– Kemandulan atau disebut interfitilitas adalah kegagalan bagi pasangan suami istri dalam memiliki keturunan setelah berusaha selama satu tahun atau lebih. Hal ini merupakan suatu hal yang sangat ditakutkan oleh semua wanita, bahkan semua pasangan yang ingin memiliki keturunan. Kemandulan tidak hanya dialami oleh kaum wanita melainkan laki-laki pun juga bisa mengalaminya.

Berikut ini adalah ciri-ciri wanita yang  berpotensi mandulyang bisa diketahui sejak dini.

1. Kurangnya berat badan

Kurangnya berat badan bisa merusak hormon sehingga berpotensi membuat perempuan tidak subur.

2. Menstruasi berat

Menstruasi berat merupakan ciri-ciri hormon yang tidak seimbang yang bisa terjadi karena stres, cemas, khawatir, dan permasalahn koginitf lainnya. Kelebihan darah dalam masa menstruasi bagi wanita juga berpotensi menyebabkan kemandulan.

3. Menstruasi tidak teratur

Menstruasi tidak teratur juga merupakan bahwa wanita sedang mengalami hormon yang tidak seimbang. Periode yang tidak teratur, biasanya wanita bisa saja tidak mengalami menstruasi selama 1 bulan atau bahkan berbulan bulan. Hal ini merupakan tubuh seorang wanita tidak mengalami ovulasi atau meluruhnya sel sel telur ke dinding rahim.

4. Tidak mengalami menstruasi

Gejala menopause adalah fase di mana seorang wanita tidak mengalami menstruasi lagi dan ini biasa terjadi bagi wanita yang memasuki umur lansia. Namun, jika beranjak usia dewasa namun tidak mengalami menstruasi merupakan hal yang sangat harus diperhatikan dan harus diperiksakan ke dokter karena memungkinkan terdapat penyakit pada reproduksi wanita.

5. Menstruasi sangat sakit

Sakit yang dirasakan pada wanita ketika dalam periode menstruasi tidak bisa disebutkan dengan jelas apakah memang gejala mandul, karena itu adalah suatu gejala normal yang dirasakan oleh beberapa wanita ketika menstruasi. Namun, ada baiknya bila rasa sakit yang berkelanjutan tersebut diperiksakan ke dokter.

6. Banyak rambut pada tubuh

Memiliki rambut yang lebat sangat wajar jika di alami oleh para laki-laki. Namun, jika terjadi pada perempuan ini menunjukkan bahwa perempuan yang menghasilkan ormon eterogen juga menghasilkan hormon endrogen jika hormon endrogen pada perempuan sangat tinggi maka harus diperiksakan ke dokterRambut semakin rontok

7. Ketidakmampuan hamil saat menikah

Ketika pasangan suami istri yang sudah menjalani hubungan selama bertahun tahun namun  belum dikaruniai buah hati, lebih baik diperiksakan ke dokter untuk mengetahui hasil yang akurat apakah pihak perempuan atau laki-laki yang mengalami kemandulan.

Penyebab umum kemandulan:

  1. Kebiasan merokok pada wanita
  2. Penyumbatan saluran telur Ovum
  3. Adanya penyakit Kista
  4. Masalah Endometriosis
  5. Ketidakseimbangan Ph
  6. Melencengnya posisi mulut rahim
  7. Berat badan terlalu tinggi atau obesitas
  8. Terjadinya menopause
  9. Stress atau mental tertekan
  10. Usia yang bertambah

Cara mencegah kemandulan sejak dini:

  1. Menjaga kebersihan tubuh
  2. Menjaga kebersihan organ intim
  3. Melakukan pemeriksaan secara teratur
  4. Memperhatikan asupan makan
  5. Menjaga berat badan