informasi kesehatan


Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat

Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat

DokterSehat – Menstruasi adalah proses bulanan tumpahan lapisan bagian dalam dan darah uterus melalui liang kelamin wanita atau vagina. Keluarnya cairan yang mengandung darah ini terjadi pada wanita yang sudah memasuki usia subur dan yang sedang tidak hamil. Peristiwa ini dimulai dengan adanya pengeluaran selaput lendir rahim di bagian dalam rahim atau endometrium.

Di bawah pengaruh hormon estrogen, endometrium pun jadi tumbuh menebal, menantikan datangnya sel telur. Ibaratnya lapisan tebal endometrium ini seperti karpet atau tanah subur yang siap menanti datangnya sel telur atau okulasi. Pada puncak pertengahan siklus haid yang optimal, terjadilah pelepasan sel telur. Nah, saat itulah bila ada sel sperma masuk, sel telur dan sperma ini bersatu menjadi zygote (bakal janin) dan menempel pada endometris yang sudah mencapai ketebalan maksimal tadi.

Proses seperti ini akan berulang setiap bulan, sepanjang tidak terjadi pembuahan yang menghasilkan zygote. Pada waktunya, tumbuh lagi selaput yang baru. Dengan kata lain, karpet tadi digelar lagi, lalu tanggal lagi, begitu seterusnya.

PENGARUH DIET DAN OLAHRAGA

Jadi, menstruasi sebetulnya sesuatu yang normal, sehingga semua wanita mengalaminya. Pada setiap wanita, siklus haid ini pun bervariasi. Rata-rata berjarak 28 hari, namun bisa juga sampai 42 hari. Jika sampai terjadi keterlambatan pun, semisal sampai 3-4 bulan, juga tak perlu terlalu dikhawatirkan. Tapi disarankan sebaiknya periksa ke dokter spesialis. Apalagi kalau telat sampai 5-6 bulan.

Sering orang salah mengerti, kalau sampai 3 atau 4 bulan tidak haid, mereka menyangka darahnya bisa mengumpul di dalam, menggenang, dan lama-lama bisa berbahaya. Padahal jika tidak haid, berarti tidak ada pendarahan bdi dalam tubuh. Tidak mens berarti tidak ada endometrium yang lepas. Jadi bukan berarti ada darah yang mengumpul. Darah baru keluar jika selaput lendirnya lepas. Jika tidak lepas, ya tidak berdarah. Jadi jangan khawatir.

Lantas apa saja yang menyebabkan mens telat? Penyebabnya bisa bermacam-macam. Bagi yang masih belum menikah, penyebabnya bisa karena terlalu lelah. Contohnya, belajar terlalu keras bagi yang masih sekolah atau kuliah, atau berolahraga kelewat berat. Sebaliknya bisa juga terjadi pada mereka yang biasa berolahraga dan menghentikan kebiasaannya secara tiba-tiba. Pola makan pun bisa mempengaruhi siklus haid. Misalnya, mereka yang biasa makan banyak dan mendadak diet. Ini akan membuat tubuh stres. Atau bisa jadi badan kurus jadi gemuk. Pokoknya, tiap ada perubahan berat badan mencolok.

Jenis-jenis obat tertentu juga bisa mengusik pola haid, terutama obat-obatan yang mengandung hormon. Contohnya,obat untuk mengatasi gatal-gatal atau obat sakit telinga. Begitu pula obat-obatan KB atau suntik KB. Baru setelah berhenti minum obat, haid akan kembali lancar. Keterlambatan haid lebih sering dialami mereka yang masih gadis, karena pola okulasinya belum teratur. Hanya saja, kalau sudah terbiasa haid kemudian haidnya tidak ada, harus bertanya pada diri sendiri. Jangan-jangan pernah minum obat tertentu.

SULIT PUNYA ANAK

Kasus yang perlu diwaspadai adalah gadis remaja yang belum juga mendapat haid. Terlebih jika usianya sudah mencapai 17 tahun. Jika ini terjadi, sebaiknya segera lakukan pemerikasaan. Sebab, bisa saja ada kemungkinan selaput darahnya tertutup rapat. Normalnya, selaput darah itu mempunyai lubang-lubang. Kalau tertutup rapat, dia mungkin bisa haid, tapi haidnya tidak bisa keluar. Nah, yang ini memang betul darahnya bisa mengumpul di dalam.

Untuk yang sudah menikah, keterlambatan haid dapat disebabkan oleh kemungkinan baru selesai melahirkan atau menyusui. Ada pula kemungkinan karena terserang infeksi, termasuk penyakit infeksi akibat hubungan seks. Bagi yang berusia di atas 35 tahun, juga mesti waspada terhadap adanya tumor indung telur.

Ada juga wanita yang mengalami perdarahan di antara dua masa haid. Kalau ini terjadi pun harus segera diperiksakan. Perdarahan yang terjadi dengan siklus kurang dari 21 hari jelas tak normal, terutama bagi yang sudah tidak gadis lagi. Kalu mereka yang masih di bawah umur 20 tahun, mungkin hanya karena gangguan hormon.

Benarkah haid yang tidak teratur menyulitkan punya anak? Pandangan ini tidak selalu tepat. Sering terjadi, pasien wanita ingin punya anak tapi menstruasinya tidak teratur. Lalu dia datang ke dokter minta agar menstruasinya bisa dibuat teratur sehingga bisa punya anak. Ini tidak selalu bisa. Sulit punya anak tidak selalu berkorelasi dengan siklus haid.

Sebagian kasus menstruasi yang tidak teratur bisa diatasi dengan menjalani pola hidup yang teratur pula. Bagi yang mengalami ketidakteraturan secara mendadak, sebaiknya jangan stress, tidak merokok, apalagi minu-minuman beralkohol. Makan, bekerja, dan tidur hendaknya teratur. Seringkali orang lupa istirahat. Maunya kerja saja terus dengan mengabaikan tubuh yang sudah lelah.

Akan tetapi, ada pula yang mengalami ketidakteraturan menstruasi sejak awal. Mereka yang mengalami hal seperti inilah yang perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis. Misalnya haidnya yang datang hanya 4 bulan sekali. Saran lain adalah jangan minum obat sembarangan. Juga, biasakan secara teratur datang ke dokter kandungan

PERBANYAK MAKAN BUAH DAN SAYURAN

Selain haid tidak teratur, hal lain yang kerap mengganggu kaum wanita adalah nyeri menjelang menstruasi atau pada saat haid. Rasanya seperti mulas bercampur keramketika darah sedang keluar. Rasa nyeri ini merupakan sesuatu yang wajar, karena dinding rahim saat itu sedang berkontraksi atau mengkerut untuk mengeluarkan gumpalan darah.

Nyeri ini lebih terasa pada wanita yang belum pernah melahirkan. Pasalnya, mulut rahim mereka masih kecil, sehingga rasanya seperti orang yang sedang melahirkan. Inipun sesuatu yang normal. Kecuali bagi wanita yang memang sangat sensitif, yang rasanya bisa sangat menyiksa. Namun, biasanya setelah menikah dan memiliki anak, ini akan hilang.

Akan tetapi, jika nyeri itu hebat dan berkepanjangan, p;erlu diwaspadai adanya kemungkinan ia menderita endometriosos. Dalam hal ini, sel-sel bagian dalam rahim tumbuh tidak di dalam rahim, tapi juga di luar. Misalnya, di ovarium atau saluran tuba yang sangat menyakitkan.

Jika nyeri menjelang haid begitu hebat sampai terasa melumpuhkan, sebaiknya segera periksa ke dokter. Terlebih bagi yang sudah berhubungan badan, karena mungkin merupakan suatu gejala infeksi. Nah, bila terjadi pelekatan organ genitalia internal akibat dari infeksi tersebut, dampaknya bisa menyulitkan punya anak.

Pusing yang menyertai menstruasi juga merupaka hal yang wajar. Pasalnya, wanita yang menjelang haid biasanya memang mengalami pre-menstruasi tension atau ketegangan menjelang haid. Efeknya antara lain perasaan tertekan, jerawatan, payudara nyeri, badan sakikt-sakit, perut serasa kembung, bengkak,ada rasa nyeri. Makanya, jadi lebih gampang marah atau sebaliknya dan perubahan emosi lainnya.

Semua itu, wajar-wajar saja dan tidak berbahaya. Untuk mengurangi kondisi yang tidak nyaman ini, dianjurkan mengurangi makanan yang banyak mengandung garam, bumbu penyedap, atau terlalu banyak mengandung minyak. Perbanyaklah makan buah dan sayur, cukup makanan yang mengandung minyak. Perbanyaklah makan buah dan sayur, cukup makanan yang mengandung karbohidrat dan tinggi serat.

Disadur dari kuliahbidan.wordpress.com

pf button both Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

1,201 Responses to “Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat”

  1. Vera says:

    nama saya vega, ini kali kedua mengalami keterlambatan mens. apakah ini normal atau bagaimanakah? bisakah informasikan obat atau apa yg bisa memperlancar mens. atau ada faktor apa yg hrs di perbaiki sehingga dapat lancar setiap bulan mens.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Berapa usia anda? Kami disini tidak meresepkan obat. Gangguan mens bisa disebabkan Karena stress, diet, berat badan Yg berubah drastis baik naik maupun turun, obat2an termasuk kontrasepsi, hormon, pada wanita Yg Sudah menikah/berhubungan badan bisa juga disebabkan Karena kehamilan.
      Bila sering berulang, sebaiknya diperiksakan kedokter. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. anui anui says:

    saya ibu rumah tangga berumur 45 tahun, mantan karyawan resign awal tahun 2014 dan skrg sedang memulai usaha baru.
    selama 3 bulan terakhir ini saya tidak mengalami menstruasi. Saya rasa penyebabnya adalah stress ( apakah benar ? ). Karena dgn usaha baru tentu penghslan saya tidak seperti waktu menjadi karyawan, sedangkan pengeluaran tetap seperti dulu.
    kondisi fisik saya juga biasa2 saja, tdk bertambah gemuk , kulit tidak keriput ( seperti kata org salah satu gejala menopause), tidak mual, keputihan merasa cepat lelah ., tidak ada sama sekali
    Dengan kondisi begitu apakah masih normal atau ada kah obat yg dapat membantu untuk melancarkan haid kembali ?
    Selama ini baru kali ini saya mengalami gangguan haid
    mohon saran & jawaban nya
    terima kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Stress memang bisa menjadi pemicu gangguan haid. Namun kemungkinan menopause juga Ada, mengingat usia anda Yg mulai memasuki usia menopause meskipun Kebanyakan wanita mengalami menopause disekitar usia 50 tahun. Kami sarankan Ibu untuk memeriksakan ke dokter spesialis kandungan untuk diketahui apa penyebabnya Dan diberikan terapi, Karena kami disini tidak meresepkan obat untuk menghindari hal2 Yg tidak diinginkan. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. ely says:

    sy ely,mw tnya dok,sy sdh 3bln lbh ini telat menstruasi,bln 2 sy ada ikut donor darah n bln 5 kmren jg donor lgi,dr bln 3 sy krj trs pgi hngga mlm,pngaruhkh itu smua disitus menstruasi sy..krn smpai skrg blm haid jg..
    trmksih..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Berapa usia anda? Sudah menikah/berhubungan badan? Stress, kelelahan, diet, hormon, obat2an termasuk kontrasepsi, Bert badan Yg berubah drastis baik naik ataupun turun, bisa menjadi pemicu gangguan haid. Namun pada wanita Yg Sudah menikah/berhubungan sex, kemungkinan Hamil juga Ada. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. pusatjamu says:

    mau nanya dok.. kalau minum regumen untuk melancarkan mens, apa itu aman ya donk? soalnya sering datang bulan tidak tepat waktu,, kadang sebulan sekali, kadang 2 bulan. terima kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Sebaiknya diperiksakan dulu ke dokter kandungan untuk dicaritahu tahu apa penyebabnya Dan dapat diterapi secara tepat. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. lailatul fitria says:

    sya umur 20th blum mnikah. tapi sya sdh 4bln ini blm dtag blan? apkah itu tdk apa apa ?? dan bisakah punya ktrunan. mksih?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Gangguan mens bisa Karena stress, diet, kelelahan, obat termasuk kontrasepsi, berat badan Yg naik atau turun drastis, Dan hormonal. Bila Sudah berbulan2 tidak mens sebaiknya diperiksakan kedokter. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. tri says:

    hi dok,saya tri umur 17tahun,sekarang telat haid udah 4 bulanan dok,pdhal aku msi virgin,mengapa demikian dok?trimakasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Pada usia remaja, biasanya terjadi gangguan hormon. Bila sampai berbulan2 tidak mens, sebaiknya diperiksakan dulu ke dokter kandungan untuk dilakukan terapi hormon. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. empi says:

    Saya berumur 18 taun dok , pertama kalinya saya telat 3bulan seperti ini ,
    Cara mengatasinya gimana yaa ?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Pada usia remaja, biasanya terjadi gangguan hormon. Bila sampai berbulan2 tidak mens, sebaiknya diperiksakan dulu ke dokter kandungan untuk dilakukan terapi hormon. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. lika says:

    Nama saya lika, saya usia 20 tahun, saya termasuk golongan obesitas. Saya mau bertanya dok, tepatnya tahun 2012, haid saya tidak lancar suka telat, kadang 2 bulan sekali, 3 bulan sekali, saya waktu itu sempat ke dokter spog dan di usg tetapi rahim saya normal. Memasuki 2014 ini, saya sudah tidak haid lebih dari 4 bulan, dan bila saat haid sikulusnya bisa 2 minggu lebih dok. Ada apa ini? Saya tidak pernah melakukan hubungan apapun, saya tidak hamil. Apa yg harus saya lakukan, mohon balasannya. Terimakasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Bila demikian dikhawatirkan adanya gangguan hormonal. Lakukan diet dan konsultasikan ddngan dokter kandungan untuk dilakukan terapi. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. itra says:

    Dok saya berumur 15 tahun, tapi haid saya tidak pernah rutin, tetapi tak jarang saya mengalami keputihan, saya termasuk anak yang susah makan dok, pernah sekali saya memeriksakan keadaan saya tetapi dokter tersebut berkata bahwa haid yang tidak rutin pada remaja itu wajar, tetapi saya takut dok karena ini terjadi terus menerus. Terima kasih dok. :)

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Masalah ini memang seting terjadi pada remaja. Seiring dengan waktu bisa normal dengan sendirinya. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. fedra says:

    Saya umur 13, desember 2013 kemaren saya baru mendapatkan haid.. 2 bulan yg lalu saya haid tgl 22, tapi bln kemaren saya haid nya tgl 16.. Tapi kadang” juga haidnya 2 bulan sekali.. Trs kalo tiap haid, frekuensinya sedikit, paling 1/2 hari, tapi ntar hari ke 5 nya suka keluar lagi dikit.. Apa itu gapapa dok ?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Hal ini biasa terjadi pada remaja, apalagi kamu baru mulai haid. Seiring dengan waktu makan akan seimbang dengan sendirinya. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. Tika agustiningtyas says:

    Assalamu’alaikum…sya ika bru nikah 3 bulan saat ini saya udah terlambat haid 2 mingguan, saya udh coba tes pakai tespek tp hasilnya negatif.. Padahal saya sangat berharap sekali hamil. yang saya tanyakn apakh hal ini wajar padahal sebelumnya saya gk pernah mengalami keterlambatan haid ?
    Menurut dokter apa yg harus sya lakukan? Sementara saya sangat dihantui dgn rasa takut akn adanya penyakit apapun itu pda diri saya. Mohon petunjuk dan saran dokter…….terima kasih sebelumnya

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Stress, kelelahan, diet, hormonal, obat2an termasuk kontrasepsi, berat badan yg berubah drastis bisa menyebabkan gangguan mens. Bila sering berulang sebaiknya periksakan ke dokter kandungan trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. mella says:

    sy mella..sy mw tanya dok,sy dari klz 3smp bru mens,namun mens sy tdk lancar dok,kadak 3bln skli bru mens , kadang 4bln skli bru mens.sehingga brkelnjutn smpai skrng dok..skrng umur sy 18thn..bls ya dok trms. sy tkut dok menglmi kelainan .

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Pada remaja sering tejadi gangguan hormonal, bila sampai bertahun2 masih terjadi gangguan mens, sebaiknya diperiksakan ke dokter spesialis kandunhan untuk diterapi. Minta orang tua untuk mendampingi. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  13. sri says:

    Saya baru menikah sebulan ,umur 19th .. Stlah mlkukan hubungan bln itu jg tdk menstruasi
    Sya kira sya hamil ,udh ???? testpack hsilnya negatif.
    tp minggu ke 5 dtng menstruasi ..
    Itu kenapa ya dok ..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Stress, kelelahan, diet, hormonal, obat2an termasuk kontrasepsi, berat badan yg berubah drastis bisa menyebabkan gangguan mens. Bila sering berulang sebaiknya periksakan ke dokter kandungan trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  14. sri says:

    Saya baru menikah sebulan ,umur 19th .. Stlah mlkukan hubungan bln itu jg tdk menstruasi
    Sya kira sya hamil ,udh ???? testpack hsilnya negatif.
    tp minggu ke 5 dtng menstruasi ..
    Itu kenapa ya dok ..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Stress, kelelahan, diet, hormonal, obat2an termasuk kontrasepsi, berat badan yg berubah drastis bisa menyebabkan gangguan mens. Bila sering berulang sebaiknya periksakan ke dokter kandungan trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  15. sri says:

    Apakah dengan mens yang tdk teratur
    bisa mengakibatkan tdk punya anak dok ?
    Ada yang bilang tdk bisa pnya anak .

    Appa solusinya biar cepet pnya anak dok
    Kasih saran & solusinya dok
    Terimakasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Mens tidak teratur, menyebabkan sulitnya menentukan masa subur sehingga sulit untuk hamil. Kami sarankan anda periksakan ke dokter spesialis kandungan untuk diketahui apa penyebabnya. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat | Dokter Sehat « my reflection - [...] sideofrisa health Leave a comment Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat | Dokter …
  2. New Fact that I Found « danikmbunder - [...] makan buah dan sayur, cukup makanan yang mengandung karbohidrat dan tinggi serat. Sumber: http://doktersehat.com/2009/03/19/penyebab-datang-bulan-sering-terlambat/#ixzz1Fj93qwit [...]
  3. Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat | Dokter Sehat | ::debara:: blognya Denny S. Batubara - [...] Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat | Dokter Sehat. [...]
  4. Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat « JUST BECAUSE OF YOU - [...] dari kuliahbidan.wordpress.com Sumber: http://doktersehat.com/penyebab-datang-bulan-sering-terlambat/ Share this:CetakFacebookRedditSurat elektronikDiggLike this:SukaBe the first to like this. [...]