informasi kesehatan


Penyebab Infeksi Ginjal

Penyebab Infeksi Ginjal

            

Doktersehat.com-  Ginjal merupakan organ penting yang ada di dalam tubuh berjumlah 2 buah dengan fungsi utama sebagai penyaring atau pencuci darah dan melaksanakan fungsi ekskresi (pembuang zat-zat yang tidak berguna).

Ginjal menjaga keseimbangan air serta keasaman darah dan juga elektrolit. Selain itu ginjal juga menghasilkan berbagai hormon antara lain erithropoitin yang berperan untuk pembentukan sel darah merah.

Mengingat peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia, kita harus selalu menjaga ginjal kita dalam keadaan sehat.

Secara umum kerusakan yang terjadi pada ginjal merupakan dampak dari penyakit lain antara lain penyakit kencing manis (diabetes), hipertensi, penyakit asam urat tinggi, penyakit autoimun seperti penyakit Lupus.

Penyakit yang terjadi pada ginjal yang bisa berlanjut menjadi kronis adalah infeksi saluran kencing, batu ginjal atau polikistik ginjal serta sumbatan pada saluran ginjal.

Saat ini diabetes (DM) mendominasi penyebab gagal ginjal kronis yang menjalani cuci darah (hemodialisa). Penyakit hipertensi karena tekanan darah tidak terkontrol makin lama juga akan merusak ginjal, mulai dari kebocoran ginjal sampai gagal ginjal kronis sehingga pasien tersebut harus menjalani cuci darah.

Peningkatan kadar asam urat yang berkepanjangan juga akan menyebabkan terbentuknya batu ginjal dan jika berlanjut akan terjadi infeksi berulang pada ginjal dan akhirnya bisa juga menyebabkan gagal ginjal kronis.

Selain itu, hal lain yang bisa menyebabkan gangguan fungsi ginjal adalah obat-obatan. Penggunaan obat penghilang rasa sakit yang berkepanjangan dan tanpa konsultasi dokter juga bisa menyebabkan kerusakan ginjal.

Infeksi ginjal umumnya terjadi ketika bakteri masuk ke saluran urin melalui uretra dan melipatgandakan diri. Bakteri dari infeksi bagian tubuh manapun dapat menyebar melalui pembuluh darah menuju ginjal. Infeksi ginjal tidak umum terjadi dengan cara ini, tetapi dapat terjadi pada beberapa keadaan –sebagai contoh adalah ketika bagian tubuh lain seperti sendi atau katup jantung mengalami infeksi. Infeksi ginjal juga dapat terjadi setelah operasi ginjal meskipun jarang terjadi.

Faktor risiko


Faktor risiko yang dapat meningkatkan infeksi ginjal antara lain:
•    Wanita memiliki risiko besar mengalami infeksi ginjal dari pada laki-laki. Ini dikarenakan wanita memiliki uretra lebih pendek daripada laki-laki sehingga bakteri mudah mencapai ginjal.
•    Penyumbatan pada saluran urin.
•    Sistem imun yang lemah.
•    Kerusakan syaraf disekitar kandung kemih.
•    Penggunaan kateter dalam jangka waktu lama.
•    Kondisi yang menyebabkan urin mengalir ke arah yang salah (mengalir dari kandung kemih kembali ke ureter dan ginjal).

Bagaimana mencegah penyakit gagal ginjal?

Pasien dengan DM, gula darahnya harus selalu terkontrol, pasien dengan hipertensi tekanan darahnya juga harus selalu terkontrol. Pasien dengan asam urat tinggi, asam uratnya harus diturunkan sampai normal. Pada pasien yang sudah diketahui menderita penyakit autoimun seperti Lupus, penyakit Lupus harus remisi (sembuh).

Saat ini di tengah masyarakat banyak berbagai alternatif pengobatan selain pengobatan modern yang mengklaim bisa menyembuhkan penyakit kencing manis atau hipertensi sehingga menjadi sembuh total. Jelas klaim ini tidak benar, karena penyakit kencing manis dan hipertensi hanya dapat dikatakan terkontrol baik dengan obat atau tanpa obat.

Oleh karena itu apapun pengobatan yang diberikan, kadar gula darah atau tekanan darah harus selalu dicek rutin. Karena jika hal ini tidak diperhatikan akan menyebabkan terjadinya komplikasi gagal ginjal kronis sehingga perlu cuci darah atau bahkan cangkok (transplantasi) ginjal.

Agar terhindar dari penyakit ginjal, ada beberapa tips penting, yaitu:

  1. Pemeriksaan urin lengkap dan ureum kreatinin pada pasien dengan penyakit kronis seperti kencing manis, hipertensi dan asam urat tinggi serta penyakit aoutoimun seperti penyakit Lupus Eritematosus.
  2. Tidak mengonsumsi obat-obatan secara rutin tanpa petunjuk dokter.
  3. Minum yang cukup 8-10 gelas per hari dalam kondisi normal.
  4. Tidak menahan buang air kecil dalam waktu lama.
  5. Jangan menghiraukan berbagai gangguan yang kemungkinan berhubungan dengan gangguan ginjal dengan segera berobat kedokter.
  6. Kenali gangguan kesehatan yang berhubungan dengan ginjal misal buang air kecil sakit, buang air kecil sering, buang air kecil tidak lampias, buang air kecil merah atau seperti cucian daging atau pinggang sakit.

sumber:detikhelath.com&penyakitginjal.org

pf button both Penyebab Infeksi Ginjal


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

6 Responses to “Penyebab Infeksi Ginjal”

  1. PEMBRANTAS KUTU RAMBUT says:

    Terimakasih, atas infonya,…ada tambahan nich…kalau ada yang terkena penyakit diabetes bisa mengkonsumsi daun DANDANG GENDIS, jenis dan gambaran daunnya bisa dilihat di internet, jika ada yang terkena kencing batu atau batu ginjal bisa banyak2 mengkonsumsi daun keji beling dan kumis kucing plus daun sirih dan kunyit di godok jadi satu, cari daun keji beling bisa di toko2 bahan obat2an di toko2 pasar besar.thnks…semoga bermanfaat.

    Like or Dislike: Thumb up 3 Thumb down 1

  2. PEMBRANTAS KUTU RAMBUT says:

    ok manfaat banget, salam dari TUMBONAN OBAT PEBRANTAS KUTU RAMBUT TANPA DI BILAS…CUKUP SEMPROT…SISIR…SELESAI…!!,cara order klik tumbonan di google yaaa.!..makasih…mohon maaf numpang lewat..CS:083834111601,085234971101

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. info lagi : Untuk yg menderita penyakit gula darah atau diabetes basah bisa menkonsumsi kecebong(anak katak yg masih belum keluar kakinya) di konsumsi 2cebong 3x sehari, InsyaAlloh dalam 3 hari luka basah akan mengering. Bagi Batu ginjal baiknya beli obat di apotik herbal cina OBAT GEMPUR BATU yg sudah terkenal manjur dan cepat keluar batunya.Selamat mencoba semoga lekas sembuh

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. Bella says:

    terima kasih atas semua infonya…
    saya cuman ingin tanya apa minuman keras yg dikonsumsi setiap hari dapat menyebabkan infeksi pada ginjal…????????

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat sore,

      Salam sehat,

      Tidak ada hubungan antara kejadian infeksi ginjal dengan meminum alkohol. Namun perlu diketahui meminum alkohol yang berlebihan tidak baik terhadap kesehatan ginjal, hati , jantung dan organ lainnya. Oleh karena itu sebaiknya hindarilah meminum minuman dengan kadar alkohol tinggi apalagi dalam jumlah yang banyak.

      Semoga bermanfaat

      Terima kasih

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. lucy aldigo latuconsina says:

    Terimakasih informasinya , semoga bermanfaat :)

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0