Flu pada Anak – Penyebab dan Penularan

Flu disebabkan oleh salah satu dari tiga jenis virus influenza. Jenis A dan B yang bertanggung jawab atas wabah flu tahunan, dan jenis C merupakan penyebab penyakit sporadis. Tipe A dibagi lagi menjadi subtipe yang berbeda berdasarkan struktur kimia virus.

doktersehat-hiv-aids-anak-demam-hidung-tersumbat

Bagaimana flu menular ke anak?
Anak-anak memainkan peran utama dalam penyebaran influenza di komunitas mereka karena tingginya mudahnya flu menular di sekolah-sekolah dan pusat-pusat penitipan anak. Secara keseluruhan, sebanyak 30% dari anak-anak dapat terinfeksi selama musim flu, dan dalam beberapa tempat penitipan anak, sebanyak 50% dari anak-anak bisa terkena flu.

Apakah flu menular?
Influenza sangat menular. Virus ini menyebar ketika seseorang baik menghirup droplet yang terinfeksi di udara (batuk atau bersin oleh orang yang terinfeksi) atau ketika seseorang kontak langsung dengan sekret orang yang terinfeksi (misalnya, mencium, berbagi saputangan dan barang-barang lainnya, dan melalui penggunaan benda-benda seperti sendok dan garpu) dan kemudian secara tidak sengaja menyentuh hidung atau mulut mereka, sehingga mentransfer partikel virus. Droplet membawa virus flu dari bersin atau batuk, dan biasanya dapat melakukan perjalanan hingga 1,5 meter dan dapat menyebarkan infeksi jika terhirup.

Apakah yang dimaksud periode menular pada anak?
Anak-anak dengan influenza mungkin dapat menulari orang lain mulai satu hari sebelum mereka jatuh sakit. Mereka mungkin tetap menularkan flu sampai tujuh hari atau kadang-kadang bahkan lebih lama. Beberapa anak mungkin dapat menularkan flu kepada orang lain meskipun mereka, diri mereka sendiri, tidak merasa sangat sakit.

Apakah yang dimaksud masa inkubasi untuk flu pada Anak?
Masa inkubasi flu pada anak-anak biasanya dua sampai empat hari dari paparan sampai gejala dimulai.