Penyebab Insomnia Yang Harus Diwaspadai

DokterSehat.Com – Salah satu kunci mendapatkan kesehatan tubuh adalah dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas setiap harinya. Sayangnya, ada beberapa orang yang kesulitan untuk segera tertidur meskipun sudah berusaha membuat kamarnya terasa sangat nyaman untuk tidur. Beberapa orang menyebutkan jika stress menjadi penyebab utama masalah insomnia bagi beberapa orang. Namun, tahukah anda, ada beberapa penyebab masalah kurang tidur yang tentu saja harus kita waspadai. Apa sajakah penyebab insomnia tersebut?

doktersehat-pasangan-tidur-couple-seks

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, kesehatan psikologis memiliki peran besar dalam menyebabkan masalah insomnia bagi banyak orang. Jika kita memiliki emosi yang tidak stabil, maka kecenderungan kita untuk tertidur dengan pulas pun mengecil. Selain harus lebih pandai dalam mengendalikan stress, pakar kesehatan menyarankan kita untuk setidaknya banyak melakukan pembicaraan kepada teman atau keluarga tentang berbagai masalah atau kecemasan sehingga kita pun bisa mendapatkan waktu tidur yang lebih baik dan lebih sehat.

Pakar kesehatan menyebutkan jika insomnia ternyata bisa disebabkan oleh adanya rasa nyeri kronis yang akan membuat kualitas tidur terganggu. Beberapa jenis nyeri kronis yang bisa menyebabkan masalah insomnia adalah asam refluks pada lambung dan kerongkongan, sakit pada punggung, atau rasa nyeri pada bagian tubuh lainnya. Yang menjadi masalah adalah, kurang tidur justru akan memperparah masalah ini.

Pola makan yang tidak sehat ternyata juga bisa menjadi penyebab insomnia yang tentu harus kita waspadai. Sebagai contoh, beberapa orang penggemar minuman berkafein akan mengkonsumsi minuman ini sebelum tidur. Sayangnya, kandungan kafein berlebihan ternyata bisa membuat dada terasa panas dan mata pun akan tetap terbuka hingga larut malam. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk berhenti meminum kopi beberapa jam sebelum tidur agar bisa mengantuk dan segera tidur pulas.

Baca Juga:  Apa itu HIV / AIDS

Beberapa jenis penyakit layaknya masalah pada saraf, hingga alergi ternyata memiliki peran besar semakin sulitnya mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Satu hal yang pasti, alergi dan juga masalah saraf tentu harus mendapatkan penanganan medis yang tepat.