Penyebab Kanker Otak pada Anak-Anak

Doktersehat.com – Otak merupakan salah satu  organ tubuh terpenting  yang berfungsi mengatur segala aktivitas / gerakan tubuh manusia.  Ketika anda ingin melakukan berbagai macam aktivitas, otak akan bekerja dalam setiap aktivitas yang anda kerjakan. Dalam satu detik, ada ribuan hal yang terjadi dalam otak Anda (baik yang terjadi secara sadar maupun tidak sadar). Oleh karena itu, otak sangat penting untuk dijaga kesehatanya. Jika otak mengalami gangguan , maka fungsinya pun tidak akan berjalan dengan baik.

doktersehat-anak-kecil-tidur

Kanker otak merupakan penyakit yang menjadi kekhawatiran bagi setiap orang terlebih lagi bagi anak-anak. Penyakit kanker otak ini cukup membahayakan bagi si penderita. Sebenarnya penyebab kanker otak belum diketahui, tetapi ada banyak informasi yang dikumpulkan melalui berbagai studi tentang risiko kanker otak. Sehingga Anda dapat melakukan tindakan pencegahan untuk mengatasi kemungkinan terjadinya penyakit.

Tumor yang paling umum yang berkembang pada anak adalah tumor otak. Anak laki-laki sedikit lebih terpengaruh dibandingkan anak perempuan setiap tahunnya. Sejauh ini para ilmuwan masih mencoba mencari tahu penyebabnya melalui berbagai penelitian.

Berikut 5 kondisi yang berkaitan dengan penyebab kanker otak pada anak, seperti dilansir dari onlymyhealth, Kamis (28/6/2012) antara lain:

1. Kelainan gen

Beberapa kelainan pada gen dapat menyebabkan pertumbuhan sel tidak terkendali dan menyebabkan kanker. Penyusunan ulang kromosom juga menyebabkan kelainan gen.

2. Kondisi tertentu yang dipengaruhi genetik

Kondisi genetik tertentu seperti neurofibromatosis, sindrom tertentu dan retinoblastoma juga dapat menyebabkan penyakit kanker otak karena menimbulkan perubahan dalam gen atau kromosom. Kondisi genetik dapat diwariskan dari orang tuanya kepada anaknya.

3. Riwayat kanker otak dari orang tua

Ada risiko terhadap perkembangan tumor pada sistem saraf pusat anak yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit kanker otak.

4. Paparan bahan kimia

Beberapa bahan kimia dapat mengubah struktur gen yang melindungi tubuh dari penyakit dan kanker. Orang yang bekerja di penyulingan minyak dan laboratorium kimia dan nuklir, lebih berisiko terhadap penyakit kanker. Jika bukan dirinya yang terkena kanker, mungkin risiko dapat terjadi pada anaknya.

5. Terapi radiasi

Anak-anak yang mendapatkan terapi radiasi di kepala karena pengobatan penyakit tertentu, dapat meningkatkan risiko tumbuhnya tumor. Tumor di otak dapat menjadi masalah karena menyebabkan tekanan dan kerusakan pada daerah di sekitarnya dan berkembang menjadi kanker.