Penyebab Kaki Pecah Dan Cara Mengatasinya

DokterSehat.Com – Tumit pecah-pecah atau retak adalah masalah umum yang bisa merusak kepercayaan diri bahkan bisa sangat menyakitkan. Kondisi ini pada umumnya bisa terjadi karena kurang perawatan, tetapi juga bisa akibat kering atau terpapar bahan tertentu. Secara medis, tumit pecah-pecah juga dikenal dengan celah tumit akibat kapalan. Kapalan ini lama kelamaan karena tekanan berat tubuh akan meluas kesamping, menjadi kering dan menyebabkan tumit menjadi pecah-pecah. Hal ini akan mempengaruhi permukaan kulit yang terdiri dari epidermis, dan terkadang bisa menembus jauh kedalam dermis dan menyebabkan rasa sakit. Bukan hanya karena sebab diatas, tumit kering dan retak-retak juga bisa dikarenakan tubuh kekurangan vitamin, mineral (seng dan zat besi), dan asam lemak omega 3.

13

Penyebab kaki pecah-pecah bisa karena berbagai faktor, sayangnya penderita biasanya mengabaikan kondisi ini. Padahal kulit telapak kaki yang mengalami pecah-pecah bisa saja berujung infeksi penyakit. Faktor penyebab ini diantaranya menderita eksim, kekeringan kulit akibat sedikit keringat yang keluar di bagian telapak kaki, tingkat metabolisme tubuh yang rendah, menderita diabetes yang berdampak pada sedikitnya keringat yang keluar dan keluhan kekeringan kulit lainnya. Selain itu, bila anda sering mengenakan sepatu dengan desain tumit terbuka sehingga lemak di bagian bawah tumit tertekan dan menjalar ke bagian samping. Sehingga tekanan yang tinggi ini akan memunculkan keretakan kulit tumit lebih mudah. Sehingga permukaan tumit bisa menebal dan terlihat berwarna kuning sampai gelap, serta terdapat celah yang besar dan terlihat jelas.

Penyebab kaki pecah-pecah sangat baik anda kenali, sehingga bisa melakukan pencegahan terbaik dari kondisi telapak kaki pecah-pecah. Terkadang penderita kesal dengan munculnya kondisi tersebut, pemakaian silet sering digunakan untuk menghilangkan bagian kulit yang sudah menebal. Cara ini sangat buruk dan berbahaya, karena infeksi bisa saja terjadi dari pemakaian silet. Saat menjelang tidur adalah waktu terbaik untuk melakukan perawatan pada kaki yang mengalami pecah-pecah. Rendam kaki di dalam air hangat sekitar 10 menit, kemudian bersihkan telapak kaki yang terdapat pecah-pecah. Supaya sel kulit yang telah mati bisa dibuang dengan baik dan sehat. Keringkan kaki anda dengan handuk kering dan bersih. Kemudian terapkan krim khusus untuk pengobatan kulit pecah-pecah. Gunakan kaos kaki berbahan lycra atau wool yang lembut, supaya nutrisi yang terkandung di dalam krim bisa bekerja lebih optimal.

Penyebab kaki pecah bisa anda hindari dengan cara selalu menggunakan sepatu yang ukurannya pas, tidak kesempitan, terbuka dan menerapkan sol tipis. Karena cara pemilihan sepatu yang salah bisa berdampak pada kondisi pecah-pecah atau retak di telapak kaki anda. Hindari pemakaian sepatu hak tinggi jika berat badan anda tidak ideal. Jika alas sepatu terlalu keras sebaiknya gunakan bantalan yang lembut untuk menghindari luka pada tumit dan bagian telapak kaki lainnya. Untuk melengkapi informasi tentang hal ini silahkan mencari refferensi lain atau konsultasikan tentang hal ini dengan dokter kulit Anda atau konsultan kecantikan Anda.