Demam – Penyebab Demam Obat, Bekuan Darah, Tumor, dan Lingkungan

Penyebab demam obat, demam bekuan darah, demam tumor, dan demam lingkungan pada orang dewasa.

doktersehat-wanita-flu-demam-sakit-flu-babi-swine-influenza

Demam obat (Drug fever)
Demam yang terjadi setelah memulai pengobatan baru, tanpa sumber lain, bisa jadi demam obat. Demam dapat terjadi kapan saja setelah memulai obat dan hilang setelah obat dihentikan. Beberapa obat yang telah dikaitkan dengan demam meliputi antibiotik beta-laktam, procainamide (Procanbid), isoniazid, alpha-methyldopa, quinidine (Quinaglute Dura-Tabs), dan diphenylhydantoin.

Demam yang segera terjadi mungkin disebabkan oleh respons alergi terhadap obat atau pengawet obat.

Demam bekuan darah (Blood clot fever)
Kadang bekuan darah bisa berkembang di kaki seseorang dan menyebabkan pembengkakan dan nyeri di betis. Bagian dari bekuan darah ini bisa terlepas dari kelompoknya dan berjalan ke paru-paru (emboli pulmonal). Hal ini dapat menyebabkan nyeri dada dan sulit bernafas. Dalam kasus tersebut, seseorang dapat mengalami demam karena radang di pembuluh darah. Seseorang dengan gejala ini harus segera dibawa ke rumah sakit.

Demam tumor
Kanker bisa menyebabkan demam dengan berbagai cara. Terkadang tumor membuat pirogen, zat kimia yang menyebabkan demam sendiri. Beberapa tumor bisa menjadi terinfeksi. Tumor di otak dapat mencegah hipotalamus (termostat tubuh) untuk mengatur suhu tubuh dengan benar. Banyak obat yang dikonsumsi pasien kanker bisa menyebabkan demam. Akhirnya, sistem kekebalan tubuh pada pasien kanker mungkin melemah, yang membuat mereka rentan terhadap berbagai infeksi.

Demam lingkungan
Terkadang, suhu tubuh yang sangat tinggi bisa tercapai saat tubuh menjadi kepanasan. Kondisi ini disebut hipertermia. Hal ini sering terjadi dengan olahraga berat atau saat tubuh terkena cuaca panas atau lembab. Orang dengan hipertermia mungkin bingung, lesu, atau bahkan koma. Mereka mungkin memiliki suhu yang sangat tinggi dan mungkin tidak dapat berkeringat. Hipertermia diperlakukan berbeda dari penyebab demam lainnya; Ini adalah keadaan darurat medis. Orang yang terkena harus segera diturunkan suhunya.