Penyebab dan Jenis Pembusukan Gigi

DokterSehat.com – Karies gigi atau kavitasi merupakan pembusukan gigi yang disebabkan suatu proses yang secara bertahap melarutkan email dan terus mengembangkan ke bagian dalam gigi.



Karies gigi bisa dipicu berbagai faktor seperti:

  • Gigi yang memiliki sedikit fluor atau lubang, lekukan, atau alur yang menahan plak.
  • Terdapat bakteri yang bisa mengakibatkan pembusukan gigi, yakni bakteri Streptococcus mutans.
  • Terdapat sisa-sisa makanan di mulut yang bisa memicu pembusukan.

Dalam mulut terdapat bakteri yang berfungsi mengubah semua makanan menjadi asam. Bakteri, asam, sisa makanan dan ludah bergabung membentuk bahan lengket yang disebut plak, yang menempel pada gigi. Jika tidak dibersihkan maka plak akan membentuk mineral yang disebut karang gigi (kalkulus, tartar).

Bila tidak segera ditangi oleh dokter gigi maka karies bisa mengakibatkan gigi tanggal. Berdasarkan lokasinya, pembusukan gigi dibedakan menjadi:

1. Pembusukan permukaan yang licin/rata

Pembusukan jenis ini paling bisa dicegah dan diperbaiki, pertumbuhannya paling lambat. Biasanya karies diawali dengan munculnya bintik putih saat bakteri melarutkan kalsium dari email. Kondisi ini biasa terjadi pada usia 20-30 tahun.

2. Pembusukan lubang dan lekukan

Pembusukan ini biasa terjadi pada gigi belakang, yaitu pada lekukan yang sempit pada permukaan gigi untuk mengunyah dan pada bagian gigi yang berhadapan dengan pipi. Hal ini disebabkan daerah tersebut sulit dijangkau bulu-bulu sikat gigi.

3. Pembusukan akar gigi

Pembusukan jenis ini peling sulit dicegah. Biasanya dialai orang yang sudah berusia lanjut. Pembusukan ini berawal sebagai jaringan yang menyerupai tulang yang membungkus permukaan akar. Kondisi ini disebabkan seseorang kesulitan membersihakan daerah akar gigi karena makanan kaya akan gula.

4. Pembusukan dalam email

Baca Juga:  Benarkah Cabut Gigi Menyebabkan Buta?

Pembusukan ini tumbuh secara perlahan di dalam lapisan gigi yang paling luar dan keras. Setelah menembus ke dalam lapisan kedua (dentin, lebih lunak), pembusukan akan menyebar lebih cepat dan masuk ke dalam pulpa (lapisan gigi paling dalam yang mengandung saraf dan pembuluh darah).

Perlu diketahui bahwa untuk menembus email dibutuhkan waktu 2-3 tahun, namun perjalanan dari dentin ke pulpa hanya membutuhkan waktu 1 tahun. Oleh karena itu, pembusukan akar yang berasal dari dalam dentin bisa merusak berbagai struktur gigi dalam waktu yang singkat.