5 Penyebab Telat Haid Hingga Berbulan-bulan

doktersehat-telat-datang-bulan
Photo Source: health.com

Ada banyak faktor penyebab tidak haid dan telat haid yang sering dialami kaum wanita. Kebanyakan wanita bahkan mengalami telat haid 2 bulan. Anda salah satunya?

Kebanyakan wanita langsung merasa panik, mulai dari takut hamil meski belum berhubungan intim hingga ada juga yang takut menderita penyakit serius. Sebelum datang ke dokter, ada baiknya ketahui dulu lebih lanjut mengenai penyebab tidak menstruasi dalam kurun waktu tertentu.

Berikut ini ada beberapa pertanyaan terkait penyebab tidak haid yang dialami oleh para Teman Sehat dan dijawab langsung oleh dokter Lita.

Pertanyaan Konsultasi

“Dok saya Putri, saya sudah telat haid 2 bulan, tetapi sampai sekarang saya belum juga haid kembali. Akhir2 minggu ini saya udah ada tanda-tanda datang bulan seperti kram pada payudara dan pinggang yang sakit. Itu normal atau tidak ya dok? terima kasih dokter”

“Saya sering telat datang bulan dan tidak teratur, misalnya bulan Juli saya haid, bulan Agustus tidak terjadi haid, bulan Septembernya baru haid lagi, gimana itu dok? trus kalau orang yang telat haid 2 bulan itu juga gimana ?
Tolong dijelaskan”

“Setelah menikah haid saya gak teratur. dalam 1 thn hanya 1x haid normal selebihnya minum obat dari dokter baru bisa haid. Saya gak tau harus bagaimana? Apakah haid tidak teratur bisa menyebabkan susah punya anak?”

“Saya sudah tidak haid 3 bulan, belum menikah, umur 21, terakhir haid 25 Mei, dites 5 kali hasil negatif. Apa yang jadi penyebab telat datang bulan selama 3 bulan? Terus kira-kira apa sih penyebab telat haid tapi tidak hamil?”

“Saya wanita berumur 21 tahun dan suami saya berumur 30 tahun. Saya sudah 2 tahun menikah tetapi belum dikaruniai anak. Siklus menstruasi saya tidak lancar, bisa 2 sampai 3 bulan sekali. yang ingin saya tanyakan, bagaimana supaya siklus haid saya lancar dan meningkatkan kesuburan agar cepat hamil? terima kasih”

“Apakah siklus menstruasi lebih dari 40 hari itu masih dianggap normal? saya masih gadis dan belum menikah. makasih”

“Saya tidak menstruasi sudah 3 bln, tp ga pk KB dan tidak hml juga, 3bln yang lalu dapat mens itu pun setelah 6 bln ga mens, kenapa ya dok? apa saja penyebab tidak menstruasi seperti yang saya alami? Saya jadi takut. Terima kasih.

“Saya umur 17 thn kok belum haid ya???? Apa penyebab tidak haid seperti saya ini? Apa dari makanan ya dok?”

 

Jawaban

Terima kasih atas pertanyaan-pertanyaannya.

Banyak faktor yang penyebab tidak haid atau terlambat haid, seperti:

  1. Hamil

    Penyebab telat datang bulan merupakan gejala utama yang paling penting untuk hamil. Hal yang perlu menjadi perhatian di sini, kemungkinan ini hanya akan terjadi pada wanita yang pernah melakukan hubungan intim (suami istri) yang terjadi pembuahan (sel telur yang sudah dibuahi oleh sperma).
    Jadi, apabila belum melakukan hubungan suami istri, kecil kemungkinan bahwa hamil yang menjadi satu-satunya faktor penyebab tidak haid yang Anda alami.
    Terkait hal ini, Anda bisa mencoba melakukan test pack kehamilan untuk hasil yang lebih pasti. Hasil yang negatif pada test pack biasanya berarti anda tidak hamil. Anda juga bisa melakukan test beberapa hari berikutnya atau datang ke dokter kandungan terdekat.

  2. Hormon

    Hormon juga menjadi sesuatu yang penting untuk mengatur siklus haid seseorang. Haid terlambat ini dapat terutama pada wanita yang usia di bawah 20 tahun. Kemungkinan haid terlambat lebih besar daripada di atas 20 tahun, hal ini dikarenakan hormonnya sedang berkembang. Jadi, haid bisa terlambat atau bisa juga lebih cepat.

  3. Stres

    Stres juga dapat menganggu siklus haid, bahkan ada wanita yang sampai berbulan-bulan tidak haid. Stres ini juga bisa menjadi penyebab telat datang bulan selama 3 bulan.
    Solusinya, coba atasi akar masalah stres anda terlebih dahulu maka haid anda akan normal kembali. Jika semakin cemas, siklus haid Anda akan semakin tidak teratur dan malah haid akan semakin telat.

  4. Diet

    Perubahan pola makan, seperti penambahan atau pengurangan porsi makanan juga dapat menganggu hormon yang mengakibatkan haid yang terlambat. Selain itu, jika berat badan Anda tidak stabil atau naik-turun.

  5. Konsumsi obat-obatan

    Ada obat-obat tertentu yang dapat mengganggu siklus haid, seperti alat kontrasepsi (pada umumnya) terutama kontrasepsi suntik. Haid Anda akan kembali lancar jika konsumsi obat-obatan ini dihentikan.

Berdasarkan faktor-faktor tersebut, tentunya Anda lebih paham apa kira-kira penyebab tidak haid pada diri Anda.

Salam kenal 🙂
dr. Lita
Team DokterSehat