Penyebab dan Tips Mengobati Migrain

DokterSehat.Com – Pernahkah anda mengalami sakit kepala sebelah? Hal ini pasti sangat mengganggu bagi anda. Sakit kepala sebelah atau migrain adalah salah satu penyakit yang disebabkan karena gangguan pembuluh darah. Sakit kepala migrain sering digambarkan sebagai sakit kepala yang hebat, berdenyut serta hanya menyerang satu sisi kepala. Gejala umum yang sering terjadi pada penderita migrain biasanya merasakan sangat sensitif dengan cahaya suara dan bau-bauan serta merasakan nyeri kepala yang berdenyut yang disertai dengan mual muntah yang biasanya terjadi pada pagi hari.

doktersehat-stres-kerja-emosi-depresi

Penyebab Migrain

Masih belum diketahui secara pasti penyebabnya, akan tetapi terdapat beberapa faktor pencetus dari penyakit ini yakni rutinitas pekerjaan dan stres. Kemudian terdapat faktor pencetus lainnya yaitu karena kurang tidur, tekanan emosi, pola makan yang tidak teratur, bau menyengat misalnya karena asap rokok serta sinar menyengat dari radiasi komputer dan sinar lampu. Penyakit migrain terjadi karena akibat adanya hiperaktivitas implus listrik otak yang dapat mengakibatkan aliran darah pada otak serta dapat mengakibatkan pelebaran pembuluh darah dan peradangan ke otak.

Cara Mengobati Sakit Kepala Sebelah

1. Kompreslah kepala menggunakan es atau air dingin untuk membantu menyempitkan pembuluh darah.
2. Beristirahat, penderita migrain sangat peka dengan cahaya maka sebaiknya beristirahat di tempat yang tenang dan gelap.
3. Hangatkan pada bagian leher. Kelelahan yang terjadi pada bagian leher dapat memicu terjadinya migrain, untuk itu istirahatkan tulang leher tetapi sebelumnya kompres dengan air hangat dan berikan pijatan yang lembut.
4. Minum obat untuk pereda rasa sakit. Obat pereda sakit diantaranya analgesik, antiaspirin dan antipiretik. Akan tetapi anda tidak dianjurkan mengkonsumsi obat sembarangan dan harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Baca Juga:  BLIGHTED OVUM (KEHAMILAN KOSONG)

Cara Mencegah Penyakit Migrain

1. Jauhi faktor-faktor pencetus dari sakit kepala sebelah.
2. Atur waktu istirahat yang baik dan istirahat yang cukup. Sebisa mungkin antara istirahat dan bekerja seimbang porsinya.
3. Konsumsi makanan yang mengandung gandum, jahe, kacang-kacangan dan air putih. Hindari makanan-makanan pencetus migrain seperti keju, alkohol, dan durian.
4. Hindarilah benda yang dapat menimbulkan bau yang tajam seperti aroma body spray, parfum, bau bahan bakar minyak, bau asap rokok dan lain sebagainya.
5. Jangan terlalu lama terpapar langsung oleh sinar matahari.
6. Jangan terlalu lama berdiri atau duduk.

Semoga dapat bermanfaat.