informasi kesehatan


Penyebab Kebotakan

Penyebab Kebotakan

            

DokterSehat.com – Siapa yang tak menginginkan rambut sehat, indah berkilau dan kulit kepala sehat. Untuk itu berbagai cara dilakukan, berbagai shampo digunakan, namun rambut tak kunjung berubah, tetap kusam, kering dan rontok.

Hati-hati dengan kerontokan yang terjadi pada rambut anda, karena bisa menyebabkan kebotakan. Jumlah normal dari kerontokan rambut adalah 50-100 helai perharinya.

Bila jumlah rontok lebih dari itu maka berpotensi menyebabkan kebotakan. Oleh karena itu segeralah memeriksakan gejala tersebut ke Dokter yang tepat agar kita dapat menghindari kebotakan. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita, namun fenomena ini banyak dialami oleh para pria. Kebotakan dimulai dari menyusutnya folikel rambut hingga helai menjadi lebih tipis dan lebih pendek. Akhirnya folikel hanya berupa miniatur dan tidak memiliki helai rambut.

Penelitian membuktikan bahwa 95% kebotakan merupakan faktor genetik. Ini artinya jika ada sepasang suami istri mengalami kebotakan, maka semua anak laki-laki dan setengah anak perempuan mereka akan mengalami kondisi serupa. Namun, kebotakan dapat melewati satu generasi dan memilih secara acak keturunan yang akan mengalami kebotakan.

Kecenderungan genetik yakni penyusutan garis rambut pada pria dan penyempitan kantung akar rambut pada perempuan adalah hasil dari perubahan hormon yang disebabkan oleh enzim dalam dermal papila yang disebut dengan 5-alpha-reductase. Enzim ini akan merubah hormon testosteron menjadi dihydrotestosteron (DHT). Follicles atau kantung rambut memiliki penerima androgen yang mengikat DHT. Untuk jangka waktu yang lama, kelebihan DHT ini akan menurunkan tahap rambut yang aktif dan mengacu pada penipisan rambut serta kerontokan rambut, sehingga menyebabkan kerontokan.

Penyebab kebotakan

  • Stres
    Kondisi ini bisa menimpa siapa saja, tekanan kerja ataupun masalah rumah tangga dapat memicu timbulnya stres. Jika tidak ditangani dengan segera, maka akan dapat memicu kerontokan rambut bahkan kebotakan. Hal ini dipicu karena adanya ketidak seimbangan hormonal dalam tubuh, terlebih hormon pertumbuhan dal;am tubuh, sehingga dapat menghalangi terjadinya regenerasi sel baru dalam folikel rambut. Terutama pada pria, hormon pria memiliki hormon androgen berlebih, misalnya tesosteron. Hormon ini jika pecah akan menjadi dihydrotestosteron (DHT), jika hormon DHT ini berlebihan maka akan memicu penipisan pada rambut dan menyebabkan kerontokan bahkan kebotakan.
  • Usia
    Bertambahnya usia juga membawa perubahan pada tubuh. Umumnya usia 50 tahun keatas, folikel rambut tidak lagi efektif hingga pertumbuhan rambut menjadi lebih lambat. Bedanya pada wanita, minyak yang ada dikulit kepala akan tetap diedarkan hingga keujung helai rambut sehingga bisa tetap tumbuh, sedangkan pada pria minyak ini justru menumpuk pada pangkal rambut hingga menutup pori kepala. Akibatnya rambut yang rontok tidak lagi bisa tumbuh karena terhalang.
  • Penyakit
    Penyakit seperti diabetes (kencing manis). lupus, kanker dan beberapa penyakit autoimune serta terapi radiasi atau kemoterapi, bisa menyebabkan kerontokan rambut sementara bahkan permanen.

  • Bahan Kimia
    Berbagai shampo yang beredar di pasaran banyak yang menawarkan untuk kesehatan dan keindahan rambut anda juga dapat menyebabkan sebaliknya yaitu kerontokan dan kebotakan, Jika shampo yang anda gunakan tidak sesuai atau terlalu keras untuk kulit kepala anda, menyebabkan rasa panas, gatal, ketombean, juga dapat memicu mempercepat kerusakan pada rambut anda, atau jika anda sering memakai produk shampo berganti-ganti jenis/merk, juga dapat memicu kerontokan atau bahkan kebotakan pada rambut anda. Perlu kita ketahui, pertumbuhan rambut hanya berkisar satu centimeter setiap bulan, dan butuh tiga bulan untuk mengetahui mulainya kerontokan rambut anda. Selain menggunakan zat kimia, anda juga bisa mengatasi masalah kerontokan rambut dengan bahan-bahan alami, yaitu dengan makanan yang sehat, suplemen yang dapat mencegah kerontokan pada rambut.

Oleh karena itu jaga kehidupan yang sehat dalam psikis dan fisik anda sehari-hari untuk mejaga mahkota rambut anda hingga tua.

(sumber majalah Global Network)

pf button both Penyebab Kebotakan


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>