Penyebab Kram Kaki saat Hamil dan Cara Mudah Mencegahnya

doktersehat-kehamilan-hamil

DokterSehat.Com– Kram kaki merupakan salah satu gangguan yang sering dialami oleh ibu hamil. Kram kaki dapat terjadi di mana saja dan kapan saja, sehingga hal ini tentu mengganggu aktivitas ibu hamil.

Penyebab kram kaki saat hamil

Dilansir dari laman todayparents, penyebab utama dari kram kaki saat kehamilan ini belum diketahui secara pasti. Namun para ahli menduga hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:
1. Kelelahan
Saat rahim semakin besar, maka hal ini memberikan tekanan pada rahim dan titik saraf yang berhubungan dengan saraf pada kaki. Hal ini diduga dapat memicu munculnya kram pada saat kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga.

2. Kekurangan mineral
Penyebab lain dari kram kaki adalah ketidakseimbangan kadar mineral dalam darah seperti kalsiumm potasium dan magnesium yang rendah. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada sistem saraf otot tubuh.

Cara mengatasi kram kaki saat hamil

Beberapa cara untuk mengatasi kram saat hamil antara lain, saat kram terjadi, cobalah pijat betis dan meregangkan kaki Anda. Setelah itu angkat jari kaki Anda dan dorong tumit keluar.

Jika Anda kesulitan melakukannya seorang diri, maka minta bantuan orang lain untuk melakukannya. Hindari mengarahkan pijatan ke jari kaki karena hal ini dapat memperburuk kram.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba berdiri di lantai yang keras dan mengangkat jari kaki untuk meregangkan otot betis dan mengentikan kram.

Cara mencegah kram kaki saat hamil

Jika Anda sangat terganggu dengan kram kaki saat hamil, maka lakukan beberapa cara ini untuk mencegahnya:
1. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung magnesium.
2. Banyak minum air putih.
3. Hindari berdiri dan duduk terlalu lama
4. Lakukan olahraga atau peregangan ringan

Semoga tips ini dapat membantu ya Mom!