Penyebab Dari Penyakit Batu Ginjal

DokterSehat.com – Penyakit batu ginjal adalah penyakit yang terjadi pada ginjal atau saluran kencing dimana biasanya terasa adanya rasa sakit atau nyeri yang terasa dari bagian bawah pinggul hingga perut bagian bawah atau pangkal paha. Penyakit ini biasanya berupa adanya gumpalan yang keras dan membatu pada ginjal atau saluran kencing. Hal ini biasanya terjadi akrena adanya konsentrasi urine yang kemudian ditambah dengan adanya mineral yang menggumap dan adanya asam garam yang membentuk terjadinya batu ginjal.

9

Banyak sekali penyebab dari terbentuknya batu ginjal ini. Namun, pada umumnya penyebab utamanya berasal dari kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan konsumsi air putih mineral. Disamping itu ada juga faktor keturunan. Namun, faktor yang paling utama tentu saja pada gaya hidup, pola makan, dan juga ada tidaknya kebiasaan buruk yang dilakukan pada keseharian dari orang tersebut. Namun, ada juga penyebab-penyebab lainnya dengan berbagai kondisi yang beragam yang memicu adanya batu ginjal, yakni:

  • Jika asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh memiliki kandungan kalsium yang berlebihan. Ginjal pun dapat menyerap semua kalsium tersebut. Yang menjadi masalah adalah, kalsium berlebih tersebut dapat membentuk adanya batu kalsium fosfat.
  • Telah adanya penyakit ginjal seperti renal tubular acidosis dan beberapa penyakit lain seperti diabetes atau hipertensi ternyata dapat meningkatkan resiko adanya pembentukan batu ginjal.
  • Penyakit asam urat ternyata dapat memicu adanya pembentukan batu ginjal. Hal ini terjadi karena kadar asam urat dalam urine meningkat, yang kemudian membantu pembentukan batu asam urat secara signifikan.
  • Penyakit radang usus besar juga dapat memicu pembentukan batu ginjal
  • Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi obat kimia dalam waktu yang lama, karena ternyata dapa memicu resiko penyakit batu ginjal. Obat-obat tersebut diantaranya adalah diuretics, antacid berkalsium, indinavir, obat bagi penderita HIV, dan lain-lainnya.