Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat – Menstruasi adalah proses bulanan tumpahan lapisan bagian dalam dan darah uterus melalui liang kelamin wanita atau vagina. Keluarnya cairan yang mengandung darah ini terjadi pada wanita yang sudah memasuki usia subur dan yang sedang tidak hamil. Peristiwa ini dimulai dengan adanya pengeluaran selaput lendir rahim di bagian dalam rahim atau endometrium.

Di bawah pengaruh hormon estrogen, endometrium pun jadi tumbuh menebal, menantikan datangnya sel telur. Ibaratnya lapisan tebal endometrium ini seperti karpet atau tanah subur yang siap menanti datangnya sel telur atau okulasi. Pada puncak pertengahan siklus haid yang optimal, terjadilah pelepasan sel telur. Nah, saat itulah bila ada sel sperma masuk, sel telur dan sperma ini bersatu menjadi zygote (bakal janin) dan menempel pada endometris yang sudah mencapai ketebalan maksimal tadi.

Proses seperti ini akan berulang setiap bulan, sepanjang tidak terjadi pembuahan yang menghasilkan zygote. Pada waktunya, tumbuh lagi selaput yang baru. Dengan kata lain, karpet tadi digelar lagi, lalu tanggal lagi, begitu seterusnya.

PENGARUH DIET DAN OLAHRAGA

Jadi, menstruasi sebetulnya sesuatu yang normal, sehingga semua wanita mengalaminya. Pada setiap wanita, siklus haid ini pun bervariasi. Rata-rata berjarak 28 hari, namun bisa juga sampai 42 hari. Jika sampai terjadi keterlambatan pun, semisal sampai 3-4 bulan, juga tak perlu terlalu dikhawatirkan. Tapi disarankan sebaiknya periksa ke dokter spesialis. Apalagi kalau telat sampai 5-6 bulan.

Sering orang salah mengerti, kalau sampai 3 atau 4 bulan tidak haid, mereka menyangka darahnya bisa mengumpul di dalam, menggenang, dan lama-lama bisa berbahaya. Padahal jika tidak haid, berarti tidak ada pendarahan bdi dalam tubuh. Tidak mens berarti tidak ada endometrium yang lepas. Jadi bukan berarti ada darah yang mengumpul. Darah baru keluar jika selaput lendirnya lepas. Jika tidak lepas, ya tidak berdarah. Jadi jangan khawatir.

Lantas apa saja yang menyebabkan mens telat? Penyebabnya bisa bermacam-macam. Bagi yang masih belum menikah, penyebabnya bisa karena terlalu lelah. Contohnya, belajar terlalu keras bagi yang masih sekolah atau kuliah, atau berolahraga kelewat berat. Sebaliknya bisa juga terjadi pada mereka yang biasa berolahraga dan menghentikan kebiasaannya secara tiba-tiba. Pola makan pun bisa mempengaruhi siklus haid. Misalnya, mereka yang biasa makan banyak dan mendadak diet. Ini akan membuat tubuh stres. Atau bisa jadi badan kurus jadi gemuk. Pokoknya, tiap ada perubahan berat badan mencolok.

Jenis-jenis obat tertentu juga bisa mengusik pola haid, terutama obat-obatan yang mengandung hormon. Contohnya,obat untuk mengatasi gatal-gatal atau obat sakit telinga. Begitu pula obat-obatan KB atau suntik KB. Baru setelah berhenti minum obat, haid akan kembali lancar. Keterlambatan haid lebih sering dialami mereka yang masih gadis, karena pola okulasinya belum teratur. Hanya saja, kalau sudah terbiasa haid kemudian haidnya tidak ada, harus bertanya pada diri sendiri. Jangan-jangan pernah minum obat tertentu.

SULIT PUNYA ANAK

Kasus yang perlu diwaspadai adalah gadis remaja yang belum juga mendapat haid. Terlebih jika usianya sudah mencapai 17 tahun. Jika ini terjadi, sebaiknya segera lakukan pemerikasaan. Sebab, bisa saja ada kemungkinan selaput darahnya tertutup rapat. Normalnya, selaput darah itu mempunyai lubang-lubang. Kalau tertutup rapat, dia mungkin bisa haid, tapi haidnya tidak bisa keluar. Nah, yang ini memang betul darahnya bisa mengumpul di dalam.

Untuk yang sudah menikah, keterlambatan haid dapat disebabkan oleh kemungkinan baru selesai melahirkan atau menyusui. Ada pula kemungkinan karena terserang infeksi, termasuk penyakit infeksi akibat hubungan seks. Bagi yang berusia di atas 35 tahun, juga mesti waspada terhadap adanya tumor indung telur.

Ada juga wanita yang mengalami perdarahan di antara dua masa haid. Kalau ini terjadi pun harus segera diperiksakan. Perdarahan yang terjadi dengan siklus kurang dari 21 hari jelas tak normal, terutama bagi yang sudah tidak gadis lagi. Kalu mereka yang masih di bawah umur 20 tahun, mungkin hanya karena gangguan hormon.

Benarkah haid yang tidak teratur menyulitkan punya anak? Pandangan ini tidak selalu tepat. Sering terjadi, pasien wanita ingin punya anak tapi menstruasinya tidak teratur. Lalu dia datang ke dokter minta agar menstruasinya bisa dibuat teratur sehingga bisa punya anak. Ini tidak selalu bisa. Sulit punya anak tidak selalu berkorelasi dengan siklus haid.

Sebagian kasus menstruasi yang tidak teratur bisa diatasi dengan menjalani pola hidup yang teratur pula. Bagi yang mengalami ketidakteraturan secara mendadak, sebaiknya jangan stress, tidak merokok, apalagi minu-minuman beralkohol. Makan, bekerja, dan tidur hendaknya teratur. Seringkali orang lupa istirahat. Maunya kerja saja terus dengan mengabaikan tubuh yang sudah lelah.

Akan tetapi, ada pula yang mengalami ketidakteraturan menstruasi sejak awal. Mereka yang mengalami hal seperti inilah yang perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis. Misalnya haidnya yang datang hanya 4 bulan sekali. Saran lain adalah jangan minum obat sembarangan. Juga, biasakan secara teratur datang ke dokter kandungan

PERBANYAK MAKAN BUAH DAN SAYURAN

Selain haid tidak teratur, hal lain yang kerap mengganggu kaum wanita adalah nyeri menjelang menstruasi atau pada saat haid. Rasanya seperti mulas bercampur keramketika darah sedang keluar. Rasa nyeri ini merupakan sesuatu yang wajar, karena dinding rahim saat itu sedang berkontraksi atau mengkerut untuk mengeluarkan gumpalan darah.

Nyeri ini lebih terasa pada wanita yang belum pernah melahirkan. Pasalnya, mulut rahim mereka masih kecil, sehingga rasanya seperti orang yang sedang melahirkan. Inipun sesuatu yang normal. Kecuali bagi wanita yang memang sangat sensitif, yang rasanya bisa sangat menyiksa. Namun, biasanya setelah menikah dan memiliki anak, ini akan hilang.

Akan tetapi, jika nyeri itu hebat dan berkepanjangan, p;erlu diwaspadai adanya kemungkinan ia menderita endometriosos. Dalam hal ini, sel-sel bagian dalam rahim tumbuh tidak di dalam rahim, tapi juga di luar. Misalnya, di ovarium atau saluran tuba yang sangat menyakitkan.

Jika nyeri menjelang haid begitu hebat sampai terasa melumpuhkan, sebaiknya segera periksa ke dokter. Terlebih bagi yang sudah berhubungan badan, karena mungkin merupakan suatu gejala infeksi. Nah, bila terjadi pelekatan organ genitalia internal akibat dari infeksi tersebut, dampaknya bisa menyulitkan punya anak.

Pusing yang menyertai menstruasi juga merupaka hal yang wajar. Pasalnya, wanita yang menjelang haid biasanya memang mengalami pre-menstruasi tension atau ketegangan menjelang haid. Efeknya antara lain perasaan tertekan, jerawatan, payudara nyeri, badan sakikt-sakit, perut serasa kembung, bengkak,ada rasa nyeri. Makanya, jadi lebih gampang marah atau sebaliknya dan perubahan emosi lainnya.

Semua itu, wajar-wajar saja dan tidak berbahaya. Untuk mengurangi kondisi yang tidak nyaman ini, dianjurkan mengurangi makanan yang banyak mengandung garam, bumbu penyedap, atau terlalu banyak mengandung minyak. Perbanyaklah makan buah dan sayur, cukup makanan yang mengandung minyak. Perbanyaklah makan buah dan sayur, cukup makanan yang mengandung karbohidrat dan tinggi serat.

Disadur dari kuliahbidan.wordpress.com

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. ayu

    dok saya 14 tahun saya baru ngalamin kejadian ini kira kira 1 tahun lebih saya sudah mengalami mens yg tidak teratur terkadang 3 bulan nanti selanjutnya 5-7 bulan kira kira penyebabnya apa ya dok ?

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat malam mbak,
      boleh saya bertanya : usia awal mbak mengalami haid di usia brapa? apakah setelah itu pernah mengalami siklus yang teratur setiap bulannya? bagaimana pertumbuhan payudara maupun bulu disekitar kemaluan? apakah ada pertumbuhan berlebihan dari bulu (misalnya bulu tangan atau kaki)? apakah ada saudara/ibu dengan riwayat seperti ini? mohon konfirmasinya agar saya bisa memberikan solusi. terimakasih

      1. Lia Rohma

        Dok..sya ingin bertanya sya sudah umur 19 tahun dan mgalami menstruasi tidak lancar sejak umur 14. Dan sudah periksa ke spesialis kandungan tetapi kata dokter tersebut tidak apa-apa. Tetapi akhir-akhir ini sya merasakan sakit di rahim saya. Menurut dokter bagaimana caranya agar menstruasi itu berjalan normal. Dan apakah seorang perempuan yang menstruasinya tidak lancar itu tanda kanker serviks?
        Mohon infonya dok..

        1. Dr. Yulia Evita

          selamat pagi ibu,
          sebelumnya boleh saya bertanya? pola menstruasi yang tidak normal yang ibu alami apakah bisa dijelaskan lebih detail misalnya tiap berapa bulan? lamanya? banyaknya seperti apa? bagaimana dengan pola makan dan pola hidup? apakah pertumbuhan payudara maupun bulu dikemaluan normal?
          bila ibu sudah memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan, tentu dokter tersebut lebih berkompeten dari pada saya yang tidak melakukan pemeriksaan apapun secara langsung pada ibu sehingga bila membutuhkan second opinion mungkin bisa memeriksakan diri secara langsung pada dokter yang berbeda.
          dengan usia seperti itu dan dengan riwayat belum pernah melakukan hubungan seksual, kemungkinan kanker serviks sangatlah kecil bu sehingga untuk kecendrungan kearah kanker serviks mungkin bisa dijadikan kemungkinan paling akhir dari keluhan yang ibu rasakan.
          terimakasih

          salam

          1. nazelia pusparani

            semangat Pagi, Dok.

            Dok, saya ingin bertanya.
            saya nazelia, umur saya 19tahun saya suka telat haid kadang haidnya lancar. tetapi skrg ini haid saya tidak teratur sudah hampir 5 bulan saya sudah merasa sakit di bagian2 payudarah, pinggul, dan jerawatan.
            itu kenapa ya dok?

    2. Your Name *

      dok..saya telat datang bulan uda 5 buln.biasanya dtg buln saya palingan telat 2 buln.saya punya penyakit epilepsi.apakah ada kaitan nya dgn telat datang bulan saya dokter???

      1. anggrayni

        dokter,saya ingin bertanya..
        saya sudah 5 buln g’mens,,
        pertama kali saya mens umur 12 thn skarg umur saya 23 thn saya blum menikah..mens saya slalu telat g’pernh beraturan kadang telat cuma 1 buln terkadang 2-3 bulan..dulu saya uda pernah ke dokter. trus dokter tu bilang tu tidk masalah,sejujur nya saya tidak mengerti dgn apa yg di katakan dokter tu,karn pada saat tu umur saya 13 thun dokter tu hanya berbicara dgn ibu saya tu pertama n terakhir kali saya konsultasi ke dokter,,padahal sampe sekarang mens saya slalu telat. malahan 5 bulan ni saya tidak pernah mens dok,, jujur saya takut skali dok,,
        saya memang ada epilepsi apakah mungkin ada kaitan nya dengan telat mens saya dokter??
        tolong di jawab ya dokter terima kasih

        1. Dr. Yulia Evita

          selamat pagi mbak,
          epilepsi tidak berhubungan secara signifikan dengan hormon seksual yang merangsang menstruasi sehingga jangan terlalu kawatir bila menstruasi yang anda alami karena epilepsi.
          1. cobalah untuk memeriksa ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan tatalaksana yang lebih adekuat terkait dengan penyakit yang ibu alami.
          2. untuk usia ibu skrg berapa?? bila masih dalam usia remaja awal 10-11 tahun ketidaklancaran menstruasi adalah hal yang wajar karena hormon seksual belum terlalu berkembang diusia seperti itu sehingga bila ibu melakukan pemeriksaan kedokter tentu saja tidak akan difikirkan kemungkinan penyebab lainnya namun bila usia anda sudah dewasa, mungkin ada penyebab lain yang harus diketahui.
          terimakasih

      2. Dr. Yulia Evita

        selamat pagi mbak,
        epilepsi tidak berhubungan secara signifikan dengan hormon seksual yang merangsang menstruasi sehingga jangan terlalu kawatir bila menstruasi yang anda alami karena epilepsi.
        1. cobalah untuk memeriksa ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan tatalaksana yang lebih adekuat terkait dengan penyakit yang ibu alami.
        2. untuk usia ibu skrg berapa?? bila masih dalam usia remaja awal 10-11 tahun ketidaklancaran menstruasi adalah hal yang wajar karena hormon seksual belum terlalu berkembang diusia seperti itu sehingga bila ibu melakukan pemeriksaan kedokter tentu saja tidak akan difikirkan kemungkinan penyebab lainnya namun bila usia anda sudah dewasa, mungkin ada penyebab lain yang harus diketahui.
        terimakasih

  2. Dr. Yulia Evita

    selamat malam ibu nazelia pusparani,
    ibu sedang mengalami ketidakstabilan hormonal sehingga menimbulkan gejala-gejala seperti itu. biasanya setiap berapa bulan sekali ibu mengalami menstruasi?
    saya sarankan untuk berkonsultasi dan diperiksa langsung tentang pola menstruasi yang ibu alami karena diusia seperti ini seharunya pola menstruasi sudah teratur.
    terimakasih

  3. Veronica

    Salam, Dokter.
    Saya ingin tanya, sudah 4 bulan ini saya tidak datang bulan. Saya khawatir kalau terjadi sesuatu dengan kesuburan saya. Saya juga takut kalau setelah menikah nanti, saya tidak bisa punya anak.

    Dokter, usia saya saat ini 21 tahun. Saya belum menikah dan tidak pernah berhubungan. Awal datang bulan saya adalah pertengahan bulan Maret 2008 saat usia saya 14 tahun. Perkembangan saya normal, sama dengan gadis-gadis seusia saya. Ada pertumbuhan bulu juga pertumbuhan payudara. Datang bulan saya selama ini juga kurang teratur. Kadang sebulan sekali, dua bulan sekali, malah pernah sebulan dua kali. Kadang darah yang keluar sangat banyak, kadang sangat sedikit. Terakhir kali saya datang bulan adalah tanggal 11 Agustus 2015.

    Karena tidak datang bulan, saya kerap merasakan PMS. Emosi saya naik-turun dan malah pernah berpikiran yang buruk-buruk.
    Apakah ini berhubungan dengan stres yang selama ini saya alami sejak mulai kerja September 2015 lalu? Kalau iya, bagaimana saya mengatasinya? Adakah obat atau makanan yang bisa saya konsumsi agar datang bulan saya lancar?

    Saya juga pernah dengar dari dokter setempat, katanya hubungan romantis (punya pacar, suka menonton sinetron romantis, dll) juga mempengaruhi kelancaran datang bulan karena mempengaruhi hormon wanita. Waktu itu saya berusia 13 tahun dan belum mendapat datang bulan. Saat itu saya tidak suka menonton film romantis dan tidak pernah punya pacar. Sampai saat ini saya juga tidak punya pacar dan tidak pernah memikirkan soal hubungan asmara. Apakah itu ada hubungannya dengan siklus haid tak lancar?

    Mohon jawabannya, Dokter. Terima kasih banyak.

    1. Dr. Eko

      Selamat malam Veronica
      Terima kasih atas pertanyaannya dan kepercayaannya
      Siklus menstruasi sangat dipengaruhi oleh perubahan siklus hormonal pada wanita
      Stress fisik dan psikologis juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi, sebaiknya anda beristirahat dengan cukup dan jangan terlalu lelah dan hindari stress psikologis

      Seorang perempuan pada umumnya mengalami masa subur yaitu 2 minggu sebelum haid berikutnya, bila siklus haid tidak teratur, menjadi sulit untuk memperkirakan kapan terjadi ovulasi atau masa subur

      Perasaan romantis atau sense of belonging juga berkaitan dengan hormonal, yaitu adanya hormon oksitosin
      memang tidak dapat dijelaskan secara gamblang kaitan antara psikologis dan hormonal, tetapi keduanya slaing berkaitan

      Silakan periksa kan diri anda ke Dokter Spesialis Kandungan (Sp.OG) berkaitan dengan siklus haid anda yag tidak lancar

      bia siklus haid anda sudah lancar dan anda masih memiliki keluhan berkaitan dengan psikologi, dapat berkonsultasi dengan Psikolog

      Terima kasih, salam sehat

  4. asmi

    Dok saya mau tanyak
    Saya berusia 17 tahun
    Sebelumnya haid saya lancar
    biasanya saya haid tgl 20
    tapi bulan november kemarin saya haid tgl 21 dok
    kemudian awal desember saya keluar bercak coklat tapi cuma sedikit dan besoknya dah gak keluar lagi dok
    bulan desember sampai sekarang tgl 25 saya blum juga haid dok
    saya takut kenapa2

    1. Dr. Eko

      Selamat Siang Asmi
      dari keluhan yang anda bagikan, kurang kebih siklus mens anda sekitar 30 hari
      seharusnya anda kembali datang bulan sekitar tanggal 22 desember ini

      bila dalam 2 minggu anda tidak kunjung datang bulan silakan periksa ke dokter terdekat untuk pemeriksaan yang lebih lengkap
      Terima kasih

  5. rae

    Permisi, sy mau tanya saya awal datang bulan ketika sy umur 12 tahun dan sekarang saya 17 tahun. Dari awal memang haid sudah tdk lancar tp akhir 2 ini telatnya sampai 5-6 bulan padahal biasanya hanya 2-3 bulan. Itu kenapa ya? Makasih

    1. Dr. Eko

      Selamat malam Rae
      maaf kalau boleh tahuberapa berat badan dan tinggi badan anda?

      keluhan yang anda alami dapat diseabkan karena ketidakseimbangan hormonal
      Silakan periksa ke Dokter Kandungan untuk pengobatan lebih lanjut
      Terima kasih

  6. Mely

    Dok say mau tanya,,,
    Kenapa halangan bisa tidak lancar sejak awal halangan, saya awal halangan yaitu sekolah SMP kelas 2, semester ke 2, trus berlanjut klas 3 SMP, ya kesimpulanya sebelum saya mmenikah 4 atau 6 Kali dalam1 tahun halangan ,
    Dan umur saya sekarang 28 tahun saya Sudah menikah Dan punya anak 1 umurnya 5 tahun, umur anak 2 tahun saya tidak halangan kurang lebih 2 tahun, pada bulan October 2014 saya halangan ta henti 2 sampai saya konsultasi pada dokter special kandungan di beri obat dan konsumsi 1 butir per hari selama 1 bulan pil itu saya konsumsi, setelah itu halangan saya deras seperti pendaraan sehingga bulan February 2015 saya otname dan transpusi 4 kantong darah karena HB saya rendah Kara doktet yang menangani saya. Berlalu 3 bulan saya tidak halangan juga, kembali saya konsultasi diberi obat, setelah saya konsumsi obat yang di kasih dokter selang 2 minggu saya halangan, normal seperti biasa bulan July 2015, Dan mulai bulan Augustus sampai sekrang Saya tidak Halangan lagi ,saya takut kejadian bulan February itu terulang lagi,
    Kenapa bisa seperti itu ya dok ??

    Mohon jawabanya ya Dok,,,, terimakasih.

    1. Dr. Eko

      Selamat Pagi Mely
      Terima kasih atas pertanyaannya

      Dari keluhan dan riwayat yang anda bagikan, anda pernah mengalami tidak keluar menstruasi (amenorrhea sekunder)
      dan yang terakhir ini mengalami perdarahan rahim abnoral (abnormal uterine bleeding)

      Perdarahan rahim abnormal salah satunya dapat disebakan oleh mioma uteri (penebalan abnormal dari lapisan otot dinding rahim), ataupun karena ketidakseimbangan hormon
      Apakah anda sudah pernah melakukan pemeriksaan USG?
      Bagaimana hasil yang ditemukan? Adakah pembesaran pada dinding rahim?

      Si;akan anda kontrol kepada Dokter kandungan yang pernah merawat anda , sebaiknya anda komunikasikan dengan dokter anda mengenai diagnosis, rencana pengobatan yang akan diambil, dan taksiran perjalanan penyakit (prognosis)

      Terima kasih

  7. Lati Fah

    Dok.. saya umur 12-13 tapi sudah haid.. dan saya hanya haid 3 x trakhir saya haid itu skitar 4-5 yabg lalu dan skrng blum haid lagi apa ada masalah Dok.. apa ini terkait umur saya yang masih segitu wajar saja?? Apa ada masalah lainnya??

  8. octavia margaretha

    Dok saya mau nanya. Usia saya sekarang18thn dari bulan desember sampai bulan januari ini saya belum dtgbulan. Dibulan november kmrn saya dtg bulannya diawal bulan desember, pdhl biasanya saya dtgbulan diakhir” bulannya dok.
    Ituu disebabkan kenapa ya dok kalo boleh tau? Trimaksih:)

  9. Mikaila Putri

    Selamat malam dok .
    Saya ingin berkonsultasi .
    Bulan agustus tgl 28 2015 kemarin saya pasang iud karna saya baru melahirkan pada bulan mei 2015.
    Pasca melahirkan sampai pasang iud saya tidak mengalami menstruasi akan tetapi setelah pasang iud saya langsung perdarahan selama 1 minggu .
    Pada bulan selanjutnya sampai saat ini sudah masuk bulan ke 5 saya tidak menstruasi tetapi tidak ada tanda² kehamilan karna perut juga tidak mengencang & membesar .
    Memang akhir² ini saya banyak fikiran dan sering menangis & marah² karna ada sdkit masalah .
    Dokter, mungkinkah ada sesuatu yg serius dibalik terlambatnya menstruasi saya ini ? Tolong dibalas . Terimakasih banyak sebelumnya

  10. Igga

    Assalamualikum..
    Dok, perkenalkan nama saya igga.
    Umur saya skrg 19 tahun.
    Dok, saya haid pertama kali umur 12 tahun. Awal haid saya sangat teratur.
    Mulai 14 tahun, haid saya mulai tidak teratur. Kadang 2-3 bulan haid tidak ada. Saya tanyakan kepada ibu saya, itu sudah biasa. Karna ibu dulu seperti itu juga, hormon nya yg buat seperti itu. Jadi saya tidak cemas lagi.

    Tapi, sudah mulai 17 tahun, haid saya kadang gak datang 5-6 bulan. Ini menurut saya sudah tidak wajar lagi. Karena saya takut dok. Orang2 sering mengira dan menduga, kalau tidak haid selama itu, tandanya hamil. Saya jadi takut, walaupun saya belum pernah sama sekali berhubungan badan.

    Ketika saya menemani ibu ke bidan yg biasa kami datangi, saya hanya menanyakan kenapa haid saya sudah terlalu lama tidak datang, dan bidan tersebut mengatakan tidak apa2, karena ibu mu dulu seperti itu juga. Mungkin faktor keturunan..

    Skrg saya sudah 19 tahun dok. Dan hal seperti itu muncul lagi. Saya sudah hampir 5 bulan tidak mengalami menstruasi.
    Berat badan saya awalnya 54 kg, tetapi karena saya libur kuliah selama 1 bulan, berat badan saya menjadi 62 kg. Dan itu sedikit membuat perut saya agak buncit.
    Saya takut dok. Dengan 5 bulan saya tidak haid, saya nanti nya kenapa2.
    Pikiran saya tidak karuan, yg mengira hamil, tetapi saya belum pernah berhubungan intim, atau saya terkena kanker rahim.

    Saya tidak berani untuk konsultasi ke dokter kandungan. Karna saya sangat takut dok.

    Dan saya pun punya adik perempuan. Kejadiannya sama dengan saya. Dia telat datang bulan selama 4 bulan..

    Apa itu karena keturunan dari ibu saya dok??

    Kadang saya dengan adik saya sangat takut, jika haid kami sudah lama tidak datang. Dan kami pun takut untuk pergi ke dokter.

    Tolong solusinya ya dok..
    Terimakasih..

  11. anggriany

    dok saya anggriany, umur sya 17thun, sya sudah 5 bulan ngak mens, sya sering telat datang bulan, terus badan sya sering bengkak. apa penyebabnya ya dok tolong infonya.
    terima kasih.

  12. Karuna

    Selamat pagi dok. Sy gadis berusia 19 thn. Sy udh hampir 3 bulan telat haid, kenapa yah dok? sebelumnya haid sy memang kurang teratur dan pernah bbrp bulan telat juga tpi akhirnya kembali haid. tpi kebanyakan setiap bulan sy haid meskipun kdg dikit kdg banyak. terakhir saya haid bulan november 2015 sy haid banyak. tapi sampai skrg sy belum haid lagi. Mohon penjelasannya kenapa yaa dok? thanks.

    1. dr. Vanny Bernadus

      @karuna
      gangguan mens bisa disebabkan karena stress, kelelahan, diet, berat badan yg naik atau turun drastis, hormon, obat2an termasuk kontrasepsi. Bila sering berulang, sebaiknya periksakan dulu ke dokter kandungan. trims

  13. dr. Vanny Bernadus

    @Latifah, hal ini adalah wajar karena hormon yg belum seimbang terutama sering terjadi pada usia remaja. trims

  14. dr. Vanny Bernadus

    @octavina margaretha,
    pada usia remaja sering terjadi hal demikian karena hormon yg belum seimbang. jaga pila hidup sehat. bila sering berulang, kamu bisa periksakan ke dokter kandungan untuk memastikan tidak ada gangguan apapun pada saluran reproduksi. trims

  15. dr. Vanny Bernadus

    @Mikaila Putri, stress bisa mempengaruhi siklus mens. namun sebaiknya anda pasrikan dulu ke dokter kandungan bahwa tidak ada masalah pada saluran reproduksi anda. trims

  16. dr. Vanny Bernadus

    @Igga,
    gangguan mens bisa disebabkan karena stress, kelelahan, diet, berat badan yg naik atau turun drastis, hormon, obat2an termasuk kontrasepsi. Bila sering berulang, sebaiknya periksakan dulu ke dokter kandungan. trims

  17. dr. Vanny Bernadus

    @anggriany
    gangguan mens bisa disebabkan karena stress, kelelahan, diet, berat badan yg naik atau turun drastis, hormon, obat2an termasuk kontrasepsi. Bila sering berulang, sebaiknya periksakan dulu ke dokter kandungan. trims

  18. dr. Vanny Bernadus

    @muhammad aziz,
    gangguan mens bisa disebabkan karena stress, kelelahan, diet, berat badan yg naik atau turun drastis, hormon, obat2an termasuk kontrasepsi. Bila sering berulang, sebaiknya periksakan dulu ke dokter kandungan. trims

Leave a Comment