Penyebab, Gejala & Pengobatan Kekurangan Karbohidrat

DokterSehat.Com – Karbohidrat adalah merupakan salah satu dari enam zat yang dibutuhkan oleh tubuh dan harus selalu ada di dalam makanan, dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. zat gizi lainnya adalah protein, lemak, vitamin, mineral dan air.



Substansi ini membantu membangun kekebalan, mempertahankan kesehatan penglihatan, dan memaksimalkan pertumbuhan. Karbohidrat 100 persen diubah tubuh menjadi glukosa untuk menghasilkan energi.

Dalam kasus kekurangan (defisiensi) karbohidrat, protein dipecah untuk menghasilkan energi karena tubuh tidak mampu mendapatkan cukup gula dari karbohidrat.

Kondisi ini membuat berkurangnya pasokan protein yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan sekaligus memicu pembentukan keton di hati.

Normalnya, tubuh mengubah glukosa yang diperoleh dari karbohidrat menjadi energi. Ketika tidak ada karbohidrat yang tersedia untuk proses ini, tubuh akan membakar lemak setelah 3 hari.

Dalam beberapa hari, tubuh akan terbiasa tidak mendapatkan karbohidrat. Meski demikian akan terjadi penurunan aktivitas otak tubuh karena kekurangan bahan bakar.

Penyebab defisiensi karbohidrat

Saat mengurangi asupan karbohidrat dari diet, Anda akan menderita kekurangan nutrisi ini. Perhatikan jika tubuh mulai mengirim sinyal yang menunjukkan gejala defisiensi karbohidrat.

Gejala defisiensi karbohidrat

Karena fungsi karbohidrat sangat penting bagi tubuh, kurangnya asupan akan memicu berbagai efek merugikan jangka pendek serta jangka panjang seperti :

  • Lekas ??marah
  • Mual
  • Bau mulut
  • Hilangnya massa otot
  • Kram otot
  • Kelelahan yang berlebihan
  • Menurunnya fungsi otak
  • Peningkatan persentase lemak tubuh
  • Kehilangan natrium dalam tubuh
  • Diare atau konstipasi
  • Sering sakit kepala
  • Kehilangan kadar air dalam tubuh

Otak mendapatkan energi dari gula darah, yang diperoleh dari karbohidrat, untuk melakukan fungsinya.

Sel otak membutuhkan dua kali energi lebih banyak dibandingkan sel-sel lain dalam tubuh. Ini antara lain disebabkan sel otak yang selalu bekerja bahkan ketika Anda sedang tidur. Ketika mengalami kekurangan karbohidrat, otak tidak akan berfungsi dengan baik dan dapat memicu kehilangan memori, berkurangnya daya konsentrasi, serta kemampuan belajar.

Baca Juga:  Berbagai Manfaat Binahong untuk Tubuh

Kekurangan karbohidrat dalam waktu lama juga bisa memicu kelumpuhan dan/atau epilepsi. Menghilangkan semua sumber karbohidrat dari diet juga mengakibatkan kekurangan vitamin dan mineral karena makanan yang mengandung karbohidrat juga mengandung berbagai vitamin dan mineral.

Karbohidrat diperlukan tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, tetapi juga untuk mendukung metabolisme. Itu sebab, kekurangan karbohidrat meningkatkan risiko diabetes, masalah jantung, dan obesitas.

Perawatan dan pengobatan

Kekurangan karbohidrat dapat diatasi dengan cukup mengasup makanan yang kaya karbohidrat dalam diet Anda. Karbohidrat terutama ditemukan di sumber tanaman pangan seperti biji-bijian, kentang, dan gula.

Dalam sumber hewani, karbohidrat ditemukan dalam jumlah yang signifikan hanya dalam produk susu. Karbohidrat sederhana yang ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan melepaskan energi selama periode waktu tertentu dan dengan demikian tinggal di sistem tubuh lebih lama sehingga mampu mengontrol rasa lapar.

Namun, karbohidrat sederhana yang ditemukan dalam pasta dan roti melepas gula ke dalam darah secara langsung sehingga membuat Anda merasa lapar lebih cepat.

Asupan harian minimum karbohidrat berkisar antara 50 g sampai 100 g. Namun, asupan harian yang direkomendasikan bagi perempuan adalah 177 g dan untuk laki-laki sebesar 287 g.

Diet rendah karbohidrat biasanya mengandung kurang dari 144 g karbohidrat. Ahli kesehatan merekomendasikan setidaknya 15% total asupan kalori dalam sehari harus diperoleh dari karbohidrat.

Jadi, jika berencana untuk mengadopsi diet Atkins (diet rendah karbohidrat), Anda disarankan melakukan modifikasi dengan membuat diet rendah karbohidrat dan bukan diet tanpa karbohidrat.