informasi kesehatan


Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat

Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat

            

DokterSehat – Menstruasi adalah proses bulanan tumpahan lapisan bagian dalam dan darah uterus melalui liang kelamin wanita atau vagina. Keluarnya cairan yang mengandung darah ini terjadi pada wanita yang sudah memasuki usia subur dan yang sedang tidak hamil. Peristiwa ini dimulai dengan adanya pengeluaran selaput lendir rahim di bagian dalam rahim atau endometrium.

Di bawah pengaruh hormon estrogen, endometrium pun jadi tumbuh menebal, menantikan datangnya sel telur. Ibaratnya lapisan tebal endometrium ini seperti karpet atau tanah subur yang siap menanti datangnya sel telur atau okulasi. Pada puncak pertengahan siklus haid yang optimal, terjadilah pelepasan sel telur. Nah, saat itulah bila ada sel sperma masuk, sel telur dan sperma ini bersatu menjadi zygote (bakal janin) dan menempel pada endometris yang sudah mencapai ketebalan maksimal tadi.

Proses seperti ini akan berulang setiap bulan, sepanjang tidak terjadi pembuahan yang menghasilkan zygote. Pada waktunya, tumbuh lagi selaput yang baru. Dengan kata lain, karpet tadi digelar lagi, lalu tanggal lagi, begitu seterusnya.

PENGARUH DIET DAN OLAHRAGA

Jadi, menstruasi sebetulnya sesuatu yang normal, sehingga semua wanita mengalaminya. Pada setiap wanita, siklus haid ini pun bervariasi. Rata-rata berjarak 28 hari, namun bisa juga sampai 42 hari. Jika sampai terjadi keterlambatan pun, semisal sampai 3-4 bulan, juga tak perlu terlalu dikhawatirkan. Tapi disarankan sebaiknya periksa ke dokter spesialis. Apalagi kalau telat sampai 5-6 bulan.

Sering orang salah mengerti, kalau sampai 3 atau 4 bulan tidak haid, mereka menyangka darahnya bisa mengumpul di dalam, menggenang, dan lama-lama bisa berbahaya. Padahal jika tidak haid, berarti tidak ada pendarahan bdi dalam tubuh. Tidak mens berarti tidak ada endometrium yang lepas. Jadi bukan berarti ada darah yang mengumpul. Darah baru keluar jika selaput lendirnya lepas. Jika tidak lepas, ya tidak berdarah. Jadi jangan khawatir.

Lantas apa saja yang menyebabkan mens telat? Penyebabnya bisa bermacam-macam. Bagi yang masih belum menikah, penyebabnya bisa karena terlalu lelah. Contohnya, belajar terlalu keras bagi yang masih sekolah atau kuliah, atau berolahraga kelewat berat. Sebaliknya bisa juga terjadi pada mereka yang biasa berolahraga dan menghentikan kebiasaannya secara tiba-tiba. Pola makan pun bisa mempengaruhi siklus haid. Misalnya, mereka yang biasa makan banyak dan mendadak diet. Ini akan membuat tubuh stres. Atau bisa jadi badan kurus jadi gemuk. Pokoknya, tiap ada perubahan berat badan mencolok.

Jenis-jenis obat tertentu juga bisa mengusik pola haid, terutama obat-obatan yang mengandung hormon. Contohnya,obat untuk mengatasi gatal-gatal atau obat sakit telinga. Begitu pula obat-obatan KB atau suntik KB. Baru setelah berhenti minum obat, haid akan kembali lancar. Keterlambatan haid lebih sering dialami mereka yang masih gadis, karena pola okulasinya belum teratur. Hanya saja, kalau sudah terbiasa haid kemudian haidnya tidak ada, harus bertanya pada diri sendiri. Jangan-jangan pernah minum obat tertentu.

SULIT PUNYA ANAK

Kasus yang perlu diwaspadai adalah gadis remaja yang belum juga mendapat haid. Terlebih jika usianya sudah mencapai 17 tahun. Jika ini terjadi, sebaiknya segera lakukan pemerikasaan. Sebab, bisa saja ada kemungkinan selaput darahnya tertutup rapat. Normalnya, selaput darah itu mempunyai lubang-lubang. Kalau tertutup rapat, dia mungkin bisa haid, tapi haidnya tidak bisa keluar. Nah, yang ini memang betul darahnya bisa mengumpul di dalam.

Untuk yang sudah menikah, keterlambatan haid dapat disebabkan oleh kemungkinan baru selesai melahirkan atau menyusui. Ada pula kemungkinan karena terserang infeksi, termasuk penyakit infeksi akibat hubungan seks. Bagi yang berusia di atas 35 tahun, juga mesti waspada terhadap adanya tumor indung telur.

Ada juga wanita yang mengalami perdarahan di antara dua masa haid. Kalau ini terjadi pun harus segera diperiksakan. Perdarahan yang terjadi dengan siklus kurang dari 21 hari jelas tak normal, terutama bagi yang sudah tidak gadis lagi. Kalu mereka yang masih di bawah umur 20 tahun, mungkin hanya karena gangguan hormon.

Benarkah haid yang tidak teratur menyulitkan punya anak? Pandangan ini tidak selalu tepat. Sering terjadi, pasien wanita ingin punya anak tapi menstruasinya tidak teratur. Lalu dia datang ke dokter minta agar menstruasinya bisa dibuat teratur sehingga bisa punya anak. Ini tidak selalu bisa. Sulit punya anak tidak selalu berkorelasi dengan siklus haid.

Sebagian kasus menstruasi yang tidak teratur bisa diatasi dengan menjalani pola hidup yang teratur pula. Bagi yang mengalami ketidakteraturan secara mendadak, sebaiknya jangan stress, tidak merokok, apalagi minu-minuman beralkohol. Makan, bekerja, dan tidur hendaknya teratur. Seringkali orang lupa istirahat. Maunya kerja saja terus dengan mengabaikan tubuh yang sudah lelah.

Akan tetapi, ada pula yang mengalami ketidakteraturan menstruasi sejak awal. Mereka yang mengalami hal seperti inilah yang perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis. Misalnya haidnya yang datang hanya 4 bulan sekali. Saran lain adalah jangan minum obat sembarangan. Juga, biasakan secara teratur datang ke dokter kandungan

PERBANYAK MAKAN BUAH DAN SAYURAN

Selain haid tidak teratur, hal lain yang kerap mengganggu kaum wanita adalah nyeri menjelang menstruasi atau pada saat haid. Rasanya seperti mulas bercampur keramketika darah sedang keluar. Rasa nyeri ini merupakan sesuatu yang wajar, karena dinding rahim saat itu sedang berkontraksi atau mengkerut untuk mengeluarkan gumpalan darah.

Nyeri ini lebih terasa pada wanita yang belum pernah melahirkan. Pasalnya, mulut rahim mereka masih kecil, sehingga rasanya seperti orang yang sedang melahirkan. Inipun sesuatu yang normal. Kecuali bagi wanita yang memang sangat sensitif, yang rasanya bisa sangat menyiksa. Namun, biasanya setelah menikah dan memiliki anak, ini akan hilang.

Akan tetapi, jika nyeri itu hebat dan berkepanjangan, p;erlu diwaspadai adanya kemungkinan ia menderita endometriosos. Dalam hal ini, sel-sel bagian dalam rahim tumbuh tidak di dalam rahim, tapi juga di luar. Misalnya, di ovarium atau saluran tuba yang sangat menyakitkan.

Jika nyeri menjelang haid begitu hebat sampai terasa melumpuhkan, sebaiknya segera periksa ke dokter. Terlebih bagi yang sudah berhubungan badan, karena mungkin merupakan suatu gejala infeksi. Nah, bila terjadi pelekatan organ genitalia internal akibat dari infeksi tersebut, dampaknya bisa menyulitkan punya anak.

Pusing yang menyertai menstruasi juga merupaka hal yang wajar. Pasalnya, wanita yang menjelang haid biasanya memang mengalami pre-menstruasi tension atau ketegangan menjelang haid. Efeknya antara lain perasaan tertekan, jerawatan, payudara nyeri, badan sakikt-sakit, perut serasa kembung, bengkak,ada rasa nyeri. Makanya, jadi lebih gampang marah atau sebaliknya dan perubahan emosi lainnya.

Semua itu, wajar-wajar saja dan tidak berbahaya. Untuk mengurangi kondisi yang tidak nyaman ini, dianjurkan mengurangi makanan yang banyak mengandung garam, bumbu penyedap, atau terlalu banyak mengandung minyak. Perbanyaklah makan buah dan sayur, cukup makanan yang mengandung minyak. Perbanyaklah makan buah dan sayur, cukup makanan yang mengandung karbohidrat dan tinggi serat.

Disadur dari kuliahbidan.wordpress.com

pf button both Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

1,223 Responses to “Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat”

  1. dok saya mau tanya. saya sary umur 19th saya baru pertama kali mengalami terlambat mens selama 1 bulan, itu penyebabnya kenapa ya dok, saya memang lagi sakit flu, batuk dan saya mengkomsumsi obat batuk cail sehari 1x, apa gara gara itu penyebabnya?? sakit saya ini sudah berjalan hampir 2minggu dok, biasanya saya mens diawal bulan tapi bulan ini saya belum dapet dan saya sudah terlambat 1 bulan, mohon dijawab pertanyaan saya ya dok,. terimakasih sebelumnya :)

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • oh iya dok saya belom menikah dan saya belom pernah melakukan hubungan sex dalam bentuk apapun, terimakasih :)

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

      • dr. Vanny Bernadus says:

        Gangguan mens bisa karena stress, kelelahan, diet, obat termasuk kontrasepsi, berat badan yg berubah drastis. Bila berulang sebaiknya periksakan ke dokter. Trims

        Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. Flora says:

    Saya berumur 18 tahun,saya mulai datang bulan pada tahun 2009, ketika umur saya 13 tahun. tetapi dari awal haid, darah saya selalu tidak pernah memenuhi pembalut wanita. haid saya juga tidak teratur sehingga saya datang bulan 4 bulan sekali bah kan sampai 6 bulan sekali. saya berkonsultasi dengan doktor pada tahun 2012,kerana saya tidak datang bulan selama 2 tahun setengah. doktor memeriksa darah dan ultrasound. hasil dari ujian kedua nya, normal. doktor memberi kan saya ubat untuk menstabilkan hormon saya. stelah seminggu, saya menggalami haid pada December 2012. tetapi setelah itu saya tidak lagi datang bulan. kenapa seperti itu doktor? adakah itu pertanda kemandulan? Saya mempunyai berat badan 87kg dan tinggi 167cm. harap bantu mencari solusi nya.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Kemungkinan karena masalah hormonal dan ini berkaitan juga dengan berat badan. Coba untuk diet dan periksakan kembali ke dokter. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. Ame says:

    malem dok maaf saya mau bertanya, usia saya 18thn. bulan oktober ini saya belum haid, tetapi bulan kemarin masih dapat itupun lebih cepat haidnya krn bulan sebelumnya sekitar akhir bulan tetapi bulan september kmrn maju jd tgl 14. saya belum pernah berhub badan, tapi saya sangat suka makan es batu dok. nah apakah sering memakan es batu itu dapat mengganggu siklus haid dok? atau apakah ada faktor lain yang berkaitan dengan kasus saya ini dok? mohon jawabanya dok, terima kasih :)

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Es batu tidak berkaitan dengan siklus mens. Kemungkinan ialah gangguan hormon. Bila selalu berulang sebaiknya segera periksakan ke dokter. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. revan says:

    Maf dok ganggu saya mau bertanya .kan saya punya pacar tapi belum datang hed 1bulan ini padahal belum pernah melakukan hub sex ,, itu gimna dok mhon di jawab

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Gangguan mens bisa karena kelelahan, stress, diet, obat2an termasuk kontrasepsi dan hormonal. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. Hart says:

    Assalamualaikum
    maaf dok saya mengganggu , saya mo tanya dok , kan saya punya pacar usia 17 tahun , tetapi dia haid nya tidak teratur dan terakhir haid tgl 3 Oktober , dan sampai sekarang belum haid juga dok , padahal aqhu sama pacar qhu tidak pernah ML dan tidak pernah hub intim ( sex bebas ) , knapa yeach dok mpe sekarang belum haid juga n apa umur 17 tahun masih di katakan normal dok , aku.a yg takut niech dok

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat | Dokter Sehat « my reflection - [...] sideofrisa health Leave a comment Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat | Dokter …
  2. New Fact that I Found « danikmbunder - [...] makan buah dan sayur, cukup makanan yang mengandung karbohidrat dan tinggi serat. Sumber: http://doktersehat.com/2009/03/19/penyebab-datang-bulan-sering-terlambat/#ixzz1Fj93qwit [...]
  3. Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat | Dokter Sehat | ::debara:: blognya Denny S. Batubara - [...] Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat | Dokter Sehat. [...]
  4. Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat « JUST BECAUSE OF YOU - [...] dari kuliahbidan.wordpress.com Sumber: http://doktersehat.com/penyebab-datang-bulan-sering-terlambat/ Share this:CetakFacebookRedditSurat elektronikDiggLike this:SukaBe the first to like this. [...]
  5. Cara Mengatasi Terlambat Bulan | Kumpulan Cara dan Pengetahuan - […] Penyebab datang bulan sering terlambat | informasi […]