informasi kesehatan


Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat

Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat

DokterSehat – Menstruasi adalah proses bulanan tumpahan lapisan bagian dalam dan darah uterus melalui liang kelamin wanita atau vagina. Keluarnya cairan yang mengandung darah ini terjadi pada wanita yang sudah memasuki usia subur dan yang sedang tidak hamil. Peristiwa ini dimulai dengan adanya pengeluaran selaput lendir rahim di bagian dalam rahim atau endometrium.

Di bawah pengaruh hormon estrogen, endometrium pun jadi tumbuh menebal, menantikan datangnya sel telur. Ibaratnya lapisan tebal endometrium ini seperti karpet atau tanah subur yang siap menanti datangnya sel telur atau okulasi. Pada puncak pertengahan siklus haid yang optimal, terjadilah pelepasan sel telur. Nah, saat itulah bila ada sel sperma masuk, sel telur dan sperma ini bersatu menjadi zygote (bakal janin) dan menempel pada endometris yang sudah mencapai ketebalan maksimal tadi.

Proses seperti ini akan berulang setiap bulan, sepanjang tidak terjadi pembuahan yang menghasilkan zygote. Pada waktunya, tumbuh lagi selaput yang baru. Dengan kata lain, karpet tadi digelar lagi, lalu tanggal lagi, begitu seterusnya.

PENGARUH DIET DAN OLAHRAGA

Jadi, menstruasi sebetulnya sesuatu yang normal, sehingga semua wanita mengalaminya. Pada setiap wanita, siklus haid ini pun bervariasi. Rata-rata berjarak 28 hari, namun bisa juga sampai 42 hari. Jika sampai terjadi keterlambatan pun, semisal sampai 3-4 bulan, juga tak perlu terlalu dikhawatirkan. Tapi disarankan sebaiknya periksa ke dokter spesialis. Apalagi kalau telat sampai 5-6 bulan.

Sering orang salah mengerti, kalau sampai 3 atau 4 bulan tidak haid, mereka menyangka darahnya bisa mengumpul di dalam, menggenang, dan lama-lama bisa berbahaya. Padahal jika tidak haid, berarti tidak ada pendarahan bdi dalam tubuh. Tidak mens berarti tidak ada endometrium yang lepas. Jadi bukan berarti ada darah yang mengumpul. Darah baru keluar jika selaput lendirnya lepas. Jika tidak lepas, ya tidak berdarah. Jadi jangan khawatir.

Lantas apa saja yang menyebabkan mens telat? Penyebabnya bisa bermacam-macam. Bagi yang masih belum menikah, penyebabnya bisa karena terlalu lelah. Contohnya, belajar terlalu keras bagi yang masih sekolah atau kuliah, atau berolahraga kelewat berat. Sebaliknya bisa juga terjadi pada mereka yang biasa berolahraga dan menghentikan kebiasaannya secara tiba-tiba. Pola makan pun bisa mempengaruhi siklus haid. Misalnya, mereka yang biasa makan banyak dan mendadak diet. Ini akan membuat tubuh stres. Atau bisa jadi badan kurus jadi gemuk. Pokoknya, tiap ada perubahan berat badan mencolok.

Jenis-jenis obat tertentu juga bisa mengusik pola haid, terutama obat-obatan yang mengandung hormon. Contohnya,obat untuk mengatasi gatal-gatal atau obat sakit telinga. Begitu pula obat-obatan KB atau suntik KB. Baru setelah berhenti minum obat, haid akan kembali lancar. Keterlambatan haid lebih sering dialami mereka yang masih gadis, karena pola okulasinya belum teratur. Hanya saja, kalau sudah terbiasa haid kemudian haidnya tidak ada, harus bertanya pada diri sendiri. Jangan-jangan pernah minum obat tertentu.

SULIT PUNYA ANAK

Kasus yang perlu diwaspadai adalah gadis remaja yang belum juga mendapat haid. Terlebih jika usianya sudah mencapai 17 tahun. Jika ini terjadi, sebaiknya segera lakukan pemerikasaan. Sebab, bisa saja ada kemungkinan selaput darahnya tertutup rapat. Normalnya, selaput darah itu mempunyai lubang-lubang. Kalau tertutup rapat, dia mungkin bisa haid, tapi haidnya tidak bisa keluar. Nah, yang ini memang betul darahnya bisa mengumpul di dalam.

Untuk yang sudah menikah, keterlambatan haid dapat disebabkan oleh kemungkinan baru selesai melahirkan atau menyusui. Ada pula kemungkinan karena terserang infeksi, termasuk penyakit infeksi akibat hubungan seks. Bagi yang berusia di atas 35 tahun, juga mesti waspada terhadap adanya tumor indung telur.

Ada juga wanita yang mengalami perdarahan di antara dua masa haid. Kalau ini terjadi pun harus segera diperiksakan. Perdarahan yang terjadi dengan siklus kurang dari 21 hari jelas tak normal, terutama bagi yang sudah tidak gadis lagi. Kalu mereka yang masih di bawah umur 20 tahun, mungkin hanya karena gangguan hormon.

Benarkah haid yang tidak teratur menyulitkan punya anak? Pandangan ini tidak selalu tepat. Sering terjadi, pasien wanita ingin punya anak tapi menstruasinya tidak teratur. Lalu dia datang ke dokter minta agar menstruasinya bisa dibuat teratur sehingga bisa punya anak. Ini tidak selalu bisa. Sulit punya anak tidak selalu berkorelasi dengan siklus haid.

Sebagian kasus menstruasi yang tidak teratur bisa diatasi dengan menjalani pola hidup yang teratur pula. Bagi yang mengalami ketidakteraturan secara mendadak, sebaiknya jangan stress, tidak merokok, apalagi minu-minuman beralkohol. Makan, bekerja, dan tidur hendaknya teratur. Seringkali orang lupa istirahat. Maunya kerja saja terus dengan mengabaikan tubuh yang sudah lelah.

Akan tetapi, ada pula yang mengalami ketidakteraturan menstruasi sejak awal. Mereka yang mengalami hal seperti inilah yang perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis. Misalnya haidnya yang datang hanya 4 bulan sekali. Saran lain adalah jangan minum obat sembarangan. Juga, biasakan secara teratur datang ke dokter kandungan

PERBANYAK MAKAN BUAH DAN SAYURAN

Selain haid tidak teratur, hal lain yang kerap mengganggu kaum wanita adalah nyeri menjelang menstruasi atau pada saat haid. Rasanya seperti mulas bercampur keramketika darah sedang keluar. Rasa nyeri ini merupakan sesuatu yang wajar, karena dinding rahim saat itu sedang berkontraksi atau mengkerut untuk mengeluarkan gumpalan darah.

Nyeri ini lebih terasa pada wanita yang belum pernah melahirkan. Pasalnya, mulut rahim mereka masih kecil, sehingga rasanya seperti orang yang sedang melahirkan. Inipun sesuatu yang normal. Kecuali bagi wanita yang memang sangat sensitif, yang rasanya bisa sangat menyiksa. Namun, biasanya setelah menikah dan memiliki anak, ini akan hilang.

Akan tetapi, jika nyeri itu hebat dan berkepanjangan, p;erlu diwaspadai adanya kemungkinan ia menderita endometriosos. Dalam hal ini, sel-sel bagian dalam rahim tumbuh tidak di dalam rahim, tapi juga di luar. Misalnya, di ovarium atau saluran tuba yang sangat menyakitkan.

Jika nyeri menjelang haid begitu hebat sampai terasa melumpuhkan, sebaiknya segera periksa ke dokter. Terlebih bagi yang sudah berhubungan badan, karena mungkin merupakan suatu gejala infeksi. Nah, bila terjadi pelekatan organ genitalia internal akibat dari infeksi tersebut, dampaknya bisa menyulitkan punya anak.

Pusing yang menyertai menstruasi juga merupaka hal yang wajar. Pasalnya, wanita yang menjelang haid biasanya memang mengalami pre-menstruasi tension atau ketegangan menjelang haid. Efeknya antara lain perasaan tertekan, jerawatan, payudara nyeri, badan sakikt-sakit, perut serasa kembung, bengkak,ada rasa nyeri. Makanya, jadi lebih gampang marah atau sebaliknya dan perubahan emosi lainnya.

Semua itu, wajar-wajar saja dan tidak berbahaya. Untuk mengurangi kondisi yang tidak nyaman ini, dianjurkan mengurangi makanan yang banyak mengandung garam, bumbu penyedap, atau terlalu banyak mengandung minyak. Perbanyaklah makan buah dan sayur, cukup makanan yang mengandung minyak. Perbanyaklah makan buah dan sayur, cukup makanan yang mengandung karbohidrat dan tinggi serat.

Disadur dari kuliahbidan.wordpress.com

pf button both Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

1,163 Responses to “Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat”

  1. diana says:

    siang dok..
    nama saya diana,umur saya 20 tahun,saya belum menikah dan belum berhubungan badan.
    saya mau tanya dok,bulan puasa kemarin saya haid 9 hari terus 5 hari kemudian saya haid lagi selama 6 hari dan sebelum lebaran udah berhenti dan darahnya itu lancar tapi setelah itu saya belum haid lagi sampai sekarang,itu bagaimana dok? saya takut sekali dok,tolong di balas secepatnya :)

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Gangguan mens bisa disebabkan Karena stress, kelelahan, diet, perubahan berat badan Yg drastis, hormon, obat2an termasuk kontrasepsi. Bila halo I terjadi berulang,sebaiknya periksakan ke dokter kandungan. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • diana says:

        iya dok,berat badan saya naik drastis dok,apa itu penyebabnya ya?
        tapi apakah darah kotor yang seharusnya keluar itu bisa menumpuk dalam tubuh saya dan apakah tidak berbahaya kalau sampai sekarang saya masih belum datang bulan dok?

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. MESNI. says:

    Dok saya mesni,,,,menikah september 2012,,gni dok saya haid tgl 20 agustus,,,nah bulan ini saya uda telat u hari,apakah uda bisa d deteksi kehamilan sya dok,,,masalahnya payudara mulai membesar,,apakah saya hamil dok,,,mohon penjelasanya…

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Anda bisa Lakukan tes kehamilan dengan tes pack untuk mengetahuinya. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • dr. Vanny Bernadus says:

        Tidak Ada istilah darah kotor menumpuk di dalam tubuh bila belum mens. Darah mens Yg keluar sebenarmya ialah dinding rahim Yg rontok Dan prosesnya Akan terjadi berulang2 setiap bulan dimana setelah mens (dinding rahim rontok), maka dinding tersebut Akan menebal kembali, setelah itu rontok kembali (mens).
        Pada usia remaja, factor hormonal juga berperan. Jaya pola makan kamu, jangan terlalu berlebihan, istirahat Yg cukup, makan bergizi agar hormon kembali seimbang. Bila berbulan2 masih belum mens sebaiknya periksakan ke dokter kandungan untuk dilakukan terapi, trims

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

        • diana says:

          trima kasih dok,,skarang saya sudah haid dok,tapi 2 hari yang lalu saya minum pil tuntas dan hari ini saya haid dok. pil tuntas itu bahaya nggk sich dok buat rahim ?

          Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

          • dr. Vanny Bernadus says:

            @diana, pil tuntas berbahaya bila diminum saat Hamil Karena bisa berbahaya bagi Janin Dan bisa menyebabkan keguguran. Bila tidak sampai keguguran Malah bisa menyebabkan kecacatan pada bayi. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Trims

            Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. diyah says:

    saya diyah dok, umur 21 th belum menikah dan belum pernah berhubungan seks. mau tanya,..batas normal terlambat datang bulan berapa hari? saya terakhir haid 25 juli 2013 dan sampai sekarang belum haid lagi. mohon solusinya

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Mens Yg normal berdarah 28-42 hari. Bila Lebih Dari atau kurang Dari batas waktu tersebut bisa disebut tidak normal. Gangguan pada mens bisa disebabkan Oleh stress, diet, kelelahan, berat badan Yg naik/turun drastis, hormon, obat2an termasuk kontraseps. Bila terjadi berulang2 atau berbulan2 tidak mens, sebaiknya periksakan ke dokter untuk ditangani. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. vey says:

    saya 2 bulan tidk dtang bulan..
    trakhir sya brhubngan tgl 2 juli dan haid tgl 29 juli..
    smpai skrng saya tidak haid dok..
    dan spermax tidak d’muntahkan dlam rahim saya..
    apa saya tidak apa_2 dok..???

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • vey says:

      saya belum dtang bulan 2 blan dok..
      trakhir ML tgl 2 juli dn dtang bulan tgl 29..
      sdngkn spermax tdk d’muntahkan dlam rahim saya..
      apa itu tdk apa_2 dok..??
      saya takut.

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • dr. Vanny Bernadus says:

        Gangguan mens bisa Karena stress, kelelahan, diet, obat termasuk kontrasepsi, hormon. Bila Sudah berbulan2 tidak mens, sebaiknya periksakan ke dokter untuk diperiksa Dan ditangani. Trims

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Gangguan mens bisa Karena stress, kelelahan, diet, obat termasuk kontrasepsi, hormon. Bila Sudah berbulan2 tidak mens, sebaiknya periksakan ke dokter untuk diperiksa Dan ditangani. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • vey says:

        ok..
        makasi dok..
        smpai skrng sya blum haid..

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. Vanny Bernadus says:

          Sebaiknya periksakan ke dokter spesialis kandungan Dan kebidanan untuk diperiksa Dan ditangani secara tepat. Trims

          Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

          • vey says:

            sya udah haid dok..
            tpi kali ini haidx lamah..
            udah mauh masuk s’bulan..
            sya takut priksa k’dokter..

            Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. vegy says:

    sya belum mnikah atu pun berhubungan sexs

    umur sya 14 thun,, tgl 20 bulN SEPTEMBER 2013 SYA haid dok ,,, tpi d bulan oktober in sdah lwat tgl 20 tpi sya blum haid jg dok ,,,,
    g mna nich?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Pada usia remaja sering terjadi gangguan mens akibat hormonal, selain itu bisa juga disebabkan Karena stress, diet,berat badan berubah drastis, obat termasuk kontrasepsi. Normalnya wanita mens setiap 28-42 hari sekali. Untuk kamu masih dalam batas normal.
      Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. agnie says:

    saya agnie, 21 tahun belum menikah dan belum berhubungan sex. saya tidak haid selama 3 bulan dok, apa itu masih normal ? lalu apakah ada obat buat perangsang haid yang aman ?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat siang,
      Salam sehat,

      Apakah belakangan ini agnie mengalami kelelahan , sering tidur malam, atau berat badan yang berubah secara drastis?
      Sering kali masalah haid adalah disebabkan karena gangguan hormonal. Kelelahna fisik, pola tidur larut malam, berat badan meningkat drastis dapat mempengaruhi perubahan pola menstruasi tersebut.

      Cobalah untuk menghindari hal tersebut, perbanyak berolahraga , bila keluhan tetap berlanjut disarankan untuk memeriksakan diri langsung ke dokter.

      Semoga bermanfaat
      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. dani says:

    pagi dok,sy mau tnya usia sy 23th,sdh prnah berhubungan sex,knpa ya bulan ini sy blum jg mendapat mens pdhal sdh wktunya,sy sdh minum pil tuntas,tp blum jg mens,gmn solusi nya dok,trimakasih.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • febriyanti says:

      Pagi dok, saya febri, usia saya 24thn dan sudah menikah
      Saya mau tanya, semalam sya berhubungan sex dan mengeluarkan bercak darah, kenapa ya,….tidak seperti biasa nya…apakah saya hamil ya dok ? Atau ada kendala laen ??
      Bulan ini saya datang mens tgl 8 dan selesai tgl 13

      Mohon informasi nya dok
      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • dr. nellyn angela says:

        Selamat siang bu febrianty,

        Perlu diketahui keluarnya darah pada saat setelah melakukan hubungan seks bukanlah gejala yang menunjukan adanya diagnosa kehamilan, meskipun tidak berlaku sebaliknya ( bisa saja perdarahan terjadi pada saat seseorang hamil yang mengalami gangguan).

        Perdarahan ini bisa saja terjadi akibat trauma mekanis atau akibat kurangnya pelumas akibat foreplay yang kurang. Apakah setelahnya terjadi menstruasi terus menerus/ hanya bercak 1x saja?

        Disarankan untuk ibu tetap melakukan test pack urin dengan baru bangun tidur, bila +/ gejala berlangsung terus menerus segeralah memeriksakan diri langsung ke dokter (spesialis kandungan).

        Semoga bermanfaat
        Terima kasih

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat siang,
      salam sehat,

      Sudah berapa lamakah ibu mengalami telat datang bulan?
      Bila baru beberapa hari hal tersebut dapat dianggap wajar.
      Bila sudah lebih lama terdapat beberapa hal yang bisa saja menjadi penyebab, diantaranya gangguan hormonal akibat tubuh yang kurang fit atau berat badan yang berubah drastis, atau kemungkinan lain adalah terjadinya kehamilan.

      Sebaiknya ibu melakukan pemeriksaan tes pack dengan menggunakan urin di pagi hari saat bangun tidur terlebih dahulu untuk mengetahuinya. Bila memang negatif cobalah untuk lebih banyak beristirahat, hindari stress dan banyak berolahraga untuk menyembangkan sistem hormon di dalam tubuh baru kemudian dengan penggunaan obat-obatan sesuai saran dokter.

      Semoga bermanfaat
      Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. Malam dok.

    Saya mitha umur saya 23 tahun saya belum menikah dan saya juga belum pernah berhubungan badan, yang saya mau tanyakan bahwa selama 6 bulan saya belum hangan, saya periksa k dokter katanya gangguan hormon kemudian d kasih obat kemudian saya halangan, setelah obatnya habis kemabali sepetti biasa lagi..dan selama 6 bulan lagi saya tidak halangan, karena saya tidak merasa pernah berhubungan badan jadi saya santai saja, apakah itu tidak apa2 dok terlambat halanagn selama itu…
    Mohon penjelasannya..

    terimakasih.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Sebaiknya jangan dibiarkan, Karena bisa mengganggu kesuburan anda. Sulit bagi anda nantinya bila Sudah menikah untuk menentukan masa subur anda, sehingga kehamilan bisa saja sulit terjadi, kami sarankan kontrol terus ke dokter kandungan sampai mens anda benar2 lancar setiap bulannya. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • melpa says:

        pagi dok,nama saya melpa,umur 21 tahun

        apakah demam dapat memperlambat masa menstruasi?

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. Vanny Bernadus says:

          Stress, diet, kelelahan, obat termasuk kontrasepsi, hormon, berat badan berubah drastis bisa mengganggu menstruasi. Trims

          Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

          • julie says:

            Saya julie 26th dan sdh menikah,maaf dok mau tanya,,pertengahan okt 13 sy lepas KB IUD,tgl 25 okt sy mens selama seminggu(siklus haid biasanya rutin pd akhir bulan),,unt bulan november sy tdk mens dok,smpe sdh bln des ini sy tdk juga mens,stlh sy prksa dg test pack hasilnya negatif dan tdk merasa tanda2 kehamilan,,sy takut trjd apa2 pd rahim saya,,adakah kmngkinan sy hamil/trjd sesuatu pd rahim sy dok,,trimakasih sebelumnya

            Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

          • dr. Vanny Bernadus says:

            @julie,
            Siklus normal mens wanita ialah 28-42 hari. Bila kurang atau Lebih Dari itu bisa disebabkan karena Stress, diet, kelelahan, obat termasuk kontrasepsi, hormon, berat badan berubah drastis.
            Untuk wanita Yg Sudah menikah/berhubungan badan, bisa juga Karena Hamil. Kami sarankan untuk anda, bila Lebih Dari siklus normal, Lakukan pengecekan kehamilan dengan tes pack, bila negatif, tunggu 1 minggu kemudian, bila masih belum mens, Lakukan pengecekan ulang. Atau segera ke dokter. Trims

            Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. yanne says:

    saya yanne umur saya 32 tahun, saya sdh pny anak umurnya baru 2 tahun, saya terakhir haid pd bln september, bulan oktober dan november saya tdk haid, yg ingin saya tanyakan, kenapa yah begitu, padahal saya tidak pakai KB dan saya sudah ditespek dan hasilnya negatif.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat siang,
      Salam sehat,

      Gejala yang ibu alami ini disebut juga sebagai amenorhea, amenorhea ini dapat disebabkan akibat beberapa hal, yang paling banyak terjadi adalah akibat gangguan hormonal. Gangguan hormonal ini dapat terjadi akibat kelelahan, tidur tidak teratur, berat badan berubah drastis, makan tidak teratur, stress, dsb.

      Cobalah untuk menghindari hal hal diatas, bila masih terdapat keluhan disarankan ibu memeriksakan diri langsung ke dokter (spesialis kandungan ) terdekat untuk terapi lebih lanjut.

      Semoga bermanfaat
      Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. ve says:

    selamat pagi dok…
    sy mau nanya, terahir sya brhubngan seks dan udah 1 bulanan sya tidak datang bulan,, tp sya g ngerasain mual / muntah / gejala yg d alami ibu hamil pd umunya.. dan sy tespack hasilnya juga negatif.. itu kenapa y dok…. apa kira” sy hamil… tolong d jawab dok.. trm kasih.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Gangguan mens bisa disebabkan Karena diet, obat termasuk kontrasepsi, stress, kelelahan, berat badan Yg berubah drastis. Namun pada wanita Yg menikah atau sudah berhubungan badan tetap Ada kemungkinana Hamil, anda bisa ulangi pemeriksaan dengan tes pack satu minggu kemudian bila masih belum mens atau langsung periksakan ke dokter kandungan. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. vy says:

    dok…sy mau nanya, terahir sya brhubngan seks dan udah 1 bulanan sya tidak datang bulan,, tp sya g ngerasain mual / muntah / gejala yg d alami ibu hamil pd umunya.. dan sy tespack hasilnya juga negatif.. itu kenapa y dok…. apa kira” sy hamil…/ rahim sy ini kena penyakit.. tolong d jawab dok.. trm kasih.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Gangguan mens bisa disebabkan Karena diet, obat termasuk kontrasepsi, stress, kelelahan, berat badan Yg berubah drastis. Namun pada wanita Yg menikah atau sudah berhubungan badan tetap Ada kemungkinana Hamil, anda bisa ulangi pemeriksaan dengan tes pack satu minggu kemudian bila masih belum mens atau langsung periksakan ke dokter kandungan. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • vy says:

        trimah kasih.. kalau sy hamil tp kok sy g ngerasain gejala” kyk orang hamil ya dok.sprti muntah”, payudara membesar, sering pipis, pusing dll.. sy takutnya rahim sy bermasalah dok.. tolong d jwb y dok.. trimah kasih

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. Vanny Bernadus says:

          Saat Ini belum tentu anda Hamil Dan belum tentu juga anda tidak Hamil. Jadi kalau memang anda tidak Hamil tentu saja tanda2 anda Hamil tidak Ada. Dan tidak semua tanda2 tersebut Ada pada semua Ibu Hamil. Trims

          Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

          • vy says:

            trs sy hrus gmn dok.. kira” ada obatnya g dok biar sy datang bulan lgi.. trmksih

            Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

          • dr. Vanny Bernadus says:

            Seperti Yg Sudah sy katakan, anda bisa ulangi pemeriksaan dengan tes pack satu minggu kemudian bila masih belum mens atau langsung periksakan ke dokter kandungan. Kami disini tidak meresepkan obat. Trims

            Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. desi says:

    Dok, saya desi umur 21 thn. Saya belum menikah dan belum pernah berhubungan suami istri. Saya sering ? mengalami mens 3 bulan sekali.. Setia minum obat endiometril pasti mens saya keluar.. ??????????? obat tersebut berbahaya dok??

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Untuk anda, sebaiknya diperiksakan dulu ke dokter kandungan untuk dicaritahu apa penyebab gangguan mens anda. Bat tersebut hanya bersifat hormonal, namun setiap obat memang Ada efek samping bila dipakai terus menerus tanpa kontrol Dari dokter. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  13. desi says:

    Terimakasih ya dok..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  14. imel says:

    Awlnya sya ke puskesmas ktanya hanya terkena virus. Tpi sya msh mrsa skit dn panas dibagian payudara kiri. Tpi perlu dokter ketahui, yg skt itu hanya sbgian sja. Sya tlh brobat ke Rmh Sakit ke poli bedah. Awalnya dokter mngatakan, tumor lunak dan sya disarani untuk radiologi mammografi dan hslnya normal dan hanya dktan byk kelenjar. Dan sya hnya dbrikan obat penghilang nyeri. Tp jujur ?ª dok, sya msh merasa payudara sblh kiri msh terasa panas, dan bengkak. Perlu dokter ketahui, sya ????? Haid bln ne. Yg ingin sya tanyakan dok, bner sya apa2 (tdk ad tumor/kanker) tlng mskuannya dokter krna sya msh mrsa takut. Trmksh

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Anda Sudah menikah? Sedang menyusui? Ada perubahan bentuk/wujud Dari payudara anda? Atau hanya merasa nyeri Dan panas saja? Ada cairan Yg keluar Dari puting anda?
      Bila Dari hasil pemeriksaan dinyatakan tidak apa2 maka kemungkinan besar tidak apa2. Bisa saja Dari pikiran anda Yg membuat anda merasa stress sehingga rasa tidak nyaman tersebut masih Ada. Atau anda bisa Lakukan konsultasi ke dokter lainnya sebagai second opinion.
      Semoga bermanfaat, trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  15. imel says:

    Selamat S?r? dok, nm sya melda, umur 22 tahun. Sy ??? tanya dok mengenai payudara. Ini hari keEnam dok sya kurang nyaman mngenai payudara sya. Sya merasa payudara sya sebelah kiri terasa tebal, nyut2an dibagian aeora tapi hanya sebagian. Smpat ketiak sy terasa panas dan punda kiri sya ikut pengal. Awlnya sya ke puskesmas ktanya hanya terkena virus. Tpi sya msh mrsa skit dn panas dibagian payudara kiri. Tpi perlu dokter ketahui, yg skt itu hanya sbgian sja. Sya tlh brobat ke Rmh Sakit ke poli bedah. Awalnya dokter mngatakan, tumor lunak dan sya disarani untuk radiologi mammografi dan hslnya normal dan hanya dktan byk kelenjar. Dan sya hnya dbrikan obat penghilang nyeri. Tp jujur ?ª dok, sya msh merasa payudara sblh kiri msh terasa panas, dan bengkak. Perlu dokter ketahui, sya ????? Haid bln ne. Yg ingin sya tanyakan dok, bner sya apa2 (tdk ad tumor/kanker) tlng mskuannya dokter krna sya msh mrsa takut. Trmksh

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Anda Sudah menikah/berhubungan badan? Sedang menyusui? Ada perubahan bentuk/wujud Dari payudara anda? Atau hanya merasa nyeri Dan panas saja? Ada cairan Yg keluar Dari puting anda?
      Bila Dari hasil pemeriksaan dinyatakan tidak apa2 maka kemungkinan besar tidak apa2. Bisa saja Dari pikiran anda Yg membuat anda merasa stress sehingga rasa tidak nyaman tersebut masih Ada. Atau ada gangguan hormonal yg berkaitan dengan siklus mens anda sehingga menyebabkan rasa nyeri pada payudara anda.
      Atau anda bisa Lakukan konsultasi ke dokter lainnya sebagai second opinion.
      Semoga bermanfaat. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  16. keputihan says:

    We’re a bunch of volunteers and starting a new scheme in our community. Your site offered us with helpful info to paintings on. You have performed a formidable process and our entire community can be thankful to you.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  17. Sakina Bi says:

    Selamat Siang dok,

    Saya Sakina, Umur 20 Tahun. Dok, saya mau konsultasi perihal menstruasi tidak teratur setelah menikah. Yang saya alami sekarang haid tidak lancar dan tidak keluar tetapi hanya flek saja dan sedikit mengeluarkan darah saat buang air kecil, hanya 2 hari namun sekarang tidak keluar lagi, yang pertanyakan apakah haid saya ini normal atau tidak, apakah ini tanda kehamilan atau tidak? karena saya sudah masuk 8 bulan menikah tetapi belum ada tanda-tanda kehamilan.

    Terimakasih.

    Salam,
    Sakina Bi

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Coba Lakukan pemeriksaan kehamilan dengan tes pack, kemungkinan kehamilan Ada. Dan bila perlu periksakan ke dokter spesialis kandungan. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  18. nn says:

    Dok…
    Saya blm haid2 udh 2mnggu hasil testpack pun negatif
    Tp perut trasa kram seperti ingn haid
    Tp tak kunjung dtg
    1bln yg lalu sempat meminum obat herves
    Apa tu berpengaruh?
    Trima kasi dok

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Stress, diet, hormon,obat2an termasuk kontrasepsi, berat badan Yg berubah drastis, bisa mengakibatkan mens terganggu, namun bila berlangsungetrus menerus Dan berulang, sebaiknya periksakan ke dokter spesialis kandungan. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat | Dokter Sehat « my reflection - [...] sideofrisa health Leave a comment Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat | Dokter …
  2. New Fact that I Found « danikmbunder - [...] makan buah dan sayur, cukup makanan yang mengandung karbohidrat dan tinggi serat. Sumber: http://doktersehat.com/2009/03/19/penyebab-datang-bulan-sering-terlambat/#ixzz1Fj93qwit [...]
  3. Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat | Dokter Sehat | ::debara:: blognya Denny S. Batubara - [...] Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat | Dokter Sehat. [...]
  4. Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat « JUST BECAUSE OF YOU - [...] dari kuliahbidan.wordpress.com Sumber: http://doktersehat.com/penyebab-datang-bulan-sering-terlambat/ Share this:CetakFacebookRedditSurat elektronikDiggLike this:SukaBe the first to like this. [...]