ADHD Pada Dewasa – Penyebab, Diagnosis, dan Komplikasi

Jika Anda sering gelisah dan sulit berkonsentrasi, jangan melompat kepada kesimpulan bahwa Anda memiliki ADHD. Gejala-gejala ini juga sering terjadi pada kondisi lain. Konsentrasi yang buruk adalah tanda klasik dari depresi. Kegelisahan atau kecemasan bisa menunjukkan tiroid yang terlalu aktif atau gangguan kecemasan. Dokter akan menyelidiki apakah kondisi ini dapat menyebabkan gejala ADHD atau bukan ADHD.

doktersehat-gangguan-kepribadian-ambang

Apa Penyebab ADHD?
Pada orang dengan ADHD, bahan kimia otak yang disebut neurotransmitter kurang aktif di area otak yang mengontrol perhatian. Para peneliti tidak tahu persis apa yang menyebabkan ketidakseimbangan kimia ini, tetapi para peneliti berpikir gen mungkin memainkan peran, karena ADHD sering berjalan dalam keluarga. Studi juga telah dikaitkan ADHD dengan paparan dalam kandungan untuk rokok dan alkohol.

Salah satu variasi genetik yang menyebabkan sifat seperti-ADHD lebih sering terjadi pada masyarakat nomaden di dunia. Para peneliti berpikir bahwa sifat-sifat seperti perilaku impulsif, suka mencari hal baru, dan tidak dapat dicari melalui pelacakan makanan dan sumber daya lainnya.

Mendiagnosis ADHD Dewasa
Banyak orang dewasa tidak mengetahui bahwa dirinya memiliki ADHD sampai mereka perlu mendapatkan bantuan untuk masalah lain, seperti gangguan kecemasan atau depresi. Diskusikan kebiasaan buruk, masalah di tempat kerja, atau konflik perkawinan sering mengungkapkan bahwa ADHD merupakan faktor utama. Untuk mengkonfirmasi diagnosis, gangguan tersebut harus telah hadir selama masa kanak-kanak, bahkan jika itu tidak pernah didiagnosis. Laporan-laporan lama atau berdiskusi dengan saudara dapat mecatat dan meneukan masalah kecil, seperti kesulitan fokus dan hiperaktif.

Pemeriksaan untuk ADHD
Selama evaluasi untuk ADHD, beberapa profesional kesehatan mental menggunakan tes neuropsikologi. Ini dapat meliputi pemeriksaan berbasis komputer yang mengukur perhatian dan keterampilan pemecahan masalah. Tes neuropsikologis tidak diperlukan untuk membuat diagnosis, tetapi dapat menjelaskan bagaimana ADHD mempengaruhi kehidupan sehari-hari seseorang. Hal ini juga dapat mengungkap kondisi hidup bersama, seperti ketidakmampuan belajar.

Baca Juga:  Alzheimer - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Komplikasi ADHD Dewasa
Mengatasi gejala ADHD dewasa bisa membuat frustasi dalam dirinya sendiri. Pada saat yang sama, banyak orang dewasa dengan ADHD berjuang dengan gangguan depresi, kecemasan, atau gangguan obsesif kompulsif. Mereka juga lebih mungkin untuk merokok atau penyalahgunaan obat. Orang dengan ADHD dapat membatasi masalah ini dengan mencari pengobatan yang tepat.