Perut Kembung Setelah Makan Daging, Waspadai Masalah Ini

perut_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/Beth Phillips

DokterSehat.Com– Meskipun memiliki rasa yang enak, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak mengonsumsi daging merah terlalu banyak. Selain itu, jika kita mulai merasakan sensasi tidak nyaman atau perut kembung setelah mengonsumsinya, ada baiknya kita mewaspadai adanya masalah pencernaan.

Dilansir dari Bustle, pakar kesehatan menyebutkan bahwa sensasi kembung setelah makan daging menandakan bahwa tubuh kita tidak mampu mencerna bahan makanan hewani ini dengan baik. Bahkan, jika setelah mengonsumsinya kita merasakan sensasi lelah pada tubuh, hal ini menandakan bahwa sistem pencernaan kita bekerja dengan sangat keras sehingga menguras cukup banyak energi tubuh.

Penyebab lain perut menjadi kembung setelah makan daging adalah karena kita terlalu banyak atau terlalu sering mengonsumsinya dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini membuat kita sebaiknya berhenti mengonsumsinya untuk sementara waktu.

Demi menghindari perut kembung setelah makan daging, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tak lagi sering mengonsumsinya. Selain itu, ada baiknya kita mulai memperbaiki kebiasaan makan kita. Sebagai contoh, jika kita tidak mengunyah daging hingga benar-benar halus, maka perut akan semakin kesulitan untuk mencernanya sehingga sebaiknya memang kita mulai mengunyahnya dengan lebih baik.

Saluran pencernaan lebih sulit mencerna daging dibandingkan dengan makanan lainnya, khususnya yang berupa produk-produk nabati. Selain itu, jika kita juga mengonsumsi daging dengan berlebihan, maka tingkat kesulitan perut untuk mencerna daging juga akan semakin meningkat.

Selalu pastikan untuk mengonsumsi makanan dengan kadar gizi yang seimbang, tepatnya dengan tidak melupakan asupan sayuran dan buah-buahan sehingga bisa membantu kesehatan dan fungsi dari sistem pencernaan tubuh.