Penyebab Kulit Berminyak yang Wajib untuk Diketahui

penyebab-kulit-berjerawat-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Kulit berminyak merupakan salah satu jenis kulit yang rentan terserang sejumlah masalah kulit. Sebut saja komedo, jerawat hingga breakout yang cukup serius. Kulit yang berminyak sendiri rupanya disebabkan oleh produksi sebum yang berlebih sehingga lapisan minyak tersebut menyebabkan kotoran, debu dan sisa riasan menempel pada permukaan kulit. Bahkan kondisi tersebut juga kerap menyebabkan penyumbatan pori-pori.

Lebih lanjut, kulit berminyak ternyata juga kerap membuat Anda sering kecewa dengan daya tahan riasan. Pasalnya, riasan menjadi lebih mudah luntur pada jenis kulit berminyak. Kendati demikian, ternyata penyebab kulit berminyak cukup beragam. Tidak heran jika dengan mengetahui penyebabnya akan membantu Anda mengatasi kulit berminyak dengan tepat.

1. Hormonal

Dilansir dari laman Women’s Health Magz, salah satu penyebab mengapa kulit Anda memproduksi minyak berlebih adalah masalah hormonal. Terutama bagi kaum Hawa yang masih mengalami masa menstruasi. Saat menstruasi, hormon di dalam tubuh akan mengalami perubahan yang menyebabkan kelenjar minyak memproduksi sebum lebih banyak. Tidak hanya dialami oleh para wanita yang masih menjalani masa menstruasi, faktor satu ini juga terjadi pada wanita yang memasuki masa menstruasi.

2. Memiliki Kelenjar Minyak yang Lebih Besar

Selain masalah hormonal, kulit berminyak rupanya juga disebabkan oleh ukuran kelenjar minyak. Anda yang memiliki kelenjar minyak lebih besar dari pada ukuran pada umumnya akan berisiko memiliki kulit berminyak. Biasanya hal ini dijadikan patokan untuk menentukan jenis kulit seseorang.

3. Mengonsumsi Obat Tertentu

Tidak hanya dua hal di atas, bagi Anda yang sedang mengonsumsi jenis obat tertentu rupanya juga dapat merangsang produksi sebum lebih banyak. Biasanya hal tersebut terjadi pada Anda yang sedang mengonsumsi obat-obatan yang berhubungan dengan sistem hormonal. Contohnya saja seperti obat KB atau obat-obatan yang menjadikan kulit lebih kering sehingga secara otomatis kelenjar minyak akan memproduksi lebih banyak sebum.

Siapa yang menyangka ternyata kulit berminyak bisa disebabkan oleh beberapa hal. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengatasi masalah kulit satu ini dengan cara yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Anda dapat menggunakan sejumlah produk perawatan kulit khusus kulit berminyak. Bisa juga menggunakan bahan-bahan alami yang ampuh menyerap kelebihan sebum.