informasi kesehatan


Penyebab Hidung Tersumbat

Penyebab Hidung Tersumbat

Doktersehat.com – Berada dalam ruangan yang ber- AC terkadang membuat hidung tersumbat. Akibatnya, napas terasa berat dan sesak. Gangguan ini tentu saja dapat berdampak pada aktivitas Anda.

Prof. Dr. dr Purwantyastuti M. SC.SpFK menjelaskan bahwa hidung tersumbat yang tidak disertai dengan demam ataupun rasa nyeri kemungkinan besar disebabkan alergi.

Namun, bisa jadi sumbatan pada hidung disebabkan radang sinusitis bila sumbatan disertai dengan keluarnya cairan terutama jika sedang menunduk.

Antibiotik belum diperlukan selama gangguan ini tidak menunjukkan tanda-tanda adanya infeksi, seperti nyeri, demam, dan kotoran hidung yang kental kehijauan.

Melakukan cek terhadap paru-paru pun belum diperlukan karena gangguan yang Anda derita hanya terjadi pada satu lubang hidung saja.

Untuk mendeteksi adanya peradangan lakukan rontgen pada area sinus dan untuk mengurangi pembengkakan selaput lendir, gunakan obat tetes hidung sementara waktu. Bisa jadi sumbatan pada hidung terjadi akibat adanya pembengkakan.

Sumber: femina.co.id

pf button both Penyebab Hidung Tersumbat
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

3 Responses to “Penyebab Hidung Tersumbat”

  1. ahmad says:

    cara mgatasi dgn secara alami bgaiman ya pak??

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat siang,
      Salam sehat,

      Pilek yang terjadi secara periodik (sering kambuh) kemungkinan besar dikarenakan oleh alergi. Perhatikan apa yang menjadi penyebabnya (dingin, debu,dll), hindarilah sedapat mungkin penyebab tersebut.

      Selain itu pada saat hidung tersumbat menghisap uap air putih baru matang dapat membantu mencairkannya sehingga pernafasan menjadi lebih lega. Makanlah banyak buah-buahan ber vit c untuk meningkatkan daya tahan tubuh, hidup sehat, rajin berolahraga agar badan tetap vit.
      Banyak meminum air putih ketika sedang batuk akan membantu mengencerkan dahak. Selain itu cairan jeruk nipis, madu setelah makan dapat juga membantu.

      Semoga bermanfaat
      Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. Tya says:

    Selamat siang dokter,
    Setiap saya mau tidur malem pasti hidung sya tersumbat. Apalagi klau pake kipas/AC
    Pdhal sya gak flu, gak sakit jg.
    Kadang gak pake kipas jg mampet.
    Knapa ya dok?
    Mohon pnjelasanya dok, terima kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0