Penyebab Kemandulan

Dokter Sehat – Infertilitas atau gangguan kesuburan selama ini hanya dipandang sebagai masalah kaum perempuan, padahal sekitar 50 persen penyebab kesulitan hamil ini juga disebabkan karena faktor pria. Karena itu sangat penting bagi kedua belah pihak untuk melakukan pemeriksaan, menentukan penyebab ketidaksuburan tidak selalu mudah, namun bila pihak wanita yang bermasalah, biasanya disebabkan karena gangguan pada saluran reproduksi. Sementara pada pria biasanya karena hitungan sperma yang rendah atau benih-benih itu lamban berenang.

18

Penyebab kemandulan pada pria :

1.Merokok
Tingginya kadar nikotin dalam tubuh akibat merokok dapat merusak sperma serta mengurangi jumlahnya.

2.Obesitas
Obesitas menyebabkan perubahan hormonal menjadi abnormal, hingga memicu timbulnya kemandulan.

3.Stress
Saat stres tubuh akan memproduksi kortisol, para ahli meyakini bahwa dalam kondisi stres tubuh tidak dapat memproduksi sperma dengan kualitas terbaik sehingga lebih berisiko mengalami kemandulan.

4.Laptop
Suhu tinggi pada laptop saat dipangku dapat menyebabkan testis menjadi panas, ini dapat berakibat buruk dan merusak kualitas sperma.

5.Steroid
Merupakan hormon sintetis yang digunakan untuk meningkatkan massa otot secara instan, selain dapat meningkatkan risiko terbentuknya tumor, penggunaan steroid juga dapat mengakibatkan kemandulan.

6.Berendam air panas
Berendam di air panas dapat meningkatkan suhu testis yang pada akhirnya dapat merusak sperma dan memicu kemandulan.

7.Radiasi ponsel
Kebiasaan menyelipkan ponsel di saku celana juga bisa mempengaruhi testis, Jika dilakukan terus-menerus, maka radiasi ponsel dapat memicu disfungsi ereksi dan ketidaksuburan pada pria.

8.Celana ketat
Pemakaian celana ketat membuat suhu di testis meningkat, dan berakibat jumlah produksi sperma menurun.

9.Konsumsi minuman beralkohol
Mengonsumsi minuman beralkohol dapat mengurangi produksi testosteron, yang akhirnya mengurangi jumlah sperma dan memicu kemandulan.