Penyebab dan Tips Mencegah Sakit Saat Menyusui

DokterSehat.com – Mastitis merupakan peradangan payudara yang menyebabkan buah dada wanita menjadi bengkak, merah, nyeri, dan terasa panas. Peradangan pda payudara ini kerap dialami ibu yang baru melahirkan, terutama pada minggu pertama sampai minggu ketiga.



Bakteri Staphylococcus aureus yang banyak terdapat di kulit menjadi penyebab terjadinya mastitis. Payudara yang kurang bersih atau mengalami penyumbatan maka bisa menjadi lahan subur perkembangbiakan bakteri.

Mastitis harus segera diatasi karena tidak adanya penanganan dapat menyebabkan abses payudara atau terdapat nanah yang menggumpal di payudara. Kondisi ini dapat menyebabkan ibu kesakitan dan ASI yang dikeluarkan mengandung nanah.

Bakteri Staphylococcus aureu, golongan methicillin resistant menyebabkan mastitis yang lebih parah. Bakteri ini disebut juga MRSA, yakni bakteri yang banyak ditemukan di rumah sakit. Karena itu, jika mastitis terjadi setelah persalinan maka bisa dicurigai adanya infeksi MRSA. Pengobatannya membutuhkan obat antibiotik dalam dosis yang lebih tinggi.

Faktor Peradangan Payudara

Ada beberapa kondisi yang akan memperbesar terjadinya mastitis pada payudara, yaitu:

  • Puting susu yang terbenam atau datar menyebabkan ASI tidak bisa keluar sehingga bakteri lebih mudah menginfeksi.
  • Payudara lecet akibat bra atau tergores kuku.
  • Pembengkakan yang disebabkan ASI menumpuk dalam payudara bisa memicu terjadinya mastitis.
  • Luka di payudara akibat kesalahan proses melepas mulut bayi  dari payudara. Saat melepaskan isapan bayi bisa dilakukan dengan menekan pelan dagu bayi atau memasukkan jari kelingking ibu yang telah dicuci bersih.

Mencegah Sakit Payudara saat Menyusui

Sebagai pencegahan mastitis, perawatan payudara selama masa kehamilan perlu menjadi perhatian. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah mastitis antara lain:

Bra yang tepat

Penyesuain perlu dilakukan sejak masa kehamilan. Biasanya ukuran bra akan bertambah 2 nomor lebih besar. Sebaiknya pilih bahan bra yang menyerap keringat dan jangan terlalu banyak lipatan dan renda.

Baca Juga:  Untuk Ibu Hamil Ada Satu Cara Melahirkan Dengan Cepat Tanpa Sakit

Menjaga kebersihan payudara

Usahakan untuk selalu membersihkan bagian puting dan arola dengan air saat mandi. Agar bagian ini tidak kering sebaiknya jangan gunakan sabun untuk membersihkan. Payudara akan mudah lecet dan infeksi jika dalam kondisi kering. Kebersihan payudara yang baik dapat mencegah terjadi infeksi peradangan bakteri Staphylococcus aureu penyebab mastitis.

Berikan ASI sesuka bayi

Pemberian ASI tanpa dijadwalkan atau diberikan sesuka bayi akan mencegah pembengkakan payudara akibat ASI yang menumpuk. Bila kondisi tidak memungkinkan untuk diberikan ASI, ibu dapat mengeluarkan ASI dengan cara dipompa.