Penyebab Kambuhnya Asma

DokterSehat.com – Asma merupakan gangguan pernapasan yang mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan saat bernapas. Penderita biasanya mengalami napas yang pendek, batuk-batuk, dan terdengar bunyi mengi saat terjadi serangan asma.



Seseorang yang memiliki keluarga dengan riwayat asma berisiko tinggi mengalami gangguan pernapasan tersebut. Jika salah satu orangtua menderita asma maka kemungkinan besar anaknya akan menderita asma pula. Namun, asma bukanlah penyakit penular melainkan penyakit turunan.

Serangan asma bisa terjadi dengan menunjukkan gejala perlahan-lahan atau terjadi secara tiba-tiba. Agar asma tidak kambuh, penderita sebaiknya menghindari segala hal yang bisa memicu terjadinya asma, seperti beberapa faktor berikut ini:

Faktor Lingkungan
Lingkungan kotor yang dipenuhi asap dan debu menjadi awal mula dari timbulnya pnyakit asma. Asap rokok, asap kendaraan, dan debu merupakan faktor penyebab terjadinya penyakit asma. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat. Bersihkan rumah sesering mungkin agar debu tidak terhirup saat bernapas. Hindari pula benda-benda pencetus alergi seperti bantal atau kasur berbahan kapuk serta boneka berbulu halus yang dapat menjadi tempat berkumpulnya debu.

Faktor Makanan
Asma juga bisa dicetuskan oleh beberapa makanan seperti junk food yang tinggi kadar MSG dan pengawetnya, minuman dingin atau es, coklat dan kacang yang mengandung alergen.

Udara Dingin
Cuaca yang dingin juga bisa memicu kambuhnya asma. Kondisi asma bisa memburuk bila berada pada di ruangan dingin atau di daerah pegunungan yang bersuhu dingin.

Faktor Emosional

Kekacauan emosi yang disebabkan masalah tertentu bisa mengakibatkan kambuhnya asma. Adanya perasaan tidak menyenangkan membuat beban pikiran dan tekanan mental yang akhirnya berimbas pada saluran pernapasan seseorang.

Flu

Tubuh yang terserang flu akan menghasilkan banyak lendir di sekitar saluran pernapasan. Kondisi ini dapat memicu terhambatnya saluran pernapasan, akibatnya penderita akan mengalami sesak napas.

Baca Juga:  Pentingnya Deteksi Dini Penyakit Liver

Untuk mencegah kambuhnya asma diharapkan setiap penderita mengetahui hal-hal apa saja yang dapat memicu terjadinya asma. Mulai dari makanan, kondisi kesehatan, sampai benda-benda pencetus asma wajib diketahui penderita.

Serangan asma mungkin kambuh setelah mengunjungi keluarga yang memelihara anjing, atau setelah berkunjung ke pantai, atau setelah mengkonsumsi makanan tertentu.

Dari berbagai sumber