Penyebab dan Pengobatan Nyeri pada Ulu Hati

DokterSehat.Com – Kadang kala, area ulu hati tiba-tiba terasa nyeri dan membuat kita tidak bisa melakukan berbagai aktifitas karena rasa nyeri yang sangat menusuk. Nyeri pada ulu hati ternyata adalah salah satu gangguan kesehatan yang kerap menyerang masyarakat dengan gaya hidup modern. Kesibukan aktifitas harian yang mempengaruhi pola makan yang tidak teratur ternyata bisa menyebabkan masalah ini. Nyeri ulu hati sendiri memiliki istilah medis berupa gastritis. Gastritis sendiri adalah kondisi dimana dinding lambung mengalami peradangan yang disebabkan karena banyaknya jumlah asam lambung. Jika dibiarkan, selain rasa nyeri, perut bisa mengalami masalah mual, panas, dan juga kembung.

doktersehat-Dispepsia-Asites

Banyak sekali penyebab dari gastritis ini. Masyarakat modern yang cenderung sibuk kadang kala akhirnya menunda waktu makan sehingga memicu naiknya asam lambung sehingga dinding lambung pun mudah mengalami peradangan. Disamping itu, mereka yang hobi mengkonsumsi alkohol juga bisa memicu masalah nyeri pada ulu hati. Beberapa jenis obat yang dikonsumsi ternyata juga bisa membuat produksi asam lambung meningkat dan menyebabkan peradangan pada dinding lambung.

Untuk menghilangkan rasa nyeri pada ulu hati, kita tentu harus mencari obat yang bisa menurunkan produksi asam lambung yang berlebihan. Obat dengan jenis antasida yang dikenal mampu menetralisir asam lambung bisa kita konsumsi. Obat ini biasanya berbentuk tablet basa dan bisa segera menetralisir asam lambung sehingga rasa nyeri pun berkurang dengan signifikan. Selain penetralisir asam lambung, obat penghambat asam lambung yang termasuk dalam golongan Proton Pump Inhibitor bisa membuat sel pemroduksi asam lambung mengentikan produksinya.

Nyeri pada ulu hati juga bisa disebabkan oleh adanya bakteri helicobacter pylori dan bahkan masalah gastritis ini bisa sangat kronis mengingat sel pada dinding lambung juga bisa mengalami kerusakan. Infeksi pada dinding lambung ini harus diobati dengan antibiotik yang dikonsumsi hingga 2 minggu. Disamping membunuh bakteri penyebab masalah gastritis, antibiotik juga bisa membuat produksi asam lambung menjadi normal sehingga nyeri pada ulu hati pun bisa berkurang denga n signifikan.