Penyebab, Gejala, dan Jenis Vertigo

DokterSehat.Com – Vertigo adalah adanya suatu persepsi yang salah dari gerakan seseorang ataupun lingkungan sekitarnya. Persepsi gerakan tersebut bisa berupa rasa berputar ataupun rasa goyang, melayang, dan ngambang.

doktersehat-pusing-kepala-vertigo-berputar

Jenis Penyakit Vertigo

  1. Vertigo vestibuler
    Vertigo jenis ini menimbulkan sensasi berputar, sering ditimbulkan karena adanya pergerakan kepala yang tiba tiba, bisa juga disertai mual ataupun muntah.
  2. Vertigo non vestibuler
    Vertigo non vestibuler akan menimbulkan sensai melayang, goyang, ngambang, tidak disertai mual, muntah, sering dicetuskan oleh gerakan benda disekitarnya.

Penyebab Penyakit Vertigo

  • Vertigo vestibuler
    Penyebab nya adalah : Penyakit meniere, neuritis vestibularis, Beningn paroxysmal positional vertigo (BPPV), sumbatan arteri labirin, labirintis, obat obat yang memiliki efek samping merusak telinga, autoimun, tumor yang mengenai persyarafan, migrain, epilepsi, stroke.
  • Vertigo non vestibuler
    Penyakit sistemik, kadar gula darah yang sangat rendah, nyeri kepala tipe tegang, trauma leher, hipotensi orthostatik

BPPV merupakan salah satu bentuk vertigo yang paling sering terjadi di masyarakat, BPPV sering berkaitan dengan adanya suatu perubahan posisi kepala yang mendadak atau tiba tiba, contohnya : bangkit dari tidur, membungkuk atau menegakkan badan kembali secara tiba tiba.

Penyakit Meniere adalah suatu gangguan telinga bagian dalam yang kronis, penyakit ini tidaklah fatal tetapi mengganggu kualitas hidup dari penderitanya. Banyak faktor yang dapat mencetuskan terjadinya penyakit meniere, yaitu : infeksi telinga tengah, alergi, infeksi saluran pernafasan bagian atas , makan makanan yang asin, minum kopi, kelelahan, konsumsi alkohol , kadar gula darah yang tinggi dalam darah, trauma yang mengenai telinga bagian dalam, perubahan tekanan yang mendadak, dan suatu kehamilan. Pada penyakit meniere bisa disertai adanya penurunan pendengaran dari penderitanya.

Ketika merasakan adanya pusing berputar ataupun melayang yang terus menerus berulang , sebaiknya periksakanlah diri ke dokter, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, baik dengan cara pemberian obat ataupun latihan latihan tanpa obat yang dapat berguna untuk mengurangi serangan atau kekambuhan dari vertigo tersebut.

Baca Juga:  Membiarkan Tubuh Dehidrasi Buruk Untuk Kesehatan

Sumber : Vertigo Perdossi