Keracunan Zat Besi pada Anak – Penyebab

DokterSehat.Com– Keracunan zat besi adalah kondisi yang terjadi ketika seseorang, biasanya anak-anak, menelan sejumlah besar pil yang mengandung zat besi, paling sering berupa vitamin. Hubungi dokter jika Anda atau orang di sekitar mengalami keracunan atau bawa pasien segera ke Unit Gawat Darurat (UGD).

doktersehat-anak-kecil-tersedak

Keracunan zat besi akut terutama melibatkan anak-anak yang berusia di bawah 6 tahun yang menelan vitamin pediatrik atau vitamin orang dewasa yang mengandung zat besi. Anak-anak ini mungkin tidak dapat atau tidak bersedia untuk memberitahu Anda apa dan berapa banyak yang ditelan.

Garam besi tersedia dalam beberapa bentuk (preparat). Misalnya, besi sulfat tersedia dalam bentuk tetes, sirup, eliksir, kapsul, dan tablet.

Penyebab Keracunan Zat Besi pada Anak

Preparat besi banyak digunakan dan dapat dibeli bebas tanpa resep dan mungkin terkandung dalam botol dengan atau tanpa larangan untuk anak-anak.

  • Jumlah zat besi yang akan menyebabkan keracunan tergantung pada ukuran anak. Seorang anak yang berusia 8 tahun mungkin tidak menunjukkan gejala dari suatu jumlah zat besi menyebabkan gejala yang serius untuk anak berusia 3 tahun. Gejala muncul pada dosis di atas 10 miligram per kilogram,  berdasarkan berat badan anak.
  • Zat besi tersedia dalam bentuk oral – bentuk yang dapat diminum
  • Seorang anak mungkin tidak menunjukkan gejala setelah mengonsumsi sejumlah pil yang dianggapnya seperti permen. Satu-satunya bukti yang menunjukkan kemungkinan mengonsumsi zat besi adalah botol vitamin yang terbuka. Jika Anda tahu, atau menduga, bahwa seorang anak telah mengonsumsi tablet yang mengandung zat besi, sebaiknya membawa anak ke dokter atau ke UGD
  • Pil zat besi, terutama tablet multivitamin anak-anak, dapat terlihat seperti permen bagi anak-anak
  • Overdosis yang disengaja dapat terjadi pada orang dewasa, tapi jarang
Keracunan Zat Besi pada Anak – 1 2 3