Penyebab Kanker Usus Besar

Dokter Sehat – Penyakit kanker usus merupakan penyakit mematikan yang sampai saat ini jumlah penderitanya semakin meningkat, pada banyak kasus, biasanya penderita mengalami masalah kelainan pada pencernaan yang dianggap hanya kesalahan pada pemilihan makanan.



Penyebab kanker usus besar :

1. Polip
Faktor risiko terbesar yang membuat orang menderita kanker usus adalah polip kolorektal yang biasanya terlihat seperti bola yang mencuat dari dinding usus besar. Hal tersebut menyebabkan pendarahan pada dubur, walaupun biasanya tersembunyi pada kotoran. Polip memiliki peluang menjadi kanker sebesar 2,5 persen dalam lima tahun pertama dan memiliki kemungkinan menjadi kanker sebesar 20 persen setelah 20 tahun. Dengan ukuran yang besar, memberikan kemungkinan lebih besar polip menjadi kanker.

2. Alkohol
Penelitian telah menunjukkan bahwa alkohol meningkatkan risiko kanker kolorektal, jadi sebaiknya hindari minuman beralkohol atau makanan yang berisi kandungan alkohol.

3. Diabetes
Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Gastroenterology menemukan bahwa ketergantungan insulin berkontribusi terhadap perkembangan kanker usus besar. Secara umum, penderita diabetes 40% lebih mungkin mengembangkan kanker usus besar dibandingkan dengan orang yang tidak menderita diabetes.

4. Makanan
Makanan tinggi lemak dan kolesterol (terutama dari sumber hewan) dapat menyebabkan kanker usus besar. Makan-makanan rendah serat juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker usus.

5. Lingkungan
Penelitian telah menunjukkan bahwa lingkungan dapat memainkan peran besar dalam perkembangan kanker usus besar. Di mana Anda tinggal, siapa di sekitar Anda, apa pekerjaan Anda, dan bahkan ketika Anda bekerja semua dapat mempengaruhi risiko terkena kanker usus besar.

6. Genetika
Para peneliti memperkirakan bahwa sekitar 25% dari kasus kanker usus besar memiliki semacam kaitan genetic, contoh penyebab genetik yang paling umum dari kanker usus besar termasuk mutasi menuju FAP (familial adenomatosa poliposis) dan HNPCC (kanker kolorektal non-poliposis herediter).

Baca Juga:  Camilan Sehat Untuk Penderita Diabetes

7. Radang usus
Penyakit radang usus, sering ditandai dengan kondisi seperti ulcerative colitis dan penyakit Chron, yang dapat meningkatkan risiko mengembangkan kanker kolorektal. Secara umum, semakin lama seseorang memiliki penyakit radang usus, semakin besar kesempatannya terkena kanker kolorektal.

8. Kurang olahraga
Orang yang tidak aktif secara fisik kemungkinan lebih rentan terkena kanker usus besar. Sebuah studi menemukan bahwa meningkatnya berat badan dan penurunan aktivitas fisik berkaitan dengan peningkatan risiko kanker usus besar.