Penyebab Kulit Wajah Keriput Sebelum Waktunya

DokterSehat.Com – Keriput pada wajah dapat membuat seseorang tidak percaya diri untuk tampil dimuka umum. Apalagi keriput yang muncul lebih cepat daripada umur yang dimiliki saat ini. Keriput atau guratan wajah menurut beberapa penelitian pada ras asia akan mulai muncul dan kelihatan diatas 40 tahun oleh karena beberapa faktor. Kolagen memegang peranan penting untuk menjaga kekencangan kulit. Pengobatan yang mahalpun dilakoni mulai dari operasi, herbal hingga penggunaan kosmetik dilakukan untuk mencegah kulit keriput. Namun banyak diantara mereka yang gagal melakukan pencegahan tersebut akibat tidak memahami penyebab kulit keriput. Padahal penyebab inilah yang seharusnya menjadi patokan metode pencegahan. Agar keriput tidak muncul di usia muda, berikut beberapa faktor yang mempercepat terjadinya keriput pada wajah yang dikutip dari beberapa riset ahli:

doktersehat-kulit-keriput-sinar-ultraviolet-kanker

  1. Menggunakan Produk Kosmetik Tidak Tepat
    Akhir – akhir ini produk kosmetik murah sangat menjamur dipasar Indonesia. Produk kosmetik dengan harga murah biasanya mengandung banyak kandungan berbahaya bagi kulit. Efek singkat yang diberikan mungkin terbukti ampuh, namun seringkali efek samping pemberhentian memakainya kulit kalian akan berubah seperti semula. Jika tetap menggunakannya dalam jangka waktu yg panjang, keriput ataupun bintik hitampun tidak akan bisa dihindari lagi. Setelah kulit wajah telah mati dan rusak ini akan menimbulkan keriput-keriput wajah.
  2. Keriput Muncul Jika Terlalu Banyak Terkena Sinar Matahari
    Sinar matahari diatas pukul sembilan pagi selain dapat membakar kulit juga dapat menjadikan kulit menjadi keriput. Hal tersebut diakibatkan kandungan sinar matahari yang dapat menimbulkan munculnya garis-garis halus. Garis halus itulah yang lama kelamaan akan bertambah menjadi lebih tajam sehingga terbentuklah keriput pada kulit.
  3. Kurang Minum Air Putih
    Siapa yang mengira bahwa kurang minum air putih dapat memicu munculnya keriput. Nyatanya, para ahli sudah membenarkan tentang pernyataan tersebut. Kekurangan konsumsi air dapat menimbulkan stress pada kulit. Stress kulit inilah yang kemudian membuat kulit berubah menjadi kusam dan keriput karena akan timbul radikal bebas di dalamnya. Untuk menghindarinya, upayakan minumlah air delapan gelas dalam sehari. Selain dapat mencegah keriput, meminum air dalam jumlah yang cukup juga dapat menjaga kesehatan tubuh.
  4. Kebiasaan Merokok
    Para perokok pasti mengalami kulit keriput pada usianya yang belum sewajarnya. Rokok membuat pembuluh darah menjadi menyempit yang menyebabkan kulit wajah tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup. Hal ini akan berdampak pada kerusakan zat-zat kolagen pada kulit.
  5. Kekurangan Vitamin dan Mineral
    Vitamin dan mineral adalah nutrisi utama pada kulit. Kekurangan vitamin dan mineral biasanya dialami oleh wanita yang menjalankan program diet yg salah. Vitamin dan mineral juga bermanfaat untuk regenerasi sel. Sel-sel baru yang terbentuk akan memiliki kualitas yang baik apabila mendapat asupan yang baik pula.
  6. Istirahat yang Cukup
    Setiap bagian tubuh kita harus diberi waktu istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup akan membuat metabolisme sel kulit akan menjadi lebih baik. Selain itu istirahat yang cukup juga dapat meregulasi hormon untuk dapat bekerja secara normal. Istirahat juga dapat mengurangi stress sehingga dapat menghambat produksi radikal bebas.