Penyebab Gusi Bengkak

Dokter Sehat – Gusi sangat penting terhadap mulut seseorang, gusi merupakan jaringan kokoh yang umunya berwarna pink karena terdapat banyak pembuluh darah yang kecil-kecil dan rapat. Gusi membungkus tulang rahang atas dan bawah, juga menempel pada bagian bawah gigi sehingga apa yang terjadi pada gigi bisa berdampak pada gusi.

18

Gusi bengkak berarti pada gusi tersebut terjadi peradangan atau inflamasi sehingga berwarna lebih merah, gusi jadi menonjol, terkadang terlihat kekuningan diujungnya sebagai tanda adanya nanah. Gusi bengkak menjadi sensitif dan biasanya terasa sangat sakit bahkan terasa berdenyut seperti mau meledak, tidak jarang pula gusi bengkak mudah berdarah ketika menggosok gigi. Ada pula yang bengkaknya sampai pipi wajah, terlihat wajahnya jadi tidak simetris.

Penyebab gusi bengkak :

1. Kehamilan
Pada masa kehamilan hormon pada tubuh wanita akan meningkat dari bisanya, meningkatnya hormon menyebabkan aliran darah pada gusi juga meningkat, sehingga menyebabkan gusi mudah iritasi dan bengkak. Pada masa kehamilan kemampuan tubuh untuk melawan bakteri menjadi lemah, jadi sering-sering memeriksakan gigi untuk mengantisipasi pembengkakan gigi.

2. Gingvitis atau radang gusi
Radang gusi adalah penyebab utama gigi bengkak, iritasi yang disebabkan gingvitis atau radang gigi juga menyebabkan hilangnya gigi karena terlalu dibiarkan gusi yang bengkak tersebut. Kebersihan mulut adalah faktor utama dari munculnya radang gigi, jika kebersihan gigi kurang terjaga akan menimbulkan bakteri yang numpuk. Dengan kata lain, karang gigi yang menusuk gigi akan menyebabkan bengkak pada gusi.

3. Infeksi gigi
Jika anda seorang mengindap heres atau virus yang dapat menyebabkan kondisi gigi yang membengkak disebut dengan gejala herpes aku gingivostomatitis, sedangkan oral thrush merupaka infeksi pada gigi dari hasil pertumbuhan jamur alami di mulut. Hal ini yang menjadi penyebab gigi bengkak

Baca Juga:  Yoghurt, Solusi untuk Napas Tak Sedap

4. Malnutris
Sumber nutrisi yang dibutuhkan gigi adalah vitamin C yang dapat menangkal bakteri didalam mulut, jika terjadi kekurangan vitamin C akan mengembangkan pertumbuhan penyakit scurvy yang dapat memicu anemia dan kebengkakan pada gusi.