Infeksi Ginjal (Pyelonefritis) – Penyebab

Infeksi ginjal dan infeksi saluran kencing dapat disebabkan oleh bakteri yang menginvasi air seni, yang biasanya merupakan cairan tubuh steril. Bakteri paling sering mendapatkan akses ke urin melalui uretra, yang bisa terkena bakteri dari luar tubuh.

doktersehat-gagal-ginjal-akut-penyakit-Hidronefrosis-kanker

Sumber bakteri yang umum memasuki sistem kemih adalah vagina, anus, dan kulit. Karena uretra lebih pendek pada wanita, infeksi saluran kemih lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi orang terhadap infeksi saluran kemih.

Hubungan seksual dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih pada wanita. Infeksi ginjal dapat difasilitasi oleh pengenalan bakteri dari luar (vagina) ke sistem kencing melalui uretra.

Wanita hamil juga berisiko tinggi terkena infeksi saluran kemih. Hal ini mungkin disebabkan oleh transit urin yang lebih lambat dari ureter ke dalam kandung kemih karena tekanan yang meningkat pada ureter dari rahim yang membesar. Sekitar 10% wanita hamil dapat mengalami infeksi ginjal dan infeksi saluran kemih selama kehamilan mereka.

Batu ginjal merupakan faktor lain yang dapat meningkatkan kemungkinan infeksi saluran kemih. Batu dapat menyebabkan penyumbatan sebagian atau keseluruhan aliran urin dari ginjal dan ureter. Obstruksi ini dapat berperan sebagai fokus infeksi pada sistem saluran kemih, yang menyebabkan infeksi saluran kemih.

Kateter kandung kemih (kateter Foley) kadang dimasukkan ke dalam kandung kemih untuk membantu arus keluar urin dari kandung kemih. Kateter foley digunakan untuk berbagai kondisi, misalnya, kelumpuhan dengan kerusakan saraf pada kandung kemih menyebabkan akumulasi urin tanpa pengosongan yang cukup di kandung kemih, obstruksi kandung kemih dari pembesaran prostat, atau pasien yang tidak diobati atau dirawat di rumah sakit yang tidak dapat buang air kecil secara mandiri. Kateter ini dapat bertindak sebagai wahana bagi bakteri untuk mendapatkan akses ke urin di dalam kandung kemih yang menyebabkan infeksi saluran kencing.

Baca Juga:  Infeksi Ginjal (Pyelonefritis) - Penegakan Diagnosis

Pada anak-anak beberapa faktor risiko infeksi saluran kemih meliputi jenis kelamin perempuan, laki-laki yang tidak disunat, atau kelainan struktural pada sistem saluran kemih.

Bakteri yang paling umum menyebabkan infeksi saluran kemih atau infeksi ginjal adalah infeksi yang biasanya terlihat di vagina, saluran gastrointestinal, atau kulit. Sejauh ini, organisme yang paling umum menyebabkan infeksi saluran kemih adalah Escherichia coli (E. coli), bertanggung jawab atas 80% infeksi ginjal dan saluran kemih. Bakteri umum lainnya termasuk Klebsiella, Proteus, Pseudomonas, Enterococcus, dan Staphylococcus saprophyticus.