Penyebab Haid Terlambat Hingga Berbulan-bulan

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Pertanyaan Konsultasi
Dok saya putri,saya terakhir datang bulan pada tgl 21 mei 2012. tetapi sampai sekarang saya belum juga haid kembali. akhir2 minggu ini saya uda ada tanda-tanda datang bulan seperti kram pada payudara dan pinggang yang sakit, itu kenapa ya dok? apakah itu normal atau tidak? terima kasih dokter

Pertanyaan Konsultasi
saya sering datang bulan tidak teratur, misalnya bulan juli saya haid,bulan agustus tidak terjadi haid,bulan septembernya baru haid lagi, gimana itu dok ? trus kalau orang yang haid 2 kali sebulan itu juga gimana ?
tolong di jelaskan ..

Pertanyaan Konsultasi
setelah menikah haid saya gak teratur.dalam 1 thn hanya 1x haid normal selebihnya minum obat dari dokter baru bisa haid. saya gak tau harus bagaimana? haid tidak teratur apakah menyebabkan susah mendapat keturunan?

Pertanyaan Konsultasi
saya sudah tidak haid 3 bulan, belum menikah, umur 21, terakhir haid 25 mei, dites 5 kali hasil negatif

Pertanyaan Konsultasi
Saya wanita berumur 21 tahun dan suami saya berumur 30 tahun. Saya sudah 2 tahun menikah tetapi belum dkaruniai anak. Siklus menstruasi saya tidak lancar, bisa 2 sampai 3 bulan sekali.yang ingin saya tanyakan bagaimana supaya siklus haid saya lancar dan meningkatkan kesuburan agar cepat hamil.terima kasih

Pertanyaan Konsultasi
apakah siklus menstruasi lebih dari 40 hr itu masih dianggap normal ? saya masih gadis dan belum menikah. makasih

Pertanyaan Konsultasi
tidak menstruasi sudah 3 bln, tp ga pk KB dan tidak hml juga, 3bln yang lalu dapat mens itu pun setelah 6 bln ga mens, kenapa ya dok ? jadi takut. terimakasih.

Pertanyaan Konsultasi:
saya umur 17 thn blom haid ????


Jawab

Banyak faktor yang menyebabkan haid terlambat, seperti :

  1. HAMIL
    haid terlambat merupakan gejala utama yang peling penting untuk hamil.  Akan tetapi disini akan menjadi penting apabila hanya pada wanita yang pernah melakukan hubungan intim (seperti suami istri) yang terjadi pembuahan (sel telur yang sudah dibuahi oleh sperma). Jadi apabila anda belum melakukan hub suami istri, kecil kemungkinan anda terlambat haid karena hamil. Untuk kepastiannya anda bisa mencoba melakukan test pack kehamilan. Hasil yang negatif pada test pack biasanya berarti anda tidak hamil. Untuk kepastiannya anda bisa melakukan test  beberapa hari berikutnya atau ke dokter terdekat untuk memastikan
  2. HORMON
    hormon juga penting untuk mengatur haid. Haid terlambat ini dapat terutama pada wanita yang usia dibawah 20 tahun kemungkinan haid terlambat lebih besar daripada diatas 20 tahun, hal ini dikarenakan hormonnya sedang berkembang, jadi datang haid nya bisa terlambat atau bisa juga lebih cepat.
  3. STRES
    stres juga dapat menganggu haid, bahkan bisa ada wanita yang sampai berbulan-bulan tidak dapat haid. Oleh karena itu coba atasi akar masalah stress anda terlebih dahulu maka haid anda akan normal kembali. Dengan semakin cemas anda tidak mendapatkan haid akan membuat anda lebih mengalami keterlambatan.
  4. DIET (naik-turunnya berat badan)
    perubahan kondisi tubuh dan penambahan atau pengurangan porsi  makanan juga dapat menganggu hormon yang mengakibatkan haid yang terlambat
  5. Konsumsi obat-obatan
    ada obat-obat tertentu yang dapat penganggu haid seperti alat kontrasepsi (pada umumnya) terutama kontrasepsi suntik. Haid anda akan

Dari faktor-faktor tersebut anda sudah dapat memilih penyebab mana yang terjadi dalam diri anda. Terima kasih atas pertanyaan-pertanyaannya…

salam kenal :)
Dr. Lita
Team DokterSehat

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. Dwi

    Malam dok, saya dwi. Umur saya 22th . Sudah 2 bulan ini saya belum haid . Terakhit haid tgl 7feb kmrn . Itu pun telat sekitar 2 mingguan . Saya belum pernah melakukan hubungan intim sampai penetrasi.

    1. Dokter Eko B

      Selamat malam Dwi, berapa hari siklus haid anda biasanya?
      silakan lebih dulu test dengan testpack kehamilan
      bila hasilnya negatif dapat disebabkan karena gangguan hormonal
      terima kasih

    2. Nadine

      Dok, saya usia 17thn blm haid selama bulan maret, biasanga haid tanggal 1 kadang telat smpe tgl 7 lah bulan maret ini saya blm haid sama sekali bulan apirl juga blm haid dok, terkadang badan saya panas dan mual saya blm pernah berhubungan intim sama sekali tolong bantu saya ya dok terimakasih

      1. Dr. Yulia Evita

        selamat malam bu,
        apakah dalam beberapa bulan ini anda mengalami stress atau sedang mengalami beban yang berat?
        bagaimana dengan pola makan anda selama ini apakah mengalami perubahan?
        bila terlambat sebulan masih bisa dianggap normal hanya saja bila keluhan berkelanjutan, ada baiknya memeriksakan diri kedokter terdekat
        terimakasih

    3. Devi Liesabeth

      Hallo Dok, saya mau tanya dok, saya sekarang ini berusia 23 tahun, pertama kali saya haid umur 14 tahun dok, dari pertama kali saya haid, siklus haid saya tidak teratur, bisa 3 bulan sekali, 6 bulan sekali, bahkan pernah 1 tahun lebih baru haid dok, dan sampai sekarang masih seperti itu , saya sudah cek ke dokter dan usg tidak ada kista dan mium.. tetapi saya belum cek hormon saya, kira2 ini kenapa ya dok ? sebelumnya terima kasih dok..

      1. Dr. Yulia Evita

        selamat pagi,
        pola menstruasi yang seperti itu tentulah tidak normal dan bila anda ingin mengetahui penyebabnya ada baiknya melakukan pemeriksaan hormonal
        terimakasih

  2. Dita Disti

    Pagi dok
    Usia saya 17 tahun dan belum datang bulan dari bln maret.. dlu2 siklusnya lancar.. semenjak saya resmi berusia 17 tahun pada bulan maret lalu siklusnya jd gk tratur.. saya juga merasakan perut sakit di bagian tengah sekitar pusar dan selalu demam turun naik terus, sering bersendawa, dan tidur gelisah.. selama ini saya blm pernah berhubungan badan.. itu kenapa ya ? Saya selalu takut memikirkan ini sampai 3 hari demam gak turun2…

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi dita disti
      penyebab terlambat menstuasi sangatlah banyak terutama faktor streess yang menyebabkan gangguan pada hormonal wanita.
      apakah anda sedang mangalami masalah yang membuat anda merasa cemas?
      managemen stress anda dan rutin untuk berolahraga ringan dipagi hari untuk mencegah obesitas dan mempengaruhi hormonal kewanitaan anda
      terimakasih

  3. Dita Disti

    Saya memang obesitas. Fisik saya gak kuat di stiap aktivitas berat.. dan saya juga sring stress krna tugas sekolah makin numpuk di jenjang sma

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi dita disti
      penyebab terlambat menstuasi sangatlah banyak terutama faktor streess yang menyebabkan gangguan pada hormonal wanita.
      apakah anda sedang mangalami masalah yang membuat anda merasa cemas?
      managemen stress anda dan rutin untuk berolahraga ringan dipagi hari untuk mencegah obesitas dan mempengaruhi hormonal kewanitaan anda
      terimakasih

  4. Dita Disti

    Iya dok.. kdng jg ska ngerasain perut begah kya sekarang.. trs saya jg prnah jatoh kesandung sampai perut bagian kanan kiri sakit.. apa itu bermasalah dengan siklus menstruasi saya ?

    1. Dokter Eko B

      Selamat malam Dita Disti
      Rasa begah pada perut dapat disebabkan kanrena gangguan pada asam lambung
      sedangkan benturan pada perut pada umumnya tidak menyebabakan gangguan haid karena organ reproduksi aman terletak di dalam rongga panggul
      keluhan haid tidak teratur yang anda alami dapat disebabkan karena kegemukan, karena jaringan lemak tubuh juga dapat memproduksi hormon estrogen sehingga menekan produksi hormon LH dan FSH sehingga mengganggu siklus hormonal yang seharusnya diatur oleh indung telur (ovarium)
      terima kasih

  5. Dita Disti

    Iya dok. Saya juga tiba2 aja ngerasain mual2x.. kemungkinan itu masuk angin ? padahal saya belum pernah berhubungan badan.. saya memang kebetulan seminggu yang lalu liburan ke pantai.. mungkin efek angin pantai kali ya dok ? Saya memang setiap pergi ke pantai selalu begitu. Tapi orang penakut seperti saya ini udah berfikiran negatif saja meski belum sama sekali melakukan hubungan intim.. sampai2 sering nangis2 karena mikirin telat haid sampai sebulan gitu..

    1. Dokter Eko B

      Selamat Siang Dita,
      anda tidak perlu khawatir hamil bila tidak berhubungan seksual
      ya, kelelahan juga bias menyebabkan gejala masuk angina atau flu-like syndrome

      sebaiknya beristirahat secara teratur dan olahraga secara teratur agar kondisi anda tetap fit
      terima kasih

  6. Fanny

    sore dok
    Usia saya 15 tahun dan saya belum haid dari bln february .. dlu pas bulan agustus pernh pergi liat dokter karena tidak haid 3 bln dan lalu dikasi obat agar datang haid , Setelah obatnya habis lsg haid . tapi tidak begitu lancar & kalau haid itu biasa brp hari kalau normal , saya haid tidak lebih dari 4hari biasanya . itu biasanya kenapa yha& ada solusi? khawatir bgt

    1. Dokter Eko B

      Selamat siang Fanny
      pada perempaun seusia anda memang wajar bila haid belum teratur
      sebaiknya anda beristirahat dengan cukup, makan bergizi, dan berolahraga secara teraur
      terima kasih

  7. Putri

    Dok, saya mau nanya, saya menstruasi keluar biasanya sekitar tanggal 14 setiap bulannya, pada bulan yang terakhir, saya mens pada tanggal 16 selama 5 hari, seletah itu berhenti, seminggu kemudian keluar flex coklat di cd saya selama 2 hari.
    pada masa setelah berhenti mens dengan keluarnya flak coklat tersebut saya ada HB beberapa kali,’
    dengan keluarnya flek tersebut saya menjadi khawatir, karena selama ini saya setelah mens tidak pernah keluar flek tersebut.
    Mohon penjelasannya.

    1. Dokter Eko B

      Selamat siang Putri, flek cokelat pada pertangahan siklus haid dapat terjadi karena ovilasi ataumasa subur, yaitu karena sel telur (ovum) melepaskan diri dari indung telur (ovarium)

      bila bulan depan anda tidak kunjung mendapat haid silakan periksa testpack kehamilan
      Terima kasih

  8. Yuli Astari

    Dokter usia saya 18 tahun. Saya bekerja di pabrik. Saya mengalami haid tidak teratur. Antara 2-3 bulan sekali. Terakhir saya haid normal pada bulan september. Lalu
    Oktober tidak haid
    November akhir-desember awal haid
    Januari tidak haid
    Februari awal haid
    Maret tidak haid
    Sampai bulan april ini saya tidak haid
    Apa yang terjadi dengan saya. Apa penyebabnya dan apa yang harus saya lakukan dokter. Saya sangat takut dan cemas. Bagaimana cara mengatasinya. Terimakasih dokter saya tunggu jawaban dan solusinyaDokter Usia saya 18 tahun. Saya bekerja di Pabrik. Saya mengalami telat menstruasi hingga 2-3 bulan sekalii. Hal seperti ini saya alami mulai pada bulan oktober 2015 sampai sekarang dokter. Saya mens bulan september 2015 lalu bulan oktober tidak mens. Bulan november akhir sampai desember awal saya baru haid lagi lalu januari saya tidak haid baru bulan februari awal saya haid dan sampai bulan ini saya belum haid lagi. Apakah keadaan saya ini berbahaya dokter?? Dan apa penyebabnya. Saya sangat takut dengan kesuburan saya nanti. Dan bagaiman cara mengatasinya dokter. Terimakasih mohon jawaban dokter

    1. Dokter Eko B

      Selamat malam Yuli
      maaf, apakah anda sudah menikah atau pernah berhubungan seksual?
      apakah perut anda tampak semakin membesar?
      bila ya, sebaiknya anda periksa dengan tes urin kehamilan

      bila tidak, dapat disebabkan karena gangguan hormonal, anda dapat periksa ke Dokter Sp. Kandungan untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut
      terima kasih

    2. Dr. Yulia Evita

      selamat malam,
      kemungkinan anda mengalami gangguan hormonal yang menyebabkan menstruasi tidak teratur.
      silahkan konsultasi ke dokter terdekat
      terimakasih

  9. Dokter Eko B

    Selamat malam Yuli
    maaf, apakah anda sudah menikah atau pernah berhubungan seksual?
    apakah perut anda tampak semakin membesar?
    bila ya, sebaiknya anda periksa dengan tes urin kehamilan

    bila tidak, dapat disebabkan karena gangguan hormonal, anda dapat periksa ke Dokter Sp. Kandungan untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut
    terima kasih

  10. ANGGI

    dok saya berumur 17 tahun, saya mau nanya dok kok kenapa saya belum haid di bulan maret kemarin sudah 2 minggu telat saya padahal saya tidak pernah berhubungan seks sama siapapun , itu gimana dok ?

    1. Dokter Eko B

      Selamat malam Anggi
      pada seusia anda masih wajar bila datang bulan belum teratur
      bila anda mengalami terlambat datang bulan hingga lebih dari 2 bulan silakan periks ake Dokter spesialis kandungan
      terima kasih

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat malam,
      kemungkinan anda mengalami gangguan hormonal yang menyebabkan menstruasi tidak teratur.
      silahkan konsultasi ke dokter terdekat
      terimakasih

    2. Dokter Eko B

      Selamat malam Yuli
      Siklus menstruasi dipengaruhi oleh Hormon FSH dan LH, yang mengetur produksi hormon Estrogen dan Progesteron
      bila LH dan FSH tidak diproduksi menurut siklus yang normla, maka dapat menimbulkan gangguan keterlambatan haid

      faktor2 yang mempengaruhi gangguan hormonal diantaranya obesitas, stress fisik dan psikologis, dan asupan gizi
      sebaiknya anda berolahraga dan beristirahat secara teratur
      terima kasih

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat malam,
      kemungkinan anda mengalami gangguan hormonal yang menyebabkan menstruasi tidak teratur.
      silahkan konsultasi ke dokter terdekat.
      faktor stress dan pola makan juga berhubungan dengan pola menstruasi namun biasanya tidak menyebabkan keterlambatan menstruasi yang tidak teratur secara terus menerus.
      terimakasih

  11. fitri afrianti

    Dok, saya sudah 6bulan lebih tdk datang haid. Tapi tidak hamil. Kira2 penyebab nya apa y dok???? N bgaimana cara nya agar saya bisa datang haid????

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi,
      boleh saya tau bagaimana siklus anda sebelumnya?
      apakah haid setiap bulannya atau siklus haidnya tidak teratur??
      apakah anda sudah menikah dan sudah aktif melakukan hubungan seksual?
      terimakasih

  12. Vinny Isnania A

    Selamat malam dok.
    Saya sudah tidak haid selama 3 bulan dok. Terakhir saya haid akhir januari, dan seharusnya akhir Februari saya haid, tapi sampai sekarang saya malah belum haid-haid. Saya takut banget dok. Kira-kira kenapa ya?
    Saya belum menikah, apalagi belum pernah berhubungan badan, pacar saja tidak punya dok T_T
    Sebelumnya siklus haid saya normal dok, tetapi kalo haid paling mentok cuma 7 hari, selebihnya selalu 5 hari dok, itupun haid lancar-lancarnya keluar dihari pertama-ketiga, hari keempat-kelima uda dikit-dikit.
    Mohon sarannya dok. Saya harus bagaimana? Terima kasih.

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi,
      boleh saya tau berapa usia anda?
      apakah anda mengalami strees hebat dalam beberapa bulan terakhir? atau anda mengalami gangguan pola makan?
      mohon konfirmasinya
      terimakasih

      1. Vinny Isnania A

        usia saya 20 dok, mau 21 bulan Mei besok.
        stres hebat sih saya rasa tidak dok, saya merasa stres banget malah pas bulan september dok. dan sejak itu rambut saya sering rontok sampai sekarang. hehe, ada hubungannya ga ya dok emang?
        pola makan biasa dok, saya malah sering puasa. kalo untuk tidur, saya sering begadang dok. apakah semua itu saling mempengaruhi dan berkaitan? mohon bantuannya dok. terima kasih

        1. Dokter Eko B

          Selamat malam Vinny
          haid terlambat yang anda alami dpat disebabkan oleh gangguan hormonal

          rontoknya rambut juga bisa menjadi pertanda perubahan hormon
          karena pertumbuhan rambut berkaitan dengan hormon androgen

          sebaiknya anda tidka bergadang dan tidur secara teratur
          pola makan bila tidak sedang puasa juga harus teratur

          perubahan hormon saling berkaitan dengan asupan gizi, stress psikis, dan stress fisik( kurang tidur, kelelahan)

          terima kasih

          1. Vinny Isnania A

            akk terima kasih dok atas penjelasannya, membuat saya merasa tidak terlalu takut dan cenderung memperbaiki pola makan dan tidur saya. alhamdulilllah kemaren sudah haid lagi dok, senangnya. terima kasih atas bantuannya :)

          2. Vinny Isnania A

            mohon maaf dok boleh saya tanya lagi?
            setelah saya baca-baca lagi tanggapan dokter, terkait hormon androgen. dan setelah saya searching-searching apa itu hormon androgen, sepertinya saya kelebihan hormon androgen dok, dan kemungkinan PCOS T_T. karena gejalanya seperti yang sedang saya alami dok, yaitu rambut rontok/menipis, jerawat/minyak berlebih, haid tidak teratur dan berat badan bertambah. Terlebih penyebabnya juga karena insulin, saya suka makanan-makanan yang manisss dok T_T. Saya takut dok. Apakah bisa disembuhkan? dan bagaimana penanganannya? Terima kasih.

          3. Dokter Eko B

            Selamat malam Vinny
            PCOS bisa disembuhkan
            keluhan yang anda alami belum tentu disebabkan karena PCOS
            silakan periksa ke Dokter Spesialis Kandungan (SpOG)
            karena harus ditegakkan dengan pemeriksaan USG untuk menemukan kista multiple di indung telur
            terima kasih

  13. Pyandika Saputra

    Wulan
    Selamat malam dok. Saya sudah 4 bulan tidak haid. Waktu bulan ke 2 test pack hasilnya positif. Bulan ke 3 saya meriksa ke bidan hasilnya negatif. Ketika bulan ke 4 saya test pack lagi dan hasilnya negatif. Itu bermasalah apa ya dok? Thanks.

    1. Dokter Eko B

      Selamat malam Pyandika
      Nampaknya anda mengalami keguguran yang tidak diketahui (missed abortion)
      apakah anda pernah keluar bercak darah dari jalan lahir?

      apakah saat ini anda sudah haid seperti sediakala lagi?
      sebaiknya anda periksa ke Dokter spesialis Kandungan untuk konfirmasi dan pengobatan lebih lanjut
      terima kasih

    2. Dr. Yulia Evita

      selamat malam,
      apakah anda yakin dibulan pertama hasilnya positif? apakah ada riwayat perdarahan setelah hasil tersebut positif?
      saya saranan anda untuk melakukan USG kedokter terdekat untuk memastikan kondisi sebenarnya
      terimakasih

  14. Mega chandra sera

    Malam dok, nama saya Mega Chandra umur saya 22 tahun. Saya mau bertanya dok kenapa ya saya itu kalau datang bulan 2 bulan sekali jadi januari mens, februari tidak, maret iya, april tidak dan seterusnya hal ini udah terjadi kurang lebih 1 tahun, menurut dokter, ada apa dengan keadaan saya yang seperti ini, penyebab nya apa, dan solusi nya bagaimana? Makasih.

    1. Dokter Eko B

      Selamat siang mega
      apabila keterlambatan anda teratur, bisa jadi merupakan suatu hal yang normal, hanya saja anda memiliki siklus menstruasi yang panjang
      asalalkan haid anda tetap teratur (jumlah hari antara haid satu dan yang lainnya tetap) , tidak masalah
      tetapi bila anda sedang merencanakan untuk hamil, silakan konsultasikan ke Dokter Spesialis Kandungan (SpOG) terdekat
      terima kasih

  15. Nurliyanah

    Mlm dok,ni saya Nurliyana umur saya 27thn saya punya anak 1. Dok saya kb suntik tp udah telat .mau suntik bidany gak berani dok soale udah telat 1mgu lbih..kl mau suntik lg nunggu haid gt.tp sampai sekarang gak haid haid malah udah 5bulan aku gak haid….knpa ya dok apakah ini pengaruh penyakit ku aku punya DM .dan obat saya pake insulin….tlng penjelasanya dok trima kasih

    1. Dokter Eko B

      Selamat pagi Bu Nurliyanah
      Insulin merupakan obat DM yang paling menyerupai proses alamiah di dalam tubuh, sehingga tidak menimbulkan keterlambatan siklus haid

      keterlambatan haid yang anda alami dapat disebabkan karena kehamilan ataupun gangguan hormonal
      apakah perut anda semakin membesar?

      silakan konsultasikan dengan DOkter sp Kandungan (SpOG) terdekat
      terima kasih

  16. Gabriella Karolina Ayrine

    Hallo dok, saya Gaby berumur 20 tahun, saya belum haid selama 2 bulan, terakhir saya haid 26 februari, pada saat 26 februari saya baru tiba di luar negeri, setelah itu saya belum haid lagi selama berada di luar negeri, saya juga sudah rutin berolahraga, kira-kira kenapa ya ? Terima kasih.

    1. Dokter Eko B

      Selamat pagi gaby
      keluhan yang anda alami dpat disebabkan karena gangguan hormonal
      silakan konsultasikan dengan Dokter layanan primer terdekat
      terima kasih

Leave a Comment

Isi Angka Dibawah Untuk Menghindari Spam *