Penyebab Hidung Tersumbat

Doktersehat.com – Berada dalam ruangan yang ber- AC terkadang membuat hidung tersumbat. Akibatnya, napas terasa berat dan sesak. Gangguan ini tentu saja dapat berdampak pada aktivitas Anda.



Prof. Dr. dr Purwantyastuti M. SC.SpFK menjelaskan bahwa hidung tersumbat yang tidak disertai dengan demam ataupun rasa nyeri kemungkinan besar disebabkan alergi.

Namun, bisa jadi sumbatan pada hidung disebabkan radang sinusitis bila sumbatan disertai dengan keluarnya cairan terutama jika sedang menunduk.

Antibiotik belum diperlukan selama gangguan ini tidak menunjukkan tanda-tanda adanya infeksi, seperti nyeri, demam, dan kotoran hidung yang kental kehijauan.

Melakukan cek terhadap paru-paru pun belum diperlukan karena gangguan yang Anda derita hanya terjadi pada satu lubang hidung saja.

Untuk mendeteksi adanya peradangan lakukan rontgen pada area sinus dan untuk mengurangi pembengkakan selaput lendir, gunakan obat tetes hidung sementara waktu. Bisa jadi sumbatan pada hidung terjadi akibat adanya pembengkakan.

Sumber: femina.co.id