Penyebab Gusi Mengeluarkan Darah Saat Menggosok Gigi

DokterSehat.Com– Kadangkala saat kita menggosok gigi, kita melihat bercak darah yang ikut terbuang bersama dengan busa pasta gigi yang kita ludahkan. Setelah mencoba untuk melihat kondisi gigi atau dalam mulut, barulah kita menyadari jika gusi kita ternyata mengeluarkan darah. Sebenarnya, apa penyebab dari keluarnya darah pada gusi saat kita menyikat gigi ini?

doktersehat-sikat-gigi

Radang gusi
Masalah radang gusi atau gingivitis adalah penyebab yang paling sering dari keluarnya darah dari gusi kita. Kondisi gingivitis ini bisa dijabarkan sebagai gusi yang semakin lemah dan mengalami pembengkakan yang disebabkan oleh menumpuknya plak pada gigi kita. Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa mulai memperbaiki kebiasaan menjaga kebersihan mulut atau memeriksakannya ke dokter gigi.

Infeksi mulut
Meskipun air liur mampu menjaga keseimbangan bakteri, air liur juga bisa menjadi media untuk perpindahan beberapa jenis kuman, apalagi jika kita berciuman dengan orang lain. Bakteri-bakteri ini ternyata bisa memicu peradangan atau bahkan infeksi pada gusi yang memicu keluarnya darah.

Stress
Tahukah anda jika stress bisa memberikan banyak sekali dampak buruk bagi kesehatan tubuh, termasuk bagian gigi dan mulut? Stress ternyata mampu membuat gusi dan jaringan dalam mulut semakin melemah. Hal ini disebabkan oleh kemampuan stress dalam menurunkan sistem pertahanan tubuh dan membuat bakteri lebih mudah menyerang bagian gusi. Karena alasan inilah ada baiknya kita menjaga pikiran kita agar terbebas dari masalah stress.

Nutrisi buruk
Jika kita menerapkan pola makan yang tidak sehat sehingga mengalami nutrisi buruk seperti kekurangan asupan vitamin A, B, dan C, maka bagian gusi pun akan menjadi semakin tidak sehat sehingga lebih mudah mengalami pendarahan saat kita menggosok gigi. Demi mencegah hal ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu menjaga asupan sayuran dan buah.